Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Tubuh, Aktivitas Fisik untuk Meningkatkan Imun

Bagi sebagian orang, berkebun sudah menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Dengan berkebun, kamu bisa mempercantik halaman depan rumah dengan berbagai macam tanaman hias. Bukan hanya itu, melalui aktivitas berkebun kamu juga bisa memproduksi bahan makanan sendiri dengan menanam berbagai jenis sayuran dan buah yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Selain untuk mempercantik halaman rumah dan memproduksi bahan makanan, berkebun juga bisa menjadi aktivitas yang tepat untuk mengisi waktu luang. Terutama, ketika kamu mempunyai waktu luang lebih banyak di akhir pekan karena tidak bekerja. Berkebun bisa memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran setelah lelah bekerja selama lima hari penuh dalam seminggu.

Selain itu, ternyata terdapat beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan yang tidak kalah menarik. Diketahui, aktivitas berkebun dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh dan mental yang lebih baik. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga dapat meredakan stres dan meningkatkan pikiran positif.

Bukan hanya itu, melakukan aktivitas berkebun juga turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan lingkungan dan mengurangi risiko perubahan iklim. Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com akan mengulas 5 manfaat berkebun bagi kesehatan tubuh sebagai aktivitas fisik yang dapat meningkatkan imun. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Manfaat berkebun bagi kesehatan yang pertama tentunya dapat meningkatkan aktivitas fisik. Dengan berkebun, tubuh Anda akan bergerak lebih aktif daripada biasanya. Mulai dari menyiapkan peralatan berkebun, memotong rumput, membersihkan halaman, menyiapkan tanah dan memasukkannya ke dalam pot, hingga memindahkan berbagai tanaman untuk ditata rapi.

Berbagai kegiatan yang dilakukan saat berkebun terbukti dapat meningkatkan latihan seluruh tubuh. Bahkan menurut penelitian, aktivitas berkebun memberikan banyak manfaat kesehatan dibandingkan aktivitas aerobik.

Alternatif untuk Mengontrol Berat Badan

Manfaat berkebun bagi kesehatan berikutnya dapat membantu mengontrol berat badan dengan baik. Diketahui, aktivitas berkebun dapat membantu kamu menurunkan berat badan secara efektif.

Berdasarkan hasil penelitian dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa tukang kebun memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, serta mempunyai risiko obesitas lebih sedikit. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari latihan fisik yang lebih meningkat saat melakukan aktivitas berkebun.

Mengurangi Stres

Manfaat berkebun bagi kesehatan selanjutnya dapat mengurangi stres. Melakukan aktivitas berkebun diketahui dapat mengurangi kondisi stres dan memberikan stimulasi sensorik positif pada tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA, berkebun dapat membuat astronot mempunyai mental dan pikiran yang lebih sehat serta Bahagia saat berada di luar angkasa.

Dalam penelitian tersebut juga menemukan, bahwa menanam dan memelihara benih dalam pot kecil dapat memberikan suasana hati yang lebih baik. Dengan begitu, pikiran stres perlahan akan berkurang dan sehingga mental menjadi lebih sehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat berkebun bagi kesehatan yang tidak kalah penting dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Berdasarkan hasil penelitian British Journal of Sport Medicine, berkebun dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dan memperpanjang hidup hingga 30 persen. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kombinasi latihan fisik dan kondisi stres yang berkurang saat melakukan aktivitas berkebun.

Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan sistem imun tubuh juga termasuk salah satu manfaat berkebun bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Dalam hal ini, tubuh akan mempunyai sistem imun lebih kuat berkat bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam tanah.

Dengan begitu, semakin banyak melakukan kontak dengan tanah maka dapat membantu sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading