Sukses

Lifestyle

Syair adalah Bentuk Puisi Klasik, Ketahui Ciri-Ciri dan Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Syair adalah puisi lama yang berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Menilik pengertian syair menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) syair merupakan puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama.

Bagi seorang penikmat karya sastra tentunya sudah mengetahui sedikit banyak tentang puisi maupun jenis-jenis puisi itu sendiri. Puisi sendiri merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Sementara syair adalah jenis puisi lama yang sejarahnya berhubungan dengan masuknya Islam ke Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sastra juga ikut berkembang salah satunya adalah puisi. Hal tersebut tentunya agar karya sastra ini, khususnya puisi bisa dinikmati oleh generasi saat ini. Walaupun syair adalah puisi lama, namun syair ini kerap dicari. Pasalnya terdapat pesan yang tersirat yang disampaikan penulis pada sebuah syair.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian syair beserta ciri dan contohnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Syair

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, syair adalah salah satu puisi lama, syair berasal dari Persia dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Istilah Syair berasal dari bahasa Arab yakni Syi’ir atau Syu’ur yang berarti perasaan menyadari. Kemudian kata Syu’ur berkembang menjadi Syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum.

Dalam perkembangannya Syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi yang sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab. Syair adalah jenis puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas 4 larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama.

Syair adalah salah satu puisi lama yang dipakai untuk melukiskan hal-hal yang panjang contohnya tentang sebuah cerita, nasihat, agama, cinta, dsb. Oleh sebab itu, bait-bait dalam syair sangat banyak. 

Ciri-Ciri Syair

Setiap karya sastra tentunya memiliki ciri-ciri untuk membedakan dengan karya sastra lainnya. Syair adalah puisi lama yang juga memiliki ciri-ciri yang membantu kamu mana agar lebih memahami tentang syair tersebut.

1. Terdiri dari 4 barisnya

Ciri-ciri syair yang pertama adalah terdiri dari 4 baris. Syair bisa teridiri dari beberapa bait. Namun, di tiap baitnya, syair harus terdiri dari 4 baris.

Contoh:

Janganlah engkau berbuat maksiat

Janganlah engkau berbuat jahat

Segeralah engkau bertaubat

Agar selamat dunia akhirat

Bait syair tersebut terdiri dari 4 baris.

 

2. Tiap baris terdiri dari 4-6 kata

Ciri-ciri syair selanjutnya adalah terdiri dari 4 sampai 6 kata dalam tiap barisnya. Berikut contohnya:

Paksi / Simbangan /konon / namanya (4 kata)

Cantik / dan / manis / sekalian / lakunya (5 kata)

Matanya / intan / cemerlang / cahayanya (4 kata)

Paruhnya / gemala / tiada / taranya (4 kata)

 

3. Tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

Tiap baris syair memiliki 8-12 suku kata. Suku kata adalah jumlah gabungan 1 atau lebih huruf konsonan dan 1 huruf vokal. Sebagai contoh, kata kamus terdiri dari dua suku kata: ka dan mus. Berikut contohnya:

Ter/bang/nya/ Sim/bang/an ber/pe/ri/-pe/ri/ (11 suku kata)

Lin/tas/ di/ Kam/pung/ Ba/yan/ Jo/ha/ri/ (10 suku kata)

Ter/li/hat/lah ke/pa/da/ pu/tri/nya/ Nu/ri/ (12 suku kata)

Mu/ka/nya/ ce/mer/lang/ ma/nis/ ber/se/ri/ (11 suku kata).

 

4. Semua baris adalah isi

Berbeda dengan pantun yang memiliki sampiran di dua awal barinya, syair hanya terdiri dari isi dalam 4 barisnya. Ciri-ciri syair inilah yang membedakannya dengan pantun dan puisi lama lainnya.

Tiap baris dalam syair biasanya menyampaikan cerita atau pesan. Berikut contohnya:

Bermula kisah kita mulai

Zaman dahulu zaman bahari

Asal mulanya sebuah negeri

Timbulnya kerajaan Raja di Candi

Kerajaan bernama Negara Dipa

Raja pertama Empu Jatmika

Putra tunggal Mangkubumi dengan Sitira

Asal Negeri Keling di Tanah Jawa

Mangkubumi saudagar kaya

Kerabat raja yang bijaksana

Berputera seorang elok rupanya

Empu Jatmika konon namanya

 

5. Memiliki rima akhir a-a-a-a

Ciri-ciri syair lainnya adalah memiliki rima atau akhiran a-a-a-a tiap barisnya. Ini berbeda dengan ciri pantun yang memiliki rima a-b-a-b. Contoh:

Paksi Simbangan konon namanya

Cantik dan manis sekalian lakunya

Matanya intan cemerlang cahayanya

Paruhnya gemala tiada taranya

 

6. Berisi cerita atau pesan

Syair biasanya berisi tentang sebuah cerita atau kisah yang mengandung unsur mitos, sejarah, agama/filsafat, ataupun rekaan belaka. Syair juga bisa berisi petuah atau nasihat bijak.

Unsur-Unsur Syair dan Fungsinya

Unsur-unsur dalam syair terbagi menjadi dua yakni unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik :

Unsur Instrinsik

  1. Tema: merupakan ide pokok yang ingin penyair sampaikan melalui syairnya kepada para pembaca.
  2. Perasaan: sesuatu yang ingin penyair utarakan/ungkapan yang berupa ciri khasnya, cara pandang, karakter dan lain sebagainya.
  3. Nada: suatu intonasi atau juga penekanan dalam isi syair yang dapat berupa mengejek, menasehati, bergurau, bergembira,mengkritik, bernelas kasihan serta sebagainya.
  4. Amanat: merupakan suatu pesan atau nasehat yang ingin penyair sampaikan kepada tiap-tiap pembaca.

Unsur ekstrinsik

  • Latar belakang kehidupan penyairnya
  • Pendidikan penyair
  • Latar belakang budaya dan sosial
  • Adat atau juga kebiasaan masyarakat setempat

Fungsi Syair

  • Berfungsi dalam kegiatan kesenian dan kebudayaan masyarakat.
  • Syair dijadikan sebagai hiburan. Syair sering dilagukan dalam majlis-majlis tertentu. Selain itu, ia juga digunakan dalam adat perkahwinan.
  • Syair juga dilagukan atau dinyanyikan sebagai mengiringi tarian-tarian tertentu.
  • Kemerduan suara atau kelembutan nada syair berupaya mengusik perasaan dan seterusnya meninggalkan kesan yang mendalam.
  • Syair juga digunakan untuk menyampaikan pengajaran melalui cerita dan lagu tersebut.

Jenis-Jenis Syair

Syair adalah salah satu puisi lama yang memiliki beberapa jenis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya syair berbeda dengan pantun, dimana syair tidak mempunyai sampiran. Oleh karena itu, setiap bait syair merupakan isi dan memiliki makna. Syair adalah puisi lama yang terdapat beberapa macam.

1. Syair Panji

Jenis syair yang pertama yakni adalah syair panji. Syair panji adalah syair yang isinya bercerita mengenai keadaan yang terjadi dalam istana (kerajaan), situasi orang-orang yang ada atau berasal dari dalam istana.

Contoh syair panji ialah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.

2. Syair Romantis

Jenis syair yang berikutnya yakni syair romantis. Syair romantis ialah syair yang berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita alipur laram hikayat, maupun cerita rakyat.

Contoh syair romantis yakni syair bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya.

3. Syair Kiasan

Jenis syair berikutnya yakni syair kiasan. Syair kiasan adalah syair yang menceritakan kisah percintaan antara ikan, burung, bunga, lalu buah-buahan yang semuanya itu sebagai perumpamaan untuk di dalamnya, kiasan atau sindiran kepada peristiwa tertentu.

Contoh syair kiasan ialah syair burung pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat atau seperi perumpamaan “seperti pungguk merindukan bulan”.

4. Syair Sejarah

Syair adalah puisi lama yang memiliki beberapa jenis. Jenis syair yang keempat yakni syair sejarah yang merupakan syair yang berasal dari peristiwa sejarah terpenting, contohnya terkait peperangan. 

Contoh syair sejarah ialah syair perang mangkasar “dahulu bernama syair sipelman” berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.

5. Syair Agama

Jenis syair yang berikutnya yakni syair agama. Syair agama adalah syair yang terdapat tema ajaran ilmu tasawuf. Syair agama tergolong syair terpenting, terbagi menjadi 4, yakni syair sufi, syair mengenai ajaran Islam, syair riwayat Nabi, serta syair nasihat.

Contoh syair agama seperti syair perahu, syair dagang “banyak yang bilang karangan Hamzah Fansuri, tapi para ahli membantahnya” syair kiamat, bahr An-Nisa, syair takbir mimpi, syair raksi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading