Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Tentang Startup, Cocok untuk Pemula Bisnis

Fimela.com, Jakarta Dinamika bisnis telah berubah dari yang konvensional, kini menggabungkan diri dengan kemajuan teknologi. Hal ini tentu bisa dilihat dari menjamurnya fenomena startup di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Dengan beragamnya kebutuhan di era teknologi sekarang ini, membuat startup bersama dengan tim yang dapat dipercaya adalah solusi atau alternatif yang potensial. Bagi mereka yang berminat dengan startup, pasti ingin belajar dari yang terbaik. Ada jutaan pengusaha yang sudah merilis atau mendirikan startup-nya.

Nah, perjuangan mereka dalam membuat startup pun diabadikan dalam tulisan-tulisan yang bukunya bisa kamu baca. Pastinya pengalaman dari para founder startup akan memperkaya perspektif yang kamu ingin ketahui saat membangun bisnis startup

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 5 rekomendasi buku tentang startup yang cocok untuk para pemula bisnis. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. The Lean Startup

Sesuai judulnya, buku ini ditujukan untuk kamu yang ingin membangun startup di tengah kondisi bisnis yang dinamis. Sebab startup memang  identik dengan ketidakpastian dan situasi yang mudah berubah-ubah sehingga kerap mengakibatkan kegagalan alias bangkrut.

Menariknya, buku ini akan menyajikan metode baru yang efektif dalam menjalankan startup. Buku ini menawarkan strategi yang memungkinkan startup untuk beradaptasi dengan risiko dan biaya minimal dalam waktu yang singkat.

2. Hooked

Berikutnya, rekomendasi buku yang perlu dibaca oleh kamu jika ingin membuat produk bisnis adalah Hooked. Buku ini ditulis oleh Nir Eyal dan isinya menjelaskan secara detail tentang bagaimana kebiasaan dapat terbentuk dengan sebuah aplikasi. Framework yang digunakan disebut dengan HOOK yang berisi Trigger, Action, Reward, dan Investment.

3. Zero To One

Selanjutnya, buku yang juga tidak boleh kamu lewatkan untuk memahami prinsip bisnis adalah Zero To One yang ditulis oleh Peter Thiel bersama Blake Masters. Secara garis besar, buku  ini menjelaskan bagaimana cara sebuah perusahaan membangun monopoli dan, yang terpenting, bagaimana mempertahankan monopoli tersebut.

4. The Hard Thing About Hard Things

Nah, buku yang satu ini adalah buku yang wajib kamu miliki karena dalam buku ini akan diungkapkan semua masalah, hambatan, dan rintangan yang mungkin terjadi saat kamu membangun startup. Buku yang ditulis oleh Ben Horowitz (of Andreessen Horowitz) banyak bercerita tentang kesulitan dan dan kebijaksanaan dalam stratup, sebuah sintesis dari blog populer Ben’s Blog.

Selain itu, buku ini juga akan memaparkan cara merekrut orang, memecat orang, exist startegy, dan cara menjadi seorang pemimpin yang hebat ada di dalam buku ini. Mengutip isi buku ini, "Learn from the best, and maybe laugh a little on the way."

5. The Startup Owner's Manual

Sesuai judulnya, The Startup Owner's Manual karya Steve Blank dan Bob Dorf adalah buku yang berisi panduan untuk menjalankan perusahaan startup dengan benar. Buku ini juga membimbing para pelaku usaha melalui proses customer development, dimana mekanisme ini sangat baik untuk mengembangkan produk-produk unggul yang akan dibeli para pelanggan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading