Sukses

Lifestyle

8 Penyebab Email Tidak Masuk yang Sering Menjadi Masalah

Fimela.com, Jakarta Email merupakan salah satu surat elektronik untuk mengirim pesan, dokumen, data, dan sebagainya. Email sendiri merupakan salah satu alamt resmi yang kita miliki di dunia maya, dengan adanya meail kita tentu dapat terhubung dalam berbagai jenis kegiatan internet, seperti Facebook atau Instagram yang pendaftarannya membutuhkan email.

Pada zaman sekarang perkembangan email sudah semakin pesat dan sangat beragam, kita dapat mengirim file, foto, video, chat, ataupun lainnya dengan teman atau keluarga. Perkembangan email yang pesat tentu tak selalu memiliki hasil yang baik, beberapa masalah juga akan kita hadapi saat menggunakan email.

Masalah diantaranya adalah email yang sudah di kirim tidak masuk atau kita tidak dapat mengirimkan email ke penerima. Masalah ini tentu cukup serius dan membuat kita kesulitan untuk mengakses beberapa hal penting, saat kamu merasa tidak ada email masuk yang sudah di kirim tentu akan merasa panik. Nah, berikut beberapa penyebab email tidak masuk yang bikin penasaran: 

1. Tidak Memiliki Banyak Waktu

Meskipun terkadang email dianggap sebagai bentuk komunikasi yang instan, hal ini tak selalu terjadi dan terdapat beberapa masalah. Jika kamu mengharapkan email yang masuk, maka jangan berharap pesan tersebut akan kamu cepat terima. Terkadang email yang kamu miliki akan diteruskan melalui beberapa lompatan dari satu server ke server lain dalam perjalanan ke server yang kamu miliki.

Dalam beberapa kasus, mungkin email yang masuk akan terlalu cepat tetapi terkadang beberapa masalah lainnya juga akan membuat email yang masuk harus menunggu beberapa jam. Hal ini penting kamu perhatikan, bahwa email yang akan kamu kirim tak selalu masuk ke penerima secara langsung. Ada baiknya jika seseorang membutuhkan dokumen atau file tersebut, kamu dapat mengirimkan beberapa jam sebelum mereka butuhkan. 

2. Masalah Koneksi

Masalah koneksi terkadang menjadi salah satu alasan mengapa kamu tidak menerima email secara langsung atau lebih cepat dari biasanya. Saat kamu memiliki masalah dengan koneksi internet di gedung atau koneksi pengirim mengalami kehilangan sinyal, maka diantara kalian perlu memperhatiakn kestabilan koneksi internet. 

3. Pengirim Tidak Menulis Alamat Email dengan Benar

Sangat mudah untuk melakukan kesalah kecil saat mengirim email kepada penerima, saat kamu memberikan alamat email melalui telfon sangat mudah bagi pengirim mengalami kesalah penulisan nama. Saat kamu akan mengirim email pastikan untuk menulis sesuai dengan format yang tertera, seperti huruf kapital atau kecil dan penggunaan angka. 

4. Email Tidak Sengaja disimpan Sebagai Draft

Pengirim juga mungkin telah menyimpan email kamu sebagai draft daripada mengirimkannya secara langsung, terkadang pengirim juga tidak sengaja memasukkan pesan ke dalam draft yang membuat pesan tersebut tidak langsung dikirim. Bahkan saat pesan tersebut berada di folder "Item Pengirim" hal itu tidak berarti bejalan dengan benar dan telah meninggalkan sistem dan filter email mereka dengan baik. 

5. Email ditandai Sebagai SPAM

Penyedia layanan email yang baik tentau akan memiliki filter SPAM yang canggih dan dapat mendeteksi email mana yang sah untuk dikirim dan tidak. Namun, beberapa dari mereka tidak selalu mengandalkan dan terkadang beberapa email yang harus dikirim akan tersangkut di internet. 

Untuk menghindari terjadi hal seperti ini, kamu perlu memeriksa apakah email dari seseorang yang kamu kenal dipindahkan ke folder SPAM atau tida, jika hal itu terjadi kamu dapat menandainya sebagai mode aman. 

6. Email Berisi Lampiran

Email yang berisi lampiran terkadang dapat diblokir, meskipun jenis file ini seperti dokumen Word, PDF, dan Spreadsheet Excel biasanya dengan mudah dapat dilewati dan terkadang dapat menimbulkan masalah. Ketika dokumen Word/Excel berisi makro, biasanya akan diblokir karena berisi alasan adanya bahaya dari malware yang diselundupkan melalui makro. 

Saat mengirim file yang sangat penting dan besar sangat disarankan untuk menggunakan applikasi transfer file yang aman daripada membuat zip. Hal ini dikarenakan zip dapat digunakan untuk mengirim dan memnbongkar malware seperti CryptoWall. 

7. Email dikirim ke Alamat Grup

Jika perusahaan kamu menggunakan alamat grup seperti penjualan @ atau dukungan @ kemungkinan email tersebut dikirim ke sana dan bukan ke kontak masuk pribadi yang kamu miliki. Kamu perlu memeriksa siapa yanga da di dalam grup, karena mungkin mereka akan menerimanya. 

8. Pengaturan Outlook

Kamu perlu memeriksa apakah tidak memiliki kumpulan aturan Outlook yang mungkin memindahkan atau memblokir email. Kamu juga dapat memeriksa folder sampah dan clutter untuk melihat apakah email tertentu sedang dipindahkan ke sana atau tidak. Jika iya, hal inis eringkali berisi kata SPAM atau lampiran yang tidak dipercaya Outlook atau karena Clutter mencoba mengurangi beberapa masalah, sedangkan kotak masuk mempelajari apa yang mereka terima dan tidak. 

Saat kamu mengetahui email yang sudah dikirim dan tidak masuk oleh penerima, tentu akan membuat kamu bertanya apakah penyebab yang membuat masalah tersebut terjadi. Tetapi terkadang hal ini terjadi bukan karena koneksi yang kamu miliki, terkadang hal ini dikarenakan isi pesan yang mengandung SPAM.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading