Sukses

Lifestyle

Tips Menerapkan Afirmasi Positif yang Bisa Membuat Otak Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, mungkin kamu sudah familiar dengan konsep afirmasi, yaitu dengan mengulang-ulang pernyataan positif untuk mengubah pola pikir dan meningkatkan keadaan seseorang. Akan tetapi, apakah afirmasi benar-benar berhasil? Jawabannya, ya, afirmasi bisa berhasil dan benar terjadi.

Dilansir dari Identitiy Shift Affirmations, ketika seseorang mengulang afirmasi pada diri sendiri, ia pada dasarnya sedang memprogram otaknya untuk percaya pada apa yang dikatakan. Seiring waktu, hal ini dapat menghasilkan peningkatan dalam keterampilan berpikir dan pengambilan keputusan.

Afirmasi positf terbukti dapat meningkatkan suasana hati, rasa percaya diri, bahkan membantumu mencapai semua tujuan dan impian dalam hidup. Namun, tahukah kamu? Afirmasi positif bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Terdapat afirmasi positif untuk kecerdasan yang dapt membantu meningkatkan kemampuan kognitf.

Dilansir dari Happier Human, salah satu studi pada tahun 2014 menemukan bahwa peserta yang menggunakan afirmasi positif mengalami peningkatan dalam kontrol eksekutif dan kecerdasan fluida. Sementara studi neurofisiologis menunjukkan bahwa penggunaan afirmasi positif dapat meningkatkan kinerja tugas dan meningkatkan sensitivitas terhadap kesalahan, membuat individu lebih baik dalam menilai kinerja mereka. Penelitian lain juga menyoroti bahwa afirmasi diri dapat meningkatkan fungsi eksekutif, melibatkan aspek seperti informasi terkait tujuan, kontrol impuls, memori kerja, dan fleksibilitas kognitif.

Contoh kalimat afirmasi positif untuk meningkatakn kecerdasan

Berikut adalah contoh kalimat-kalimat afirmasi positif yang dapat meningkatkan kecerdasan:

  1. Saya memperkuat tubuh dan otak saya dengan kerja keras.
  2. Saya bersabar dengan diri saya sendiri saat mempelajari hal baru.
  3. Saya suka belajar!
  4. Saya memiliki kesempatan tak terbatas untuk menjadi lebih cerdas.
  5. Dengan merawat tubuh dengan baik, saya juga merawat pikiran saya.
  6. Saya sangat tertarik pada kesuksesan pribadi saya.
  7. Saya bertekad mencapai potensi maksimal saya.
  8. Saya memilih untuk menjadikan hari ini sebagai hari yang baik.
  9. Saya memiliki sikap positif.
  10. Belajar hal baru membuat saya tajam.
  11. Saya bisa belajar apa pun yang ingin saya pelajari.
  12. Saya mendapatkan cukup tidur.
  13. Mudah bagi saya untuk mempelajari informasi baru.
  14. Saya tidak terburu-buru saat belajar.
  15. Otak saya luar biasa kuat, dan itu membantu saya melakukan hal-hal luar biasa.
  16. Saya bersyukur dapat belajar.
  17. Saya menjaga pikiran dan tubuh saya sehat.
  18. Tantangan membuat saya lebih kuat.
  19. Saya makan makanan bergizi karena otak saya membutuhkan energi.
  20. Ilmu membuktikan bahwa otak saya selalu bisa belajar hal-hal baru pada setiap usia.

Cara menerapkan afirmasi untuk kecerdasan

Berikut adalah cara terbaik menerapkan afirmasi yang dilansir dari Identitiy Shift Affirmations:

  1. Pilihlah afirmasi yang paling sesuai dengan dirimu. Jika Sahabat Fimela merasa baik saat pertama kali membaca sebuah afirmasi, itu adalah pertanda baik bahwa afirmas itersebut mungkin menjadi pilihan yang baik dan sangat efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  2. Cara terbaik untuk menggunakan afirmasi adalah mengulanginya pada diri sendiri sepanjang hari atau mendengarkannya dalam rekaman. Ulangi afirmasi tersebut secara rutin, baik di pagi hari, sepanjang hari, atau sebelum tidur. Konsistensi adalah kunci.
  3. Sahabat Fimela juga bisa menuliskannya dan menempelkannya. Cobalah untuk menempelkannya di tempat-tempat strategis yang sering dilihat. Misalnya, di cermin kamar mandi, di meja kerja, atau di samping tempat tidur.
  4. Ucapkan atau pikirkan afirmasi dengan penuh emosi positif. Bukan hanya kata-kata, tetapi juga rasa percaya dan keyakinan bahwa afirmasi tersebut benar untukmu.
  5. Berikan waktu pada dirimu untuk melihat perubahan. Efek afirmasi mungkin tidak langsung terasa, jadi bersabarlah dan teruskan melatih afirmasi secara konsisten.

Afirmasi positif untuk kecerdasan telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kinerja kognitif dan fungsi eksekutif. Keberhasilan tersebut terutama terjadi ketika afirmasi tersebut difokuskan pada nilai-nilai inti dan karakteristik pribadi, bukan pada faktor eksternal.

Sahabat Fimela, setelah membaca informasi ini, cobalah untuk menerapkan afirmasi positif ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan praktik ini diharapkan dapat meningkatkan daya ingat, kinerja, dan kecerdasan secara keseluruhan.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading