Sukses

Lifestyle

Reorientasi adalah Peninjauan pada Teks Biografi, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Fimela.com, Jakarta Jika melihat dari KBBI, reorientasi adalah peninjauan kembali wawasan (untuk menentukan sikap dan sebagainya). Namun jika dilihat lebih jauh lagi, sebenarnya reorientasi adalah salah satu bagian yang membentuk struktur teks biografi.

Mungkin kamu pernah mendengar tentang teks biografi. Tapi, apa sebanarnya makna dari hal tersebut? Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani “bios” yang memiliki arti hidup, serta “graphien” yang memiliki arti tulis. 

Namun, adanya reorientasi adalah hal yang sifatnya opsional. Sehingga bisa saja ada atau tidak di dalam sebuah teks biografi. Maka tidak heran, menjadi penting rasanya untuk memahami terlebih dahulu lebih dalam mengenai teks biografi.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian reorientasi serta penjabaran lainnya yang masih memiliki relevansi dengan reorientasi. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Seputar Teks Biografi

Sebelum membahas lebih jauh reorientasi seperti yang disebutkan sebelumnya, ada baikna untuk memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari teks biografi.

Teks biografi sendiri merupakan suatu bentuk teks yang isinya membahas mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang sengaja ditulis oleh seseorang. Tujuan penulisan teks biografi tokoh tersebut agar menjadi suri teladan bagi banyak kalangan.

Sebenarnya, selain disebut biografi, ada juga yang bernama autobiografi. Autobiografi sendiri sebenarnya adalah suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut. Maka dari itu, antara biografi dan autobiografi menjadi sangat berbeda. Perbedaan tersebut bisa terlihat dari sang penulis penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau ditulis oleh orang lain.

Ciri Teks Biografi

Teks biografi hendaknya berisi cerita yang sebenar-benarnya atau fakta yang terjadi pada tokoh yang diceritakan dalam sebuah narasi. Selain itu, teks biografi juga hendaknya memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah hingga pada akhirnya sukses dan patut menjadi teladan. Teks biografi sendiri memiliki susunan struktur berupa orientasi, masalah, dan reorientasi.

Struktur Teks Biografi

Setelah mengetahui sedikit mengenai teks biografi di atas, selanjutnya perlu juga membahas mengenai struktur dari teks biografi tersebut. Mengingat seperti yang disebutkan di awal tadi, jika reorientasi adalah salah satu bagian dari struktur teks biografi.

Maka tidak heran jika perlu untuk memahami fungsi dari reorientasi itu sendiri di dalam teks biografi. Tapi, selain reorientasi, di dalam struktur teks biografi terdapat orientasi dan penjelasan mengenai peristiwa atau masalah di dalamnya. Sedangkan reorientasi adalah struktur yang sifatnya plihan atau opsional, sehingga tidak harus selalu ada di dalam sebuah teks biografi. Berikut penjelasan ketiganya.

a. Orientasi

Struktur yang pertama adalah orientasi. Pada bagian ini, menjadi tahap pengenalan dari seorang tokoh yang sedang dibahas. Pengenalan tersebut bisa berupa gambaran awal mengenai latar belakang tokoh tersebut di dalam teks biografi.

b. Peristiwa dan Masalah

Pada bagian peristiwa atau kejadian, merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh seseorang. Di dalamnya juga bisa berisi tentang masalah yang pernah tokoh hadapi dalam mencapai sebuah tujuan serta cita-cita dalam hidupnya.

Atau dengan kata lain, pada bagian ini perlu dijelaskan berbagai hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan menyedihkan yang pernah dialami oleh seorang tokoh, hingga mengantarkan sang tokoh meraih mimpi, cita-cita serta kesuksesan.

c. Reorientasi

Selanjutnya merupaka bagian yang mungkin ditunggu-tunggu. Reorientasi adalah bagian penutup dalam sebuah teks biografi. Pada bagian reorientasi, memiliki isi tentang pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Reorentasi adalah bagian yang memiliki sifat opsional semata, maka dari itu reorientasi boleh ada atau tidak ada.

Jenis-Jenis Biografi

Agar semakin lengkap pembahasan dan sebagai tambahan wawasan, maka di bawah ini juga dijelaskan mengenai berbagai jenis biografi itu sendiri.

1. Biografi berdasar sisi penulis

Biografi dari sisi penulisnya, terbagi menjadi dua, yaitu:

- Autobiografi

Jenis biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang bersangkutan.

- Biografi

Merupakan biografi yang ditulis oleh orang lain yang diberi izin dari tokoh yang bersangkutan.

 

2. Biografi berdasar isi

Sedangkan berdasar isinya, biografi juga dibagi menjadi dua, yaitu:

- Biografi perjalanan hidup

Yaitu biografi yang menceritakan perjalanan hidup seseorang atau tokoh dan ditulis secara lengkap atau singkat.

- Biografi perjalanan karir

Adalah sebuah biografi yang menceritakan perjalanan karir seorang tokoh mulai awal hingga mencapai kesuksesan.

 

3. Biografi berdasar persoalan yang dibahas

Jenis biografi ini dibagi tiga, antara lain:

- Biografi politik

Sebuah cerita hidup tokoh Negara dari sudut pandang politik. Biografi ini mendapat bahan dari berbagai riset. Tapi, biografi politik sarat kepentingan penulis atau tokoh yang minta ditulis.

- Biografi intelektual

Biografi ini sama dengan biografi politik, karena bahannya didapatkan dari berbagai riset. Tapi, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.

 

 

4. Berdasar Penerbit

- Buku sendiri

Biografi yang biayanya ditanggung sendiri oleh pembuat biografi tersebut.

- Buku subsidi

Biografi yang pembuatannya dibiaya sponsor, baik dari segi biaya penulisan, percetakan, dan biaya lain yang tidak terduga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading