Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Kesehatan Buah Kelengkeng, Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Kelengkeng menjadi salah satu buah yang mudah ditemui di Asia, khususnya Indonesia. Kelengkeng juga punya rasa yang khas dan segar. Tak heran jika banyak individu menyukai buah berkulit cokelat ini. 

Selain itu, kelengkeng memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus dan antibakteri yang berkontribusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kelengkeng ternyata tidak hanya sekedar buah yang rasanya manis tetapi juga memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat kesehatan buah kelengkeng yang bisa meningkatkan imun tubuh. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meningkatkan Imun Tubuh

Kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik, kandungan antioksidan di dalamnya juga berperan besar dalam memperkuat kekebalan dan menangkal penyakit. 

Vitamin C memiliki kemampuan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Buah kelengkeng memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel tubuh dan berujung pada penyakit kronis.

Meredakan Peradangan

Lapisan luar, daging buah hingga biji kelengkeng memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu penyembuhan luka dan menurunkan peradangan.

Sebuah studi penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa buah kelengkeng bisa menghambat faktor nekrosis jaringan (TNF) di tubuh Anda.

Mengatasi Masalah Insomnia

Dalam pengobatan Cina, kelengkeng sudah lumrah digunakan untuk mengobati insomnia. 

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Current Neuropharmacology menunjukkan bahwa buah lengkeng bisa meningkatkan kecepatan tidur durasi tidur seseorang.

Meningkatkan Fungsi Memori

Kelengkeng bisa membantu mendukung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah lengkeng bisa meningkatkan pembelajaran dan memori.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading