Sukses

Lifestyle

9 Penyebab Ponsel Cepat Panas yang Patut Diketahui Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Keberadaan ponsel saat ini seperti sebuah hal yang wajib. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, ponsel dapat menjadi partner manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Bentuknya yang simpel dengan beragam fungsi menjadikannya gadget ini paling banyak dicari.

Namun, secanggih apapun teknologi, pasti ada batasnya. Begitu juga dengan ponsel. Meskipun menjadi benda yang praktis, ponsel akan menjadi panas jika digunakan terus menerus. Jika sudah begini, tak jarang kinerja ponsel pun juga semakin melambat.

Penyebab ponsel cepat panas bisa bermacam-macam. Penggunaan yang berlebihan, baterai, atau kondisi software pada ponsel menjadi penyebab paling umum. Pastinya, kita sebagai pengguna harus bijak dalam memanfaatkan teknologi dengan baik. Jangan terlalu memaksakan penggunaan ponsel, karena hal tersebut justru dapat berdampak buruk bagi ponsel. 

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 9 penyebab ponsel cepat panas yang patut diketahui beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Terlalu Lama Bermain Game dan Menonton Konten Streaming

1. Bermain Game untuk Waktu yang Lama

Penyebab ponsel cepat panas yang pertama adalah penggunaannya untuk bermain game dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini tampaknya sering dilakukan oleh pengguna ponsel, mengingat akhir-akhir ini ada beberapa game sedang naik daun.

Meskipun menjadi hiburan dan pengusir rasa bosan, tidak seharusnya game tersebut menyala selama berjam-jam. Aplikasi game memiliki intensitas tinggi dan inti pemrosesan pusat pada ponsel, selain unit pemrosesan grafis, dapat membuat ponsel menjadi cepat panas.

2. Menonton Konten Streaming

Penyebab ponsel cepat panas yang kedua adalah penggunaan hp untuk menonton konten streaming. Mungkin kamu jarang atau bahkan tidak bermain game, namun jika kamu hobi menonton YouTube atau aplikasi yang serupa selama berjam-jam, tentu tidak ada bedanya.

Konten streaming yang kamu tonton di YouTube akan membuat ponsel harus memuat data video dan menjaga tampilan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama. Upaya dari hp ini dapat membuatnya menjadi cepat panas.

3. Pengaturan yang Tidak Optimal

Penyebab ponsel cepat panas yang ketiga adalah setelan pada ponsel. Setelan ponsel juga mempengaruhi jumlah energi yang digunakan. Tingkat kecerahan layar atau penggunaan wallpaper animasi dapat mempengaruhi daya baterai hp.

Cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar pada ponsel. Atur lagi pengaturan ponsel untuk meringankan beban pada CPU ponsel.

Ponsel Butuh Pembaharuan dan Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

4. Faktor Lingkungan

Penyebab ponsel cepat panas yang keempat adalah karena faktor lingkungan. Paparan sinar matahari menjadi penyebab paling umum kenapa ponsel menjadi panas akibat faktor lingkungan.

Selain itu kebiasaan meletakkan ponsel di dalam mobil pada hari yang terik juga dapat membuat ponsel menjadi panas. Mulai sekarang, perhatikan dimana letak ponsel. Jangan sampai ponsel milikmu kepanasan karena kecerobohan.

5. Aplikasi yang Butuh Pembaruan

Penyebab ponsel cepat panas yang kelima yaitu karena aplikasi yang tidak diperbarui. Mungkin kamu pernah mengalami bug pada salah satu aplikasi di ponsel.

Selain menjengkelkan, kondisi ini juga dapat membuat ponsel menjadi panas. Bug atau masalah pada aplikasi dapat membuat ponsel menjadi panas karena terlalu banyak menggunakan prosesor

Itulah kenapa pembaruan pada aplikasi sangat penting untuk memperbaiki bug. Pembaruan aplikasi juga akan membuat kinerja ponsel lebih baik.

6. Banyak Aplikasi Terbuka

Penyebab ponsel cepat panas yang paling umum lainnya adalah banyaknya aplikasi yang terbuka. Seringkali orang-orang membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya. Ini yang membuat pemakaian baterai terus berjalan dan membuat ponsel jadi lemot dan panas.

 

Masalah Malware dan Hobi Menggunakan Ponsel saat Dicas

7. Malware

Malware juga bisa membuat ponsel cepat panas. Ini karena malware seluler dapat terus menjalankan aplikasi, widget, atau proses berbahaya di latar belakang, membuat prosesor terus bekerja. Ini bisa menyebabkan ponsel mengeluarkan terlalu banyak panas. Hindari mengunduh aplikasi yang tidak berasal dari toko resmi atau membuka situs yang tidak jelas.

8. Masalah pada Baterai dan Charger

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai dan kabel chraging. Jika baterai atau charger sudah terlalu lama, maka panas berlebih smartphone dapat terjadi. Masalah pada baterai dan charger ini bisa menyebabkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya bisa berupa baterai yang rusak, kabel pengisian yang berkualitas buruk, atau masalah dengan port.

9. Menggunakan Ponsel Ketika di Charge

Menggunakan hp saat masih diisi daya sangat tidak disarankan. Ini bisa membuat ponsel panas dan akan cepat habis setelahnya. Jika terus dilakukan, tak menutup kemungkinan kebiasaan ini bisa merusak hardware dan bahkan meledakkan ponsel. Saat mengisi daya, pastikan menempatkannya ditempat yang sejuk dan rata. 

Cara Mengatasi Ponsel yang Cepat Panas

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi ponsel yang panas, diantaranya:

1. Hindari Cahaya Matahari

Cara termudah untuk mengatasi panas pada hp adalah dengan menjauhkan ponsel dari sinar matahari. Hal ini karena ponsel akan menangkap cahaya dan panas dari matahari kemudian menahannya. Semakin lama berada di bawah sinar matahari, maka ponsel bisa cepat panas.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas. Dengan mematikan aplikasi ini, kamu tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponsel.

4. Lepaskan Casing 

Jika ponsel terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponsel dapat mereda lebih cepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading