Sukses

Lifestyle

5 Jenis Sayur dan Buah yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Tidak semua jenis sayur dan buah bisa disimpan didalam kulkas karena beberapa diantaranya ternayata tidak boleh disimpan di kulkas perlu kamu perhatikan. Tentunya kamu tidak ingin rasa dari sayur dan buah tersebut menjadi tidak enak dan kandungan nutrisinya hilang. Bahkan, ada juga sayur dan buah yang dapat memberikan efek buruk pada makanan lain di kulkas.

Karena itu, sebaiknya kamu mengerti bagaimana cara menyimpan sayur dan buah yang paling tepat. Jangan asal memasukkan ke kulkas, karena tidak semua sayur dan buah akan tahan saat dimasukkan ke dalam kulkas.

Jenis sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas harus kamu kenali. Menyimpannya di kulkas bisa membuat buah tersebut rasanya akan berkurang, menjadi lebih lembek atau lebih lama matang, hingga bisa cepat busuk.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis sayuran dan buah yang sebaiknya tidak disimpan didalam kulkas. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Alpukat Mentah

Jenis sayur dan buah pertama yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas adalah alpukat. Memang sebagian besar buah-buahan lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tetapi tidak untuk alpukat mentah. Jika kamu memasukkannya ke dalam lemari es, proses kematangannya akan berjalan lebih lambat.

Seperti buah pisang dan tomat, buah alpukat lebih cepat matang bila disimpan di suhu kamar. Menyimpannya di dalam kulkas hanya akan menghambat proses kematangannya.

Jika buah berwarna hijau ini sudah matang, barulah kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah-buahan yang masih mentah, seperti alpukat di dalam kulkas.

Bawang Bombay

Bawang bombai juga merupakan salah satu jenis sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas. Pasalnya, kelembapan di dalam kulkas akan mengubah bawang bombai jadi lembek, kusam, dan cepat berjamur.

Kamu cukup menyimpan bawang bombai di tempat yang kering, tidak terpapar sinar matahari langsung, dan bersuhu cukup sejuk. Bawang bombai akan tetap renyah dan beraroma khas jika disimpan sesuai dengan panduan tersebut.

Pisang

Jenis sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas selanjutnya adalah Pisang. Sama seperti alpukat, buah tropis yang satu ini sulit matang dalam suhu dingin. Tak hanya itu saja, kelembapan kulkas pun malah bisa membuat buah pisang cepat busuk.

Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis biasanya sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu di bawah 58° menyebabkan pisang akan mengalami perubahan warna. 

Perubahan warna tersebut dikarenakan melambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas, sehingga menjadi cepat membusuk. Selain pisang dengan suhu dingin membuat rasanya tidak lezat, kandungan vitamin C nya juga akan hilang.

Kentang dan Ubi

Jenis sayur dan buah yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah kentang dan ubi. Hal ini karena udara yang dingin dan lembap bisa merusak tekstur dan rasanya. Pati yang terkandung dalam kentang dan ubi akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga jadi terasa manis menyengat. Teksturnya yang lembut pun akan berubah jadi lebih kasar dan keras.

Sebaiknya kamu menyimpan kentang dan ubi di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung, seperti dalam lemari makanan. Selain itu, hindari menyimpan kentang dan ubi di dalam kantong plastik yang kedap udara karena bisa cepat busuk.  

Tomat

Buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas selanjutnya adalah tomat. Buah tomat bisa terhambat proses kematangannya bila disimpan dalam kulkas. Bahkan suhu dingin kulkas bisa membuat buah tomat keriput dan kehilangan kandungan airnya. Akhirnya buah tomat jadi tidak terasa segar lagi.

Sebuah penelitian dari University of Florida telah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa mendinginkan tomat ternyata berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen, terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyimpan buah tomat di dalam kulkas karena dapat merusak tingkat kematangan dan rasanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading