Sukses

Lifestyle

Penyebab Paha Besar dan Cara Mengecilkannya

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, kurus adalah standar kecantikan yang harus dipenuhi. Terkadang menjadi kurus adalah salah satu kunci menjadi percaya diri. Maka wajar jika merasa tak percaya diri jika ada beberapa bagian tubuh yang terlihat besar, seperti paha dan betis.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan paha dan betis terlihat besar. Namun jangan khawatir, paha dan betis yang terlihat besar sebenarnya bisa dibuat jadi mengecil kok. Namun diperlukan berbagai cara dan harus dilakukan secara konsisten.

Berikut berbagai penyebab paha terlihat besar dan cara mengecilkannya.

Penyebab Paha Besar

1. Kelebihan Lemak

Paha adalah tempat terakhir berkurangnya lemak. Biasanya setelah tubuh bagian lain kencang dan mengecil, barulah lemak di paha terkikis. Hal ini mungkin menyebabkan paha menjadi membesar dan kamu merasa sulit untuk mengecilkan paha.

2. Kurang Mengonsumsi Serat

Selain kelebihan lemak, paha yang membesar juga bisa disebabkan oleh lemak yang berlebih karena kamu kurang mengkonsumsi makanan berserat. Alhasil, bentuk paha pun akan ikut membesar dengan sendirinya.

3. Faktor Genetik

Penyebab paha membesar yang kedua adalah karena faktor genetik. Coba saja kamu perhatikan bentuk paha dari orangtuamu atau saudara-saudaramu. Jika mereka memiliki paha yang besar biasanya kamu pun mendapatkan ukuran yang tidak jauh beda.

Faktor genetik memang mempengaruhi penimbunan lemak pada tubuh terutama paha. Namun, kamu tidak perlu khawatir, paha tetap bisa dikecilkan dengan olahraga rutin yang tepat. 

4. Pengaruh Hormon Estrogen

Hormon estrogen membuat bokong, paha, dan pinggul menjadi lokasi untuk menimbun lemak. Saat perempuan mengalami PMS, hormon estrogen akan menjadi fluktuatif. Akibatnya tubuh akan mudah melebar. 

5. Olahraga yang Bertumpu Paha

Penyebab paha besar dipicu oleh jenis olahraga yang kamu lakukan. Kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis olahraga bisa melunturkan lemak, terutama jika ingin mengecilkan lemak pada bagian paha. Ada beberapa jenis olahraga yang menggunakan tumpuan paha. Olahraga dengan berpangku pada paha akan membuat otot pada bagian paha membesar. 

Cara Mengecilkan Paha Besar

Berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha yang besar:

1. Jalan Kaki

Rutin berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit dapat membantu mengecilkan betis dan paha. Tidak hanya itu dengan berjalan kaki setiap harinya kamu dapat tampak lebih segar. Hanya selama 30 menit per harinya, jalan kaki merupakan cara paling efektif untuk mengecilkan paha dan betis yang melebar.

2. Jogging

Melakukan jogging sebagai salah satu olahraga kardio yang dapat mebakar lemak pada paha dan betis secara efektif. Lakukan secara rutin selama 30 menit. Selain paha dan betis bakal menjadi lebih kecil, jogging juga membuat tubuh semakin sehat.

3. Naik Turun Tangga

Kamu bisa mengecilkan paha dengan cara naik turun tangga, aktivitas ini dapat mengecilkan lingkar paha dan betismu karena tubuh sedang melakukan gerakan pembakaran kalori pada kedua kakimu, sehingga dapat mengecilkan bentuk kakimu yang semula lebar.

Itulah penyebab paha besar dan cara mengecilkannya. Jangan lupa atur pola makanmu agar pahamu lebih cepat mengecil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading