Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Cerdas Tapi Tidak Bijaksana

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang cerdas secara intelektual memiliki sikap bijaksana. Tidak jarang justru kita bertemu dengan orang-orang yang pintar secara akal namun buruk secara moral. Mereka mungkin memiliki kelebihan dalam memahami hal-hal, memiliki banyak pengetahun dan keterampilan sehingga memudahkan dirinya meraih kesuksesan secara finansial, tapi terkadang mereka lupa caranya menyikapi sesuatu secara bijak dan bersahaja. Padahal ada lebih banyak hal dalam hidup ini selain IQ yang dimiliki.

Tentu saja, menjadi pintar itu bagus, tapi akan lebih baik lagi jika bisa menjadi bijak. Beberapa orang bisa dilihat apakah mereka pintar secara akal atau juga dibekali kebijaksanaan. Ini sekian tandanya.

1. Tidak mempertimbangkan perasaan orang lain

Menjadi orang yang jujur dan terus terang memang baik, tapi akan lebih baik jika memiliki sedikit empati dan sadar diri. Mudah sekali menjadi terlalu blak-blakan hingga menyakiti hati orang lain, padahal kita sendiri tak suka jika disakiti seperti itu. Ketika kita merasa diri sendiri sangat pintar dan cerdas, kita kehilangan kerendahan hati untuk menyaring apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan atau dikatakan pada orang lain.

2. Bersikap superior dan paling baik

Orang bisa cerdas secara pemikiran tapi tidak dewasa dalam bersikap, salah satunya adalah menunjukkan kesombongan dan keangkuhan dengan merasa dirinya yang paling baik dan superior ketimbang orang lain. Dari sikap ini juga menandakan bahwa kecerdasan emosional seseorang belum terlalu baik. Orang cerdas dan bijak mengambil pendekatan yang rendah hati dalam belajar mengenai kehidupan. Ia berpikiran terbuka bahkan untuk menyadari bahwa dirinya tidak lebih baik dari orang lain.

3. Mendefinisikan diri dari kecerdasannya

Orang yang pintar tapi tidak bijak seringkali mendefinisikan dirinya (dan orang lain) berdasarkan intelektualitasnya. Ia merasa sebagai orang yang sangat cerdas dan berkelas sehingga mudah meremehkan orang lain. Ia bangga dengan skor IQ tinggi yang ia dapat tapi kurang menyadari bahwa ada banyak orang dengan kecerdasan di atas dirinya. Sebaliknya untuk orang bijaksana, ia cenderung lebih berpengetahuan luas dan karenanya, ia lebih rendah hati.

4. Kurang memiliki common sense

Salah satu kelemahan orang pintar intelektual adalah kurangnya kepekaan atau sensibilitas. Sensibilitas orang cerdas dan bijak akan sangat kentara. Mereka cenderung memiliki kepekaan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang segala hal. Akal sehatnya berjalan dengan baik dan ia mengaitkan kecerdasan otak dengan nilai-nilai moral dan emosional yang diyakini secara umum. Tidak sulit baginya untuk memahami konteks-konteks pemahaman eksplisit dan implisit.

5. Terlalu fokus pada logika

Orang yang cerdas hanya berdasarkan intelektual akan mengorbankan isi hati, perasaan, emosional, sisi kemanusiaan atau insting sebagai takaran menilai sesuatu. Mereka hanya fokus pada logika, yang akhirnya membuat mereka seperti robot, dingin dan tak punya hati ketika membuat pilihan atau pun keputusan. Mereka juga cenderung kurang memiliki empati sehingga rentan menghalalkan segala cara demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Itu dia beberapa tanda jika seseorang hanya pintar secara akal tapi tak pintar secara emosional, alias tidak bijaksana.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading