Sukses

Lifestyle

Tips Financial Freedom bagi Generasi Sandwich, Hidup Tenang dengan Uang yang Cukup

Fimela.com, Jakarta Generasi sandwich menjadi istilah yang akrab didengar akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena semakin banyak orang yang berada di dalam kategori generasi sandwich. Istilah generasi sandwich merupakan sebutan bagi seseorang yang terhimpit harus membiayai dirinya dan keluarganya seperti orangtua, sehingga pengeluarannya cukup besar dan membuat dirinya sulit menyisihkan uang untuk masa depannya. 

Lalu apakah generasi sandwich bisa mencapai merdeka finansial?

Dikutip dari berbagai sumber, generasi sandwich sangat mungkin mencapai merdeka finansial. Namun ada beberapa hal yang harus diprioritaskan sehingga tabungannya tercukupi dengan baik. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini. 

Siapkan dana darurat dan proteksi

Miliki dana darurat sangatlah penting. Jangan berinvestasi jika keuangan belum cukup. Pastikan cukupi kebutuhan dana darurat dan proteksi seperti asuransi dan dana kesehatan minimal BPJS sangatlah penting. Jadi dengan upaya tersebut, maka kamu bisa mengoptimalkan keuangan yang terbatas.

 

Tegas dan prioritaskan bantuan

Bagi seseorang yang menjadi generasi sandwich, biasanya ada seseorang yang berada di usia produktif namun menggantungkan hidupnya ke orang lain sehingga membebani orang yang mencari nafkah. Oleh sebab itu, bantulah seseorang yang memang berada di usia non produktif, seperti di bawah umur atau lanjut usia, sehingga hal ini mampu membuat keuangan jadi lebih ideal. 

 

Berinvestasi saat keuangan aman

Pilihlah instrumen investasi yang kamu ketahui dengan baik seluk beluknya. Dan lakukanlah secara rutin, dengan bujet yang sudah ditentukan setiap bulannya. Ada baiknya jika penghasilan bertambah, tambahlah pula dana yang akan disisihkan untuk investasi.

Hal itu disebabkan karena, semakin besar dana yang disisihkan, semakin cepat pula bagi kamu untuk merealisasikan tujuan keuangan dan merdeka finansial.

Edukasi keluarga untuk melek finansual

Melek finansial sangatlah penting. Oleh sebab itu, pastikan agar orang terdekat memahami pentingnya mengatur keuangan sehingga ia bisa memahami pentingnya melek finansial dan tidak membebani siapapun di kemudian hari. 

 

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading