Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Fimela.com, Jakarta Kapalan atau callus adalah kondisi kulit yang menebal dan keras saat disentuh. Area kulit yang mudah terkena kapalan adalah telapak kaki, jari kaki, tumit, area tangan dan jari tangan.

Saat kulit terkena kapalan, maka area kulit akan mengering dan berwarna putih kekuningan. Walaupun kondisi ini tidak terlalu berbahaya, tetapi bisa membuat rasa kepercayaan diri menurun akibat warna kulit yang berubah.

Kapalan yang muncul di tangan, bisa diobati dengan beberapa bahan alami yang tersedia di rumah. Tetapi kalau kondisinya semakin parah, Sahabat Fimela harus berkonsultasi dengan dokter. Berikut cara menghilangkan kapalan di tangan, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Kapalan

Kapalan adalah kondisi normal yang sering terjadi dibeberapa area kulit, salah satunya adalah di area tangan. Kapalan sering disebabkan karena adanya gesekan atau tekanan yang berulang-ulang, yang mengenai area kulit.

Kapalan bisa diartikan sebagai reaksi tubuh untuk melindungi jaringan kulit yang mengalami gesekan berulang. Saat kulit mengalami kapalan, area kulit akan berubah lebih tebal dan keras yang disebut hiperkeratosis.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan kapalan adalah terlalu sering menggunakan alat tuli untuk menggambar atau menulis, memainkan alat musik seperti gitar atau biola, mengangkat beban berat, tidak menggunakan kaos kaki dan lain sebagainya. 

Gejala Kapalan

Kapalan juga bisa disebut dengan penebalan yang terjadi di area kulit, dengan ukuran dan ketebalan yang tergantung kondisi tekanan atau gesekan. Hal ini terjadi untuk melindungi jaringan kulit yang sering tergesek.

Gejala yang sering dialami saat tangan mengalami kapalan, yaitu kulit menjadi lebih tebal daripada biasanya, terasa lebih keras, tekstur kulit menjadi lebih kasar, kulit jadi kering atau pecah-pecah, bahkan bisa muncul rasa nyeri.

Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, kalau kapalan terasa nyeri, semakin bengkak, muncul nanah, berdarah dan muncul gejala infeksi lainnya.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

1. Gunakan Air Hangat

Cara pertama menghilangkan kapalan, yaitu dengan merendam tangan yang kapal, di dalam air hangat selama 20 menit, untuk mengurangi rasa nyeri dan menghambat infeksi.

2. Cuka Apel

Menggunakan cuka apel bisa membantu mengeksfoliasi kulit yang kasar, membuat kulit lebih lembut dan mempercepat pertumbuhan kulit baru.  Caranya dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 4 banding 1, lebih banyak airnya daripada cuka apel. Lalu rendam tangan kapalan selama 20menit.

3. Soda Kue

Selain digunakan untuk memasak, soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan di tangan. Caranya dengan mencampur 2 sendok makan air, air perasan jeruk nipis dan soda kue. Aduk sampai tekstur mengental dan oleskan ke area yang kapalan dan tutup dengan kassa. Ulangi setiap malam sampai sembuh.

4. Batu Apung

Batu apung sering digunakan untuk mandi dan menggosok tubuh. Karena tekstur batu apung yang berfungsi sebagai eksfoliator. Caranya dengan merendam tangan di air panas selama 10 menit, kemudian gosok tangan dengan batu apung.

5. Garam Epsom

Cara yang terakhir adalah menggunakan garam epsom. Garam epsom ini memiliki sifat sebagai eksfoliator yang bisa membantu menghilangkan kapalan. Kamu bisa mencampurkan 3 sendok garam epsom ke dalam baskom yang terisi air hangat, lalu rendam tangan yang kapalan selama 30menit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading