Sukses

Lifestyle

Marketing adalah Cara untuk Memasarkan Produk, Ketahui Tugas dan Konsepnya

Fimela.com, Jakarta Marketing adalah bagian dari perjalanan suatu bisnis dan merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Oleh karena itu, menentukan strategi marketing yang tepat akan sangat memengaruhi bisnis yang kamu jalani.

Marketing atau pemasaran sendiri adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Mengenalkan suatu produk atau jasa tentunya tidak bisa sembarangan, diperlukan strategi untuk menarik minat masyarakat.

Marketing adalah perihal menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat. Berbagai strategi marketing dilakukan untuk membuat produk yang kamu tawarkan dikenal oleh masyarakat luas. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia bisnis, tentunya pemahaman tentang marketing wajib dimiliki.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com, kali ini akan mengulas pengertian marketing beserta tugas dan konsepnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Seputar Marketing

Marketing adalah usaha untuk mengenalkan produk kepada pelanggan atau masyarakat. Pada dasarnya marketing adalah aktivitas untuk membangun sebuah brand atau reputasi. Branding adalah inti dari marketing.  Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk. 

Marketing adalah ujung tombak sebuah bisnis dan berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bahkan, dapat dikatakan tidak akan ada bisnis yang sukses tanpa strategi marketing yang baik.

Manfaat marketing adalah dapat meningkatkan penjualan, mengembangkan produk, membangun hubungan baik dengan konsumen, serta tentunya menjadi sarana melakukan branding.

Untuk mendapatkan manfaat marketing tersebut, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Bahkan, marketing adalah proses yang dimulai dari pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, hingga periklanan. 

Perkembangan teknologi membuat definisi marketing meluas. Saat ini ada dua jenis marketing atau pemasaran, yaitu marketing online dan offline. Bagi para pelaku bisnis, tentunya penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up-to-date seiring perkembangan zaman.

Tugas Marketing

Sebagai ujung tombak bisnis, tugas marketing adalah sebagai berikut:

Melakukan Riset Pasar. Untuk menetapkan harga yang tepat, marketing harus melakukan riset pasar untuk mengetahui harga produk sejenis. Hal ini nantinya menjadi petimbangan bersama keunggulan produk harga bahan baku dan biaya produksinya, serta faktor-faktor lainnya.

Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen. Marketing harus mampu melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menawarkan produk yang pasti dibeli konsumen.

Membuat Perencanaan Produk. Tim marketing memberikan usulan perencanaan produk kepada tim produksi, sehingga produk yang dihasilkan memiliki peluang tinggi untuk dipasarkan dengan luas dengan tingkat penjualan yang tinggi. 

Merancang Strategi Pemasaran. Strategi pemasaran meliputi bentuk dan media promosi beserta target yang ingin dicapai sehingga bisa dievaluasi keberhasilannya.

Konsep Marketing

Konsep marketing adalah sebagai berikut:

Produk

Di dalam konteks marketing, produk adalah penawaran yang bisa berupa barang, jasa, atau gagasan yang dihasilkan oleh produsen dan ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Harga

Setelah menentukan produk atau jasa, hal berikut yang perlu diperhatikan adalah harga. Untuk menentukan harga, pemilik produk atau jasa dapat memeriksa harga kompetitor atau melihat sejauh mana calon pembeli bersedia membayar.

Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Kebutuhan adalah ketiadaan rasa tercukupi yang jika tidak terpenuhi akan menimbulkan akibat yang fatal. Kebutuhan tidak dapat diciptakan, melainkan sebuah hakikat biologis dan kondisi konsumen sendiri. Sementara itu, keinginan adalah sesuatu yang jika tidak terpenuhi tidak menyebabkan masalah.

Kepuasan Konsumen

Kebutuhan konsumen tidak bisa disamaratakan dan setiap produk memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan yang berlainan. Penilaian konsumen terhadap sebuah produk menjadi pertimbangan penting bagi produsen (tim marketing) dalam menciptakan sebuah produk.

Pertukaran dan Transaksi

Dalam aktivitas marketing, terdapat kesepakatan antara produsen dan konsumen dalam melakukan pertukaran, baik antara produk dengan uang maupun produk dengan produk lainnya.

Hubungan dan Jaringan Pemasaran

Hubungan dalam konsep marketing adalah transaksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus mempertahankan bisnis dalam jangka waktu panjang. Perusahaan juga perlu mengembangkan jaringan pemasaran antara produsen dengan konsumen, karyawan, pemasok, dan lainnya.

Pasar

Pasar adalah para pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan dan mampu melaksanakan pertukaran nilai sehingga terjadi transaksi. Ukuran pasar tergantung pada jumlah konsumen dan sumber daya yang ditukarkan dengan kebutuhan konsumen.

Distribusi Produk

Selain prosesnya, kamu juga harus tahu seberapa luas jangkauan produk dan jasamu. Di sini kamu harus tahu betul siapa saja sasaran produk dan jasamu serta bagaimana cara terbaiknya supaya masyarakat bisa mendapatkan produkmu.  

Promosi

Promosi mencakup iklan, acara, atau diskon yang dibuat untuk meningkatkan pemahaman terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, promosi juga memungkinkan produk atau jasa menarik pembeli lebih banyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading