Sukses

Lifestyle

5 Sikap Karismatik yang Membuatmu Tak Butuh Validasi Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita membutuhkan validasi orang lain hanya agar merasa berharga. Padahal jika bisa menciptakan rasa aman dan nyaman itu sendiri di dalam diri, maka kita tak akan butuh lagi validasi atau pengakuan orang lain. Justru itulah yang akan membuatmu memiliki karisma yang mengagumkan di mata orang lain. Tentu menciptakan hal itu tidak mudah dan butuh pembiasaan. Tapi jika kamu ingin memiliki sikap akrismatik yang membuatmu tak butuh validasi orang lain, sekian sikap ini perlu diterapkan.

1. Percaya diri dan mandiri

Ketika memiliki kepercayaan diri dan kemandirian di dalam diri, validasi orang lain secara alami tidak akan menjadi fokus hidupmu. Kamu tidak butuh pengakuan orang lain untuk merasa berharga. Kamu tahu nilai dirimu, tahu cara menghargai diri sendiri, tahu apa yang kamu yakini dan apa yang paling penting untukmu. Pujian dan sanjungan orang lain bagaikan topping manis di atas kopi yang tidak selalu kamu minum, dan itu tak masalah sama sekali, bukan kebutuhan primermu.

2. Tak tertarik membuat orang lain terkesan

Orang yang tak butuh validasi orang lain seringkali tidak tampil cantik, baik atau pun mewah demi mendapatkan pujian. Ia tidak tertarik membuat orang lain terkesan, ia melakukan apa pun untuk menyenangkan dirinya sendiri. Menurutnya, itu adalah kepuasan dan kebahagiaan sejati. Terserah orang mau berpendapat apa, selama ia tidak merugikan siapa pun, maka ia melakukan apa yang membuat dia nyaman. Ia tidak membual tentang harta atau pencapaian yang tak pernah ia miliki hanya demi diakui.

3. Menerima kekurangan diri sendiri

Orang yang tidak butuh pengakuan siapa pun akan nyaman menjadi dirinya sendiri, termasuk menerima kekurangannya. Ia merangkul apa yang menjadi kondisi dan situasinya. Jika dia bukan orang kaya, ia tak akan pura-pura hidup bermewah-mewah bagai sultan, ujung-ujungnya pakai uang orang atau terlilit pinjol. Ia mengakui ia lemah dalam keterampilan A dan B, maka ia belajar dan melatih diri agar bisa menjadi lebih baik sehingga mengurangi kelemahannya. Itu yang ia utamakan dalam hidup.

4. Pertemanan yang selektif

Siapa yang menjadi teman-temanmu seringkali membentuk seperti apa dirimu. Lingkaran pertemanan yang baik akan membuatmu baik, jika buruk maka akan membuatmu buruk. Jika kamu bertemu dengan orang-orang yang memilih teman karena status, pencapaian, gengsi atau seberapa besar kekayaannya secara duniawi, sebaiknya segera keluar dari circle itu. Orang yang tak butuh validasi siapa pun akan berteman dengan mereka yang jujur, realistis, dewasa dan fokus pada hal sederhana dalam hidup.

5. Percaya pada intuisi dan keyakinanmu

Pengakuan orang lain tidak lebih penting dari intuisi, keyakinan, nilai moral, atau filosofimu dalam menjalani hidup. Kamu memiliki batasanmu sendiri, kamu berani menolak apa yang tidak sesuai dengan keyakinan dan penilaianmu. Kamu tak perlu menyenangkan hati orang lain jika itu justru membuat sesak. Kamu berani menetapkan batasan sehingga tidak selalu menjadi pengikut. Meski demikian, kamu tetap menoleransi perbedaan dan memaklumi hal-hal di luar kuasamu.

Jika semua poin di atas ada pada dirimu, yakinlah kamu termasuk salah satu perempuan karismatik yang tak butuh validasi siapa pun selama ini.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading