Sukses

Lifestyle

Mengenal Fibromyalgia Sebagai Sindrom Nyeri Tubuh, Lengkap Beserta Gejala dan Penyebabnya

Meskipun bukan termasuk istilah penyakit yang populer dan banyak diketahu orang, namun penyakit yang satu ini ternyata dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Fibromyalgia merupakan salah satu sindrom umum yang menyebabkan nyeri tubuh yang kornis. Gejala fibromyalgia kerap disalahartikan dengan gejala penyakit artritis, atau radang sendi.

Fibromyalgia kerap ditandai dengan nyeri tubuh, kelelahan, kesulitan tidur, hingga depresi. Fibromyalgia memiliki rasa sakit dan nyeri konstan, tetapi tingkat keparahan bisa berubah dari waktu ke waktu.

Tak seperti artritis, fibromyalgia tidak disebabkan oleh radang dan kerusakan sendi atau otot. Fibromyalgia memengaruhi jaringan lunak tubuh, bukan persendian. Fibromyalgia menyebabkan nyeri yang meluas, kelelahan, dan jenis ketidaknyamanan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas penyakit fibromyalgia, lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Penyakit Fibromyalgia

Penyebab pasti fibromyalgia belum diketahui hingga saat ini. pemikiran terkini di bidang Rheumatology menunjukkan bahwa fibromyalgia adalah masalah dengan pemrosesan nyeri sentral di otak, di mana mungkin ada peningkatan sensitivitas atau persepsi nyeri terhadap pemicu tertentu.

Pada orang dengan fibromyalgia, otak dan saraf mungkin salah menafsirkan atau bereaksi berlebihan terhadap sinyal nyeri normal. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi di otak atau kelainan pada ganglion akar dorsal yang memengaruhi sensitisasi nyeri sentral (otak).

Gejala fibromyalgia dapat muncul kapan saja selama hidup seseorang, tetapi paling sering dilaporkan sekitar usia 45 tahun.

Gejala Penyakit Fibromyalgia

Nyeri yang terkait dengan fibromyalgia sering digambarkan sebagai nyeri tumpul yang terus-menerus yang telah berlangsung setidaknya selama tiga bulan. Nyeri akan terasa di beberapa titik yang disebut titik pemicu.

Titik pemicu adalah area tubuh tertentu di mana fibromyalgia dikatakan paling menyebabkan rasa sakit. Ini termasuk bagian belakang kepala, lutut bagian dalam, dan siku luar. Nyeri juga bisa meningkat di leher dan bahu, pinggul luar, dan dada bagian atas.

Nyeri dada

Jika nyeri fibromyalgia ada di dada, rasanya sangat mirip dengan nyeri serangan jantung. Nyeri dada pada fibromyalgia sebenarnya berpusat pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada. Rasa sakit bisa menjalar ke bahu dan lengan. Fibromyalgia nyeri dada mungkin akan terasa seperti tajam, menusuk, dan ada seperti sensasi terbakar.

Sakit punggung

Punggung adalah salah satu tempat paling umum untuk nyeri. Jika punggung Anda sakit, mungkin tidak jelas apakah penyebabnya fibromyalgia, atau kondisi lain seperti artritis atau otot tertarik. Gejala lain seperti kabut otak dan kelelahan dapat membantu menentukan fibromyalgia sebagai penyebabnya.

Sakit kaki

Fibromyalgia juga bisa muncul pada otot dan jaringan lunak kaki. Nyeri kaki bisa terasa mirip dengan nyeri otot yang tertarik atau kekakuan artritis. Rasanya seperti nyeri yang dalam, terbakar, dan berdenyut. Terkadang fibromyalgia di kaki terasa seperti mati rasa atau kesemutan.

Pengobatan Fibromyalgia

Saat ini, belum ada obat untuk fibromyalgia. Sebaliknya, pengobatan berfokus pada pengurangan gejala yang ada. Ini termasuk pemberian obat pereda nyeri, perubahan gaya hidup dan sejumlah terapi.

Pengobatan dapat meredakan nyeri dan membantu tidur lebih nyenyak. Terapi fisik seperti akupuntur, pijat, dan terapi modifikasi perilaku bisa membantu mengeloka gejala yang ada.

Latihan dan teknik pengurangan stres juga dapat membantu merasa lebih baik, baik secara mental maupun fisik. Para ahli juga menyarankan untuk berolahraga secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan banyak tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading