Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Bekerja memang lebih asik jika sambil mendengarkan musik karena bisa membuatmu lebih bersemangat dalam menuntaskan pekerjaan. Tidak hanya sedang bekerja, mendengarkan musik bisa juga dilakukan sembari melakukan aktivitas lainnya seperti belajar dan berolahraga. Faktanya, memang ada beberapa orang yang harus mendengarkan musik saat beraktivitas.

Mungkin terlihat sepele, tetapi ternyata mendengarkan musik sambil beraktivitas atau bekerja punya manfaat yang luar biasa.  Musik bukan saja sumber kesenangan, tetapi banyak manfaat psikologis yang didapat dari musik. Hal ini yang menyebabkan munculnya anggapan bahwa musik dapat memengaruhi perasaan hingga produtivitas seseorang.

Aktivitas mendengarkan musik sambil bekerja juga didukung oleh konsep kantor yang semakin kekinian. Jika dulu para pegawai dilarang mendengarkan musik saat bekerja arena dianggap kurang formal, justru kini konsepnya berubah. Dengan menggagas ‘konsep terbuka’ kini para pekerja atau pegawai bebas mendengarkan musik sambil bekerja.

Nah, berbicara soal musik, kamu perlu tahu juga sejumlah manfaat atau efek yang dihasilkannya. Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 manfaat mendengarkan musik saat bekerja. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berpengaruh Terhadap Keseimbangan Kognitif

Manfaat mendengarkan musik saat bekerja yang pertama ialah dapat memengaruhi keseimbangan kognitif. Kognisi orang adalah kemampuan otak yang menentukan kemampuannya bekerja dan berfungsi dengan baik. Hal ini juga menentukan bagaimana seseorang berpikir, berperilaku, dan mengingat.

Sejumlah penelitian menunjukkan mendengarkan musik pada saat bekerja dapat membantu seseorang berkonsentrasi lebih baik. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang memilih bekerja sambil mendengarkan musik agar membantu mereka tetap aktif dan produktif. Penelitian juga menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan otak. Jadi,saat bekerja pastikan untuk memainkan beberapa musik  yang akan membantu dalam meningkatkan kinerja mental.

Menangkal Stres saat Bekerja

Manfaat mendengarkan musik saat bekerja yang kedua ialah dapat menangkal stres. Tentunya dalam menyelesaikan pekerjaan, tingkat stres bisa menjadi meningkat apalagi jika pekerjaan yang kamu kerjakan bermasalah. Nah, disitulah musik akan bekerja untuk meringankan beban stres yang kamu terima karena pekerjaan.

Saat ini ada berbagai genre musik yang tersedia di aplikasi musik yang dapat dipilih pada saat steres, memilih musik yang menenangkan akan membantu merasa rileks.  Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, terlihat bahwa orang-orang yang stres merasa santai mendengarkan musik yang menenangkan sementara yang lain merasa santai saat mendengar suara riak air.

Mempertajam Memori dan Daya Ingat

Manfaat mendegarkan musik saat bekerja yang ketiga ialah dapat mempertajam memori dan daya ingat. Hal ini pun telah dibuktikan oleh studi yang menunjukkan bahwa musik juga sangat efektif dalam meningkatkan memori seseorang. Metode mengingat hal-hal yang lebih baik ini juga diterima oleh sejumlah siswa.

Tentu saja hal ini juga sama kasusnya dengan para pegawai yang mendengarkan musik saat bekerja. Dalam keseharian kerja ada banyak hal penting yang diterima seseorang setiap hari yang perlu diproses dan diingat. Tapi ada titik jenuh semua manusia yang membuat  menjadi sulit untuk mengingat segala sesuatu yang tampaknya penting.

Melalui musik itulah seseorang menjadi lebih mudah dalam mengingat sesuatu karena dentuman musik bisa mempertajam memori dan daya ingat.

Membangkitkan Motivasi Diri

Terakhir, manfaat mendegarkan musik saat bekerja ialah dapat membangkitkan motivasi diri. Pastinya kita semua memiliki momen dimana merasa kurang maksimal hingga rendah diri karena satu atau dua hal ditempat kerja. Pada saat itu terjadi, musik bisa membuatmu kembali semangat dan menghadirkan motivasi baru dari musik yang kamu dengarkan.

Terlihat bahwa ketika orang mendengarkan musik yang bergerak cepat, itu membantu mereka merasa termotivasi dan membantu seseorang bekerja lebih keras, hal ini juga merupakan alasan besar mengapa seseorang saat berolahraga lebih suka mendengarkan musik yang bergerak cepat.

Jadi, memilih tempo musik yang tepat meninggalkan dampak yang mendalam pada otak dan membantu memotivasi seseorang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading