Sukses

Lifestyle

Implementasi adalah Tindakan Merealisasikan Rencana, Ketahui Pengertian dan Contohnya

Fimela.com, Jakarta Implementasi adalah hal penting untuk mewujudkan suatu gagasan. Seseorang harus mengimplementasikan gagasan untuk mencapai tujuannya. Implementasi adalah proses yang diterapkan di berbagai bidang, tanpa batasan apapun.

Untuk mengimplementasikan suatu gagasan diperlukan serangkaian proses. Menerapkan rencana strategis sama pentingnya, atau bahkan lebih penting, daripada strategi itu sendiri. Implementasi adalah proses yang diterapkan di banyak bidang seperti pendidikan, sosial, politik, teknologi, kesehatan, informasi, dan banyak lagi.

Implementasi adalah penerapan gagasan dengan arti yang cukup luas. Implementasi adalah praktik mendasar untuk menerapkan strategi atau tujuan apa pun. Tujuan dari rencana implementasi adalah untuk menerapkan strategi.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian implementasi beserta contohnya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Implementasi

Implementasi menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan. Implementasi juga diartikan sebagai pengembangan versi kerja sistem dari desain yang diberikan.

Implementasi menurut Cambridge Dictonary

Menurut Cambridge Dictonary, implementasi adalah tindakan yang dimulai dengan menggunakan rencana atau sistem. Implementasi adalah tindakan menerapkan rencana atau mulai menggunakan sesuatu.

Implementasi menurut Merriam Webster

Suatu tindakan atau contoh penerapan sesuatu. Tindakan ini meliputi proses membuat sesuatu menjadi aktif atau efektif.

Implementasi adalah proses yang mengubah strategi dan rencana menjadi tindakan untuk mencapai tujuan dan sasaran strategis. Implementasi adalah tindakan yang harus mengikuti setiap pemikiran awal agar tujuannya benar-benar tercapai.

Pengertian Implementasi Menurut Keilmuan

Ilmu politik

Dalam ilmu politik, implementasi mengacu pada pelaksanaan kebijakan publik. Faktor-faktor yang memengaruhi implementasi antara lain niat legislatif, kapasitas administrasi birokrasi pelaksana, aktivitas kelompok kepentingan dan oposisi, serta dukungan presiden atau eksekutif.

Dalam hubungan internasional, implementasi mengacu pada tahapan pembuatan perjanjian internasional. Ini mewakili tahap ketika ketentuan internasional diberlakukan di dalam negeri melalui undang-undang dan peraturan. Tahap implementasi berbeda dengan ratifikasi perjanjian internasional.

Ilmu sosial dan kesehatan

Dalam ilmu sosial dan kesehatan, implementasi adalah serangkaian aktivitas tertentu yang dirancang untuk mempraktikkan aktivitas atau program dengan dimensi yang diketahui. Menurut definisi ini, proses implementasi memiliki tujuan dan dijelaskan secara cukup rinci sehingga pengamat independen dapat mendeteksi keberadaan dan kekuatan "rangkaian aktivitas tertentu" yang terkait dengan implementasi.

Selain itu, kegiatan atau program yang sedang dilaksanakan dijelaskan dengan cukup rinci sehingga pengamat independen dapat mendeteksi keberadaan dan kekuatannya. Penelitian ilmiah sosial tentang implementasi juga mengambil langkah menjauh dari proyek yang berorientasi pada pelaksanaan rencana, dan mengubah proyek menjadi objek studi.

Teknologi Informasi

Dalam industri teknologi informasi, implementasi mengacu pada proses purnajual yang membimbing klien dari pembelian hingga penggunaan perangkat lunak atau perangkat keras yang dibeli. Ini termasuk analisis persyaratan, analisis ruang lingkup, penyesuaian, integrasi sistem, kebijakan pengguna, pelatihan dan pengiriman pengguna.

Implementasi Perangkat Lunak melibatkan beberapa profesional yang relatif baru dalam ekonomi berbasis pengetahuan seperti analis bisnis, analis teknis, arsitek solusi, dan manajer proyek. Untuk mengimplementasikan sistem dengan sukses, banyak tugas yang saling terkait perlu dilakukan dalam urutan yang sesuai.

Ilmu Komputer

Dalam ilmu komputer, implementasi adalah realisasi dari spesifikasi teknis atau algoritma sebagai program, komponen perangkat lunak, atau sistem komputer lainnya melalui pemrograman dan penyebaran komputer. Banyak implementasi mungkin ada untuk spesifikasi atau standar tertentu.

Misalnya, browser web berisi implementasi spesifikasi yang direkomendasikan Konsorsium World Wide Web, dan alat pengembangan perangkat lunak berisi implementasi bahasa pemrograman.

Contoh Implementasi

Setiap rencana implementasi terdiri dari beberapa komponen utama yang perlu dianalisis dan dipikirkan sebelum mengkomunikasikan. Berikut contoh rencana implementasi:

Tujuan/sasaran

Mulailah dengan menentukan tujuan dan sasaran dari rencana implementasi. Apa yang ingin dicapai? Apa ruang lingkup proyek? Mengapa tujuan ini penting? Bagaimana tujuan-tujuan ini sesuai dengan visi dan misi secara keseluruhan?

Tetapkan tanggung jawab

Menetapkan peran dan tanggung jawab memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan dan oleh siapa. Semakin jelas mendefinisikan tanggung jawab ini, semakin mudah untuk membuat orang bertanggung jawab.

Jadwal implementasi

Jadwal membantu melacak, berkomunikasi, dan mengawasi kemajuan proyek, membuat semua pemangku kepentingan selalu mengetahui apa yang sedang terjadi.

Alokasi sumber daya

Salah satu tujuan utama rencana implementasi adalah memastikan bahwa tim memiliki akses ke sumber daya yang cukup untuk menjalankan implementasi secara efektif dan tanpa hambatan. Pastikan Anda tahu persis apa yang dibutuhkan, berapa banyak yang sudah dimiliki, dan bagaimana Anda akan mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading