Sukses

Lifestyle

7 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Menguatkan Imun Tubuh

Bayam dikenal sebagai sayuran padat nutrisi dan pastinya sudah diketahui oleh hampir setiap orang. Namun, tahukah kamu selain bayam hijau, terdapat juga varian bayam merah? Termasuk dalam famili Amaranthaceae, bayam merah adalah salah satu dari beberapa varietas bayam seperti bayam hijau, bayam putih, bayam duri dan lainnya.

Bayam merah memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin adalah jenis flavonoid, sejenis senyawa dengan efek antioksidan. Kandungan ini ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran dan memberi warna merah, ungu, dan biru.

Bayam merah dapat dengan mudah didapat dan diolah. Daun dari sayuran ini biasanya bundar, dan tebal. Bayam merah juga memiliki batang tengah berwarna merah cerah. Daun dan batang bayam merah mengandung cairan merah. Ini memiliki rasa manis dan teksturnya sangat halus.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 7 manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat bayam merah yang pertama untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada bayam merah sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus dengan membersihkan usus besar.

Bayam merah meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus besar. Ini membantu dalam meredakan sembelit dan mencegah kanker usus besar, diabetes dan kolesterol.

 

Mengobati Anemia

Manfaat bayam merah yang kedua untuk membantu mengobati anemia. Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah dalam sistem tubuh.

Konsumsi bayam merah secara teratur dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan membersihkan darah, sehingga meningkatkan aliran darah secara alami. Gabungkan bayam merah dalam makanan harianmu jika kamu menderita anemia.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat bayam merah yang ketiga untuk membantu meningkatkan fungsi ginjal. Penelitian telah mengungkapkan bahwa makan bayam merah secara teratur dapat meningkatkan fungsi ginjal, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi. Simpul daun bayam dikatakan memiliki lebih banyak manfaat bagi ginjal, oleh karena itu, mengonsumsinya bersama dengan daunnya akan membantu membuang racun dari sistem tubuh.

Mengobati Disentri

Manfaat bayam merah yang kelempat untuk membantu menyembuhkan disentri. Batang bayam merah terbukti bermanfaat dalam mengobati disentri. Serat larut dalam sayuran berdaun membantu dalam menyerap air dan membersihkan saluran pencernaan.

Antosianin dalam bayam merah membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri. Kamu bisa membuat masakan dari batang bayam merah untuk menyembuhkan disentri.

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat bayam merah yang kelima untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Memiliki sumber vitamin dan nutrisi yang tinggi, bayam merah berperan besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam amino, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium membantu meningkatkan sistem kekebalan, dan dengan demikian melindungi tubuh dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat bayam merah yang keenam untuk membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang. Karena bayam merah merupakan sumber vitamin K yang baik, tidak diragukan lagi bayam bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dalam makanan dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis atau patah tulang. Mengonsumsi bayam merah dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan protein matriks tulang.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat bayam merah yang ketujuh untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Kaya vitamin E membuat bayam merah harus menjadi bagian penting dari makanan. Vitamin E sangat penting untuk kesehatan mata, karena dapat meningkatkan penglihatan sekaligus mempertahankannya.

Dalam gaya hidup modern, mata adalah yang pertama terpengaruh karena terus-menerus menggunakan ponsel pintar, laptop, dll. Oleh karena itu, kamu harus memasukkan makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang baik, seperti bayam merah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading