Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Pikiran Negatif yang Membuat Hidup Tidak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela memiliki pikiran negatif? Pemikiran negatif bisa membuat hidup menjadi tidak bahagia. Bahkan pikiran negatif bisa membuat situasi menjadi semakin buruk, dan membuat kepahitan atau kedukaan dalam hati serta pikiran.

Pikiran negatif adalah suatu penilaian diri terhadap lingkungan dan situasi. Jika Sahabat Fimela terus menerus menilai situasi dengan negatif, maka hal ini akan merugikan diri sendiri. Entah dalam lingkungan sosial, pekerjaan, keluarga maupun hubungan asmara.

Penyebab pikiran negatif ada berbagai macam. Salah satunya adalah trauma atau luka masa lalu. Berikut penyebab pikiran negatif yang harus dihindari, karena membuat hidup menjadi tidak bahagia:

Penyebab Pikiran Negatif

1. Trauma Masa Lalu

Penyebab pikiran negatif yang pertama adalah karena memiliki trauma masa lalu. Trauma ini bisa dialami sejak kecil yang terbawa hingga dewasa. Bahkan bisa terjadi karena mengalami masa lalu yang buruk saat dewasa. Trauma masa lalu bisa disebabkan oleh keluarga, pasangan, sahabat maupun orang yang tidak dikenal. Pikiran negatif ini muncul karena tidak dapat percaya dengan orang lain lagi, akibat pernah dikecewakan dan disakiti.

2. Memiliki Ketakutan Akan Masa Depan

Pikiran negatif bisa muncul karena terlalu takut akan masa depan. Hal ini membuatmu memikirkan tentang hal buruk atau hal menakutkan akan dialami di masa depan. Padahal masa depan tidak akan menjadi buruk, jika kamu menjalani kehidupan dengan optimis. Takut akan masa depan bisa membuatmu terpuruk dan menjadi pribadi yang tidak maju.

3. Tidak Percaya Diri

Jika Sahabat Fimela memiliki rasa tidak percaya diri, maka pikiran negatif akan muncul terhadap diri sendiri maupun orang lain. Saat merasa tidak percaya diri, ada banyak pikiran negatif yang mengutuk diri sendiri, kemudian memunculkan perasaan iri terhadap orang lain. Sehingga tidak dapat menilai situasi dengan positif dan tidak yakin dengan pencapaian diri sendiri.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Berdoa

Cara pertama menghilangkan pikiran negatif adalah dengan berdoa. Sahabat Fimela dapat mengambil waktu sebentar untuk menenangkan diri, lalu mengambil sikap kusyuk dan berdoa kepada Tuhan. Mintalah pengampunan pada Tuhan, kemudian mintalah Tuhan untuk menuntun langkahmu. Jika sudah berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan, maka hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang.

2. Mengevaluasi Pikiran

Saat mengalami pikiran negatif, ambilah kertas atau buku tulis kosong, dan mulailah menulis atau mengevaluasi isi pikiranmu. Tuliskan segala hal yang membuat pikiran terasa penuh. Tuangkan kedalam tulisan, sehingga semua hal negatif tercurahkan dalam tulisan itu. Kemudian buanglah atau bakar tulisan tersebut, dan mulai membuka pikiran menjadi lebih positif.

3. Melakukan Aktivitas Positif

Jika selalu berpikiran negatif, maka suasana hati akan berubah menjadi sedih, marah dan tidak ada kedamaian. Untuk menghilangkan situasi negatif ini, ada baiknya untuk melakukan aktivitas positif. Cobalah untuk melakukan olahraga di luar ruangan, seperti berlari, bersepeda atau berenang. Dengan melakukan aktivitas positif, maka perasaanmu akan lebih damai dan pikiran lebih tenang.

4. Berteman dengan Lingkungan Positif

Selain melakukan aktivitas positif, tentu saja Sahabat Fimela harus memilih lingkungan yang positif. Sebisa mungkin hindari pergaulan atau relasi yang membuatmu merasa insecure atau tidak percaya diri. Karena hal ini akan mempengaruhi pikiranmu, dan membuat aura menjadi negatif. Ada banyak lingkungan positif yang membuat hidup menjadi lebih bahagia.

5. Mengucap Syukur

Cara yang terakhir adalah mengucap syukur. Walaupun cara ini sering dianggap sepele, tetapi mengsyukuri segala sesuatu, dapat membuat hidup menjadi lebih tenang dan damai. Hal sekecil apapun harus disyukuri dan pandanglah sesuatu dengan positif. Jika kamu bisa mengubah situasi menjadi positif dengan pikiran yang positif, maka kehidupanmu akan dipenuhi rasa bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading