Sukses

Lifestyle

3 Cara Memilih Penyedap Rasa untuk Meningkatkan Cita Rasa Makanan

Fimela.com, Jakarta Penyedap rasa merupakan bahan dapur yang sering digunakan, untuk meningkatkan cita rasa masakan agar lebih lezat, dan bisa membuat aroma masakan tercium lebih harum.

Namun ada sebagian orang beranggapan, kalau penyedap rasa kurang baik jika memiliki kandungan MSG atau monosodium glutamate. MSG dalam penyedap rasa ini berasal dari asam glutamat, seperti asam amino alami. Sebenarnya kandungan MSG ini tidak masalah untuk dikonsumsi, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan orang yang mengonsumsi tidak memiliki alergi khusus.

Bahkan beberapa ahli berpendapat, bahwa mengonsumsi penyedap rasa ini memiliki manfaat untuk tubuh. Agar tidak salah memilih penyedap rasa, berikut cara memilih penyedap rasa, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Penyedap Rasa

1. Meningkatkan Air Liur

Penyedap rasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan air liur. Air liur bisa membantu lidah dan mulut, untuk menghaluskan makanan agar mudah masuk ke dalam sistem pencernaan.

2. Mengurangi Garam

Terlalu banyak menggunakan garam bisa membuat tingginya kadar natrium dalam tubuh, yang memicu penyakit darah tinggi. Menggunakan penyedap rasa sesuai takaran harian, bisa membantu mengurangi asupan garam dalam tubuh dan membuat cita rasa masakan tetap gurih.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Penyedap rasa juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena penyedap rasa ini meningkatkan produksi cairan lambung, sehingga orang yang mengonsumsi penyedap rasa sesuai aturan, bisa terhindar dari penyakit gastritis atrofik.

Cara Memilih Penyedap Rasa

1. Pilih Bahan Bakunya

Penyedap rasa terbuat dari bahan baku yang berasal dari kaldu hewan dan kaldu tumbuhan. Kalau kamu seorang vegetarian, kamu bisa memilih penyedap rasa yang bahan bakunya terbuat dari tumbuhan, seperti penyedap rasa dari jamur. Usahakan untuk melihat komposisinya terlebih dahulu.

2. MSG

Untuk membuat makanan lebih gurih, kamu bisa memilih penyedap rasa yang memiliki kandungan MSG. Penyedap rasa yang mengandung MSG ini, bisa membantu mengurangi asupan garam harian.

3. Non MSG

Kalau memiliki alergi terhadap MSG, kamu bisa menggunakan penyedap rasa non MSG atau yang tidak mengandung MSG. Biasanya penyedap rasa yang non MSG ini mengandung bahan alami, tetapi harga jualnya lebih mahal daripada penyedap rasa yang mengandung MSG.

Anjuran Mengonsumsi Penyedap Rasa

Penyedap rasa memiliki rasa gurih yang bisa membuat cita rasa masakan lebih lezat. Pada umumnya, anjuran mengonsumsi penyedap rasa yaitu 0,5−1,7 gram per hari. Agar tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Efek samping terlalu banyak mengonsumsi penyedap rasa adalah mengalami kerusakan sel saraf, asma kambuh, mengalami obesitas, sakit kepala dalam waktu lama, mengalami hipertensi, kerusakan ginjal hingga halusinasi atau depresi.

Sebagai pengganti penyedap rasa buatan, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, tomat dan lain sebagainya yang aman dikonsumsi dan menyehatkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading