Sukses

Lifestyle

Alat Musik Melodis adalah Penghasil Melodi dalam Lagu, Kenali Jenis dan Fungsinya

Fimela.com, Jakarta Musik adalah bagian dari kehidupan kita yang sulit untuk dipisahkan karena bukan hanya sebagai hiburan, tetapi sarana lain yang bernilai. Beberapa orang juga menggunakan musik untuk sarana relaksasi atau ritual. Berdasarkan fungsinya, alat musik terbagi menjadi tiga, yakni melodis, harmonis, dan ritmis.

Alat musik melodis adalah alat yang bisa menghasilkan nada atau melodi secara lengkap. Oleh karena itu, alat musik melodis berperan penting untuk mengatur sebuah lagu atau musik. Berbeda dengan alat musik harmonis dan ritmis, alat musik melodis bisa dimainkan sendiri atau solo.

Secara umum, alat musik melodis adalah salah satu elemen alat musik yang dapat digunakan untuk melantunkan lagu tertentu sehingga terasa lebih hidup. Dengan kata lain, alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki ritme atau nada.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian alat musik melodis, lengkap bseserta jenis dan fungsinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Alat Musik Melodis

Seperti yang sudah diketahui, alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada atau melodi dalam sebuah lagu. Umumnya, alat musik melodis digunakan untuk mengatur nada sebuah lagu.

Selain itu, alat musik melodis juga memiliki fungsi yang sangat beragam. Tanpa alat musik melodis, musik tidak akan utuh karena berfungsi untuk mengatur ritme dan nada. Adapun jenis alat musik melodis sangat beragam, mulai dari yang dipetik, digoyang, digesek, hingga diisap.

Jenis Alat Musik Melodis

Salah satu jenis alat musik melodis paling utama adalah gitar. Jenis alat musik satu ini terdiri dari tiga bagian yaitu stang gitar, badan gitar, dan senar gitar. Saat dipetik, gitar akan mengeluarkan bunyi yang sangat Indian.

Tak hanya gitar, ada banyak jenis musik melodis lainnya, di antaranya seperti berikut:

Biola

Jenis alat musik melodis yang pertama adalah biola. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek untuk mengiringi instrumen akustik atau lagu-lagu pop. Biasanya, biola dirangkai dengan empat senar dan interval sempurna kelima. Biola sendiri memiliki beberapa bagian, seperti badan biola, leher biola, senar, papan jari, dan jembatan biola.

Piano

Piano merupakan jenis alat musik melodis tertua yang dibuat pada tahun 1720-an oleh Bartolomeo Cristofori. Alat musik melodis satu ini lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpischord. Keinginan tersebut mendorong Schroter dari Saxony, Marius dari Paris, dan Cristofori dari Italia untuk membuat piano.

Sebagai alat musik melodis, piano memiliki beragam fungsi, seperti mengiringi lagu dan bisa dimainkan untuk berbagai genre instrumen musik. Adapun beberapa jenis piano antara lain baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Seruling

Salah satu jenis alat musik melodis tradisional adalah seruling. Alat musik yang berasal dari Jawa ini terbuat dari kayu atau bambu, didesain dengan 6 hingga 7 lubang pada bagian batangnya, dan terdapat lubang pemanis pada bagian ujungnya.

Akordeon

Akordeon adalah jenis musik melodis yang dibuat oleh seniman dari Berlin yaitu Christian Fried pada tahun 1822. Umumnya, alat musik ini digunakan untuk mengiringi musik religi dan bisa juga untuk mengiringi musik modern.

Sekilas akordion mirip dengan piano, namun dimainkan dengan cara menggantungkan alat musik tersebut di badan pemain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading