Sukses

Lifestyle

5 Penyebab AC Kurang Dingin yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Air Conditioner atau yang sering disebut sebagai AC kini menjadi alat yang lumrah digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan. Apalagi di negara beriklim tropis seperti Indonesia, AC sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat. AC juga menjadi barang yang tidak akan luput ada di setiap ruangan di kota-kota besar untuk mengatasi panasnya udara metropolitan.

Hal itu tidak mengherankan karena mesin AC bekerja untuk menstabilkan suhu udara dalam ruangan. Selain itu, AC juga memberikan kelembapan suatu area sehingga udara dapat terasa lebih sejuk dan dingin. Kondisi udara ruangan yang sejuk tentu saja dapat memberikan kenyamanan tersendiri.

Sayangnya, dalam keadaan tertentu, sering kali terjadi berbagai masalah yang menyebabkan mesin AC tidak dapat berfungsi optimal. Bahkan tidak jarang, mesin AC yang menyala tidak dapat mengeluarkan udara dingin. Kira-kira, apakah penyebabnya? 

Berikut adalah 5 penyebab AC kurang dingin yang jarang diketahui. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

 

1. Freon AC yang Habis atau Sudah Berkurang

Penyebab AC tidak dingin yang pertama adalah karena habis atau kurangnya gas pendingin, yakni gas Freon atau Puron. Gas Freon pada AC mengandung zat klorin, hidrogen, dan broming yang bisa membuat AC menjadi dingin. Apabila AC tersebut kekurangan gas pendingin maka otomatis kemampuan mendinginkannya juga akan berkurang jauh.

Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk selalu rutin memeriksa kapasitas dari gas pendingin AC setiap 6 bulan secara berkala agar kamu dapat memastikan bahwa jumlahnya mencukupi.

 

2. Jarang Membersihkan Filter AC

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa filter sebagai salah satu unit pendingin AC harusnya rutin dibersihkan. Filter yang tidak dibersihkan akan menjadi kotor. Jika sudah begitu, maka kotoran dan debu dapat menghmat aliran udara dingin pada AC.

Untuk itu, kamu dianjurkan agar rutin membersihkan filter AC. Kamu juga perlu menggantinya jika filter AC sudah berwarna, sebab hal ini tentu tidak baik pula untuk kualitas udara yang dihasilkan dan akan dihirup selama di dalam ruangan. 

 

 

3. Terjadi Kebocoran pada Gas Pendingin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gas pendingin memang memiliki peranan penting untuk memaksimalkan fungsi AC. Namun, Ac bisa mnejadi kurang atau tidak dingin jika terjadi kebocoran pada saluran gas. 

Kebocoran pada saluran gas pendingin seringkali terjadi. Hal ini akan menyebabkan gas pendingin tidak bisa masuk secara sempurna ke dalam AC dan menyebabkan unit menjadi tidak dingin.

Maka dari itu, kamu perlu memerika saluran gas pendingin jika terdengar suara desis karena itu merupakan pertanda bahwa bahwa saluran gas mengalami kebocoran. Pastikan untuk mengganti selang saluran gas yang sudah getas dengan yang baru dan memasangnya secara sempurna.

4. Masalah pada Sistem Listrik

Jika bukan dari AC, berarti masalahnya bisa berasal dari sistem listrik yang ada di rumahmu. Instalasi AC yang dilakukan secara tidak tepat bisa memberikan masalah terhadap kemampuannya mendinginkan udara.

Selain itu, sistem kelistrikan yang bermasalah juga bisa mengakibatkan korsleting dan sangat berbahaya untuk digunakan. Maka dari itu, pastikan semua instalasi pemasangan komponen AC sudah dipasang secara tepat agar kamu dapat menghindari bahaya yang ditimbulkan akibat korsleting listrik. 

5. Pengaturan AC yang Salah

Terakhir, kesalahan paling sederhana yang mungkin saja dilakukan oleh para pengguna AC adalah tidak memahami pengaturan AC dengan baik. Di dalam sebuah AC terdapat banyak sekali sistem pengaturan yang bisa kamu pilih. Apabila kamu salah mengatur opsi pada unit AC tersebut maka otomatis udara yang dikeluarkannya menjadi tidak dingin.

Maka dari itu, selalu periksa dan bacalah baik-baik buku petunjuk manual dari AC agar kamu mengetahui setiap fungsi dari pengaturan dan fitur yang terdapat di unit AC tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading