Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Baik Hati yang Tulus dan Patut Dijadikan Panutan

Fimela.com, Jakarta Kebaikan hati dan sikap tidak pernah salah dilakukan, itu menandakan bahwa dirimu adalah manusia yang memiliki nilai positif di dalam dirimu sehingga akan menemukan kebaikan pula dalam hidup. Tapi sayangnya tidak semua orang benar-benar baik, terkadang orang-orang punya niatan buruk dan bersikap jahat. Tapi kamu pasti bisa mengenali orang-orang yang baik hati dan bisa dijadikan panutan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa orang yang bersikap baik kepada orang lain kemungkinan besar akan mendapatkan balasan yang sama baiknya dari orang-orang di sekitarnya. Dengan kata lain, tidak ada yang sia-sia ketika kamu bersikap baik pada orang lain, bahkan bisa jadi kebaikanmu justru menginspirasi orang lain untuk ikutan baik. Ini sekian tanda jika kamu orang baik yang pantas dijadikan panutan.

1. Pembawaan menyenangkan

Orang dengan isi hati yang baik akan secara alami menunjukkan sisi yang cerah, ceria dan menyenangkan. Ia seringkali terlihat murah senyum, ramah, suka menyapa dan memiliki pesona hangat bersahabat serta mudah didekati. Bahkan karena energinya yang positif, secara tidak sengaja ia bisa menularkan kegembiraan atau kebahagiaan kepada orang-orang di sekitarnya.

2. Baik adalah standar hidup

Orang yang benar-benar baik dan cocok dijadikan panutan selalu memilih kebaikan sebagai landasan hidup. Ia tidak peduli jika dunia menjadi lebih kejam karena banyaknya orang kepepet yang akhirnya bertindak jahat dan buruk. Ia tetap memilih bersikap baik kepada orang lain dengan tulus. Tak peduli seberapa kerasnya kehidupan menguji dirinya, ia tak suka mencelakakan orang lain demi keuntungan pribadi.

3. Memiliki empati yang besar

Tidak ada yang lebih mudah dikenali selain tanda kebaikan hati yang nyata karena empati. Orang yang mudah berempati terhadap kesulitan dan penderitaan orang lain kemudian terdorong untuk membantu meringankan beban adalah yang teraik dari semua jenis manusia. Ia memiliki sisi kemanusiaan yang tinggi sehingga merasa perlu menunjukkan kepedulian. Bahkan melihat hal-hal baik lain di dunia ini membuatnya tersentuh dan menitikkan air mata.

4. Melihat sisi baik orang lain

Orang baik akan cenderung melihat sisi baik dari orang lain dengan siapa pun ia berinteraksi. Ia juga kurang suka terlibat dalam percakapan gosip karena itu hanya akan jadi ladang keburukan. Ia tahu manusia tidak diciptakan sepenuhnya buruk, hanya saja kadarbaik buruknya berbeda-beda untuk setiap orang. Orang baik bukannya membiarkan diri mereka dibodohi atau ditipu orang lain, tapi ia hanya suka melakukan kebaikan karena keburukan pasti ada karma dan hukumannya sendiri.

5. Membuat orang lain merasa diterima

Sulit menjadi seseorang yang dilihat ketika kamu berada di sekeliling banyak orang dengan segala penilaian mereka. Bisa jadi kamu dianggap tidak menarik dan tidak layak dijadikan teman hanya karena penampilan atau barang-barang yang kamu gunakan. Orang juga mudah sekali menghakimi bahkan tanpa mengenali lebih dulu. Karena itu, jika ada seseorang yang baik, tulus dan ramah berada di dekatmu ketika yang lain mengabaikanmu, dialah orang baik yang patut kamu ingat. Orang baik mudah sekali membuat orang lain merasa diterima dan tidak diabaikan.

Jika menemukan semua tanda di atas pada dirimu sendiri, kemungkinan besar kamulah orang baik yang pantas jadi panutan tersebut, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading