Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu akan menyalakan laptop dan sudah menunggu lama teyapi tak kunjung nyala tentu akan membuat kamu kesal. Atau bahkan ketika kita menekan tombol daya pada laptop dan membuatnya hidup dan mati lagi.

Masalah yang sering terjadi pada penggunaan, laptop yang tidak mau menyala tentu akan menjadi pengalaman yang tahu apalagi saat kita mengandalkan nya sebagai perangkat utama mengerjakan pekerjaan. Tapi apakah kamu sudah mencoba untuk menekan tombol power untuk menyakakannya?

Laptop yang tidak mau menyerah tentu akan mengganggu aktivitas kita seharian, apalagi ketika kita sangat membutuhkan laptop. Tak hanya itu masalah ini juga tidak mudah diatasi, jika kamu mengalami ya perlu pergi ke teknisi untuk memperbaikinya. Berikut beberapa penyebab mengapa kamu tidak mau menyala:

1. Masalah Daya

Setelah menekan tombol daya dan sistem, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa apakah charger laptop terhubung ke sumber listrik, pastikan jika itu tidak menyala akan membuat baterai lemah. Baterai yang lama tentu akan membuat laptop kesulitan minyak dan terkadang akan membuat laptop mati sendiri.

2. Masalah Monitor atau Tampilan

Hal ini dapat terjadi pada laptop bisa jadi tampilan laptop mengalami keadaan si mode dan susah untuk dimunculkan, pada tahap ini coba matikan laptop sepenuhnya dengan menahan tombol power sampai mati kemudian tekan tombol power untuk merestart.

Jika kamu menggunakan komputer dan memiliki daya setelah menekan tombol daya, lampu daya akan menyala dan kipas biasanya. Monitor yang kamu miliki mungkin mengalami beberapa masalah yang bervariasi, kamu dapat mengecek monitor terhubung dengan benar ke sumber listrik atau tidak.

3. Masalah Komponen Internal

Ada kemungkinan beberapa komponen perangkat keras yang terlepas atau di kencang kan. Akan tetapi jika hal ini terjadi ada baiknya kamu pergi ke teknisi untuk memperbaiki nya karena hal ini membutuhkan pengetahuan atau keahlian agar tidak dapat merusak laptop lebih jauh..

4. Perangkat Eksternal

Kamu dapat memeriksa apakah memiliki perangkat keras eksternal seperti hard drive eksternal, keyboard, kamera, dan lain lainnya. Karena mereka dapat menjadi salah satu penyebab laptop tidak mau menyala.

5. Masalah Booting

Jika layar biru muncul dengan opsi booting, ada baiknya untuk mengikuti instruksi di layar dan pilih opsi booting yang sesuai. Akan tetapi masalah puting ini biasanya terjadi pada komputer karena adanya proses penyalaan komputer awal sampai pengambilan sistem operasi penuh terhadap perangkat, hal ini juga identik dengan BIOS atau basic input output system.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Mau Menyala

  • Periksa Layar : coba untuk memutuskan sambungan layar eksternal apapun termasuk proyektor san monitor untuk mematikan tidak ada yang menghentikan laptop untuk boot ke windows.
  • Cabut dan Lepaskan Driver USB atau Kartu Memori : Penyebab klasik satu ini adalah driver USB atau kartu memori yang tersisa dimasukkan ke port USB atau pembaca kartu, biasanya kamu akan melihat pesan kesalah seperti “sistem operasi yang tidak ditemukan” yang dapat menyebabkan kepanikan yang tidak perlu.

Masalah laptop yang tidak mau menyala tentu sering terjadi, selain itu masalah ini juga dapat disebabkan karena adanya faktor eksternal maupun internal pada laptop. Laptop yang tidak mau menyala juga dapat kamu atasi, akan tetapi jika kamu ragu ada saatnya untuk memperbaiki ke teknisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading