Sukses

Lifestyle

Ketahui Pengertian Negosiasi, Lengkap Beserta Tahapan dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk melakukan kompromi apabila kepentinganmu bersinggungan dengan orang lain ialah melakukan negosiasi. Negosiasi sendiri merupakan bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat, berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Mudahnya, pengertian negosiasi adalah sebuah bentuk komunikasi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang.

Setiap orang tentu pernah melakukan negosiasi, terutama dalam diskusi formal. Seperti yang disinggung sebelumnya, jika pengertian negosiasi adalah bentuk interaksi yang tidak bisa dipisakan dari kehidupan manusia, bahkan dari berbagai aspek, baik bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Negosiasi dilakukan dengan tujuan mendapatkan kesepakatan di antara dua belah pihak.

Dengan dilakukannya negosiasi, diharapkan dapat memberi jalan keluar atau ditemukannya kesepakatan terhadap permasalahan yang tengah dihadapi oleh dua belah pihak. Negosiasi tentu memiliki banyak manfaat dan tujuan bagi pihak-pihak yang melakukan negosiasi.

Nah, untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian negosiasi, lengkap beserta tahapan dan manfaatnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Negosiasi

Pengertian negosiasi adalah proses diskusi yang yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Jika dilihat dari sisi Etimologis, kata negosiasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu “to negotiate” dan “to be negotiating” yang artinya membicarakan, merundingkan, atau menawarkan.

Dari kata tersebut kemudian memiliki turunan lain yaitu “negotiation” yang memiliki arti yaitu aktivitas membicarakan atau merundingkan sesuatu dengan pihak lain untuk mencapai kesepakatan.

Kemudian, pengertian negosisasi menurut asal katanya adalah proses diskusi strategis yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bernegosiasi.

Jika dilihat dari kamus Oxford, pengertian negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal. Dalam negosiasi, masing-masing pihak mencoba untuk membujuk pihak lain kaitannya agar mereka menyetujui sudut pandangnya. Dengan negosiasi, semua pihak yang terlibat mencoba menghindari pertengkaran dan setuju untuk mencapai suatu bentuk kompromi.

Lalu, jika melihat secara umum pengertian negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegosiasi. Orang yang melakukan kegiatan negosiasi disebut dengan negosiator.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain. Pengertian negosiasi lainnya masih menurut KBBI, adalah penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

Tahapan Negosiasi

Ada beberapa tahap dalam negosiasi. Beberapa tahap negosiasi tersebut adalah:

1. Persiapan dan Perencanaan

Tahap pertama dalam negosiasi adalah persiapan dan perencanaan. Proses mengumpulkan data diperlukan untuk mendukung posisi negosiator. Menyampaikan argumen dalam proses mendukung posisi negosiator juga harus dengan bijaksana.

2. Menentukan Aturan

Pada tahap ini harus menentukan garis besar dan aturan-aturan untuk melakukan proses negosiasi, siapa yang akan menjadi bagian dari negosiasi dan masalah apa yang akan dinegosiasikan.

3. Penjelasan

Pada tahap ini, tiap pihak harus mengutarakan apa yang diinginkan. Tiap pihak bisa memberi dokumentasi atau pemaparan yang jelas dan diperlukan untuk mendukung posisi masing-masing pihak.

4. Tawar-menawar dan Penyelesaian Masalah

Selanjutnya tahap tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Tahap ini bertujuan mencari solusi. Kedua belah pihak diharapkan saling fokus pada masalah dan kepentingan bukan pada orang atau posisi dalam mencapai titik temu.

5. Penutupan dan Implementasi

Sedangkan pada tahap ini atau tahap terakhir dari proses negosiasi. Segala sesuatu diputuskan secara bersama. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Dokumen yang sudah disepakati.
  • Meneliti kembali pon-poin utama untuk menghindari salah pengertian.
  • Uraikan dengan jelas semua ketetapan dari persetujuan.
  • Buat secara tertulis Kedua pihak harus membaca dan menandatangani dalam memperoleh kesepakatan atas apa yang dirundingkan.

Tujuan Negosiasi

Negosiasi adalah bentuk interaksi yang dilakukan supaya kedua belah pihak diuntungkan. Maka dari itu, selain mengetahui memahami pengertian negosiasi itu sendiri, penting untuk mengetahui tujuan dari mengapa negosiasi dilakukan. Berikut tujuannya:

  • Untuk mencapai suatu kesepakatan yang dianggap menguntungkan semua pihak.
  • Untuk menyelesaikan suatu masalah dan menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi pihak-pihak yang bernegosiasi.
  • Untuk mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi dimana semuanya mendapatkan manfaat (win-win solution).

Sebagai contoh negosiasi dari sebuah negosiasi yang mudah dipahami, seperti negosiasi yang terjadi pada produsen dan konsumen dalam melakukan tawar-menawar. Produsen dan konsumen melakukan tawar-menawar harga suatu produk untuk menetapkan harga yang disepakati. Dengan kegiatan negosiasi maka penjual dan pembeli dapat menentukan harga yang dianggap setara dengan nilai suatu produk, sehingga akan tercapai bentuk kompromi dari masing-masing pihak.

Manfaat Negosiasi

Negosiasi adalah salah bentuk komunikasi yang memiliki manfaat untuk negosiator, atau seseorang yang melakukan negosiasi. Di bawah ini beberapa manfaat negosiasi yang wajib diketahui :

  • Terciptanya jalinan kerjasama satu pihak dengan pihak lainnya dalam mencapai tujuan masing-masing.
  • Saling pengertian antara masing-masing pihak yang bernegosiasi mengenai kesepakatan yang akan diambil dan dampaknya bagi semua pihak.
  • Negosiasi bermanfaat bagi terciptanya kesepakatan bersama yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.
  • Tercipta interaksi yang positif antara pihak yang bernegosiasi sehingga jalinan kerjasama akan menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading