Sukses

Lifestyle

8 Kebiasaan di Malam Hari yang Bantu Jaga Berat Badan Ideal

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal adalah impian dari semua orang. Namun sayangnya, memiliki berat badan ideal terkadang hanya jadi impian belaka. Banyak orang yang memiliki pola hidup tak tepat sehingga berat badannya justru makin meningkat setiap harinya. Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah kebiasaan di malam hari yang salah. Jika kebiasaan di malam hari benar, berat badan akan turun secara perlahan dan tetap berada di kondisi ideal. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa bantu jaga berat badan senantiasa ideal. Bahkan jika kamu tak melakukan program diet ekstrem sekalipun.

1. Porsi Makan Malam yang Seimbang

Pilih makanan yang seimbang dan tidak terlalu berat. Hindari makan berlebihan di malam hari dan pastikan makananmu mencakup protein sehat, sayuran, dan karbohidrat kompleks. Porsi makan malam seimbang dan tak berlebihan, tidak hanya bantu jaga berat badan ideal tetapi juga menstabilkan gula darah, tekanan darah dan kolesterol dalam darah. 

2. Hindari Camilan yang Tidak Sehat

Batasi makanan ringan yang tinggi lemak jenuh, gula, atau garam di malam hari. Pilih camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak. Bila perlu, hindari ngemil di malam hari terutama di atas jam 19.00 malam. 

3. Hindari Makan Malam Terlalu Larut

Cobalah untuk makan 2-3 jam sebelum tidur. Memberi waktu untuk pencernaan bisa membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Hindari kebiasaan makan malam terlalu larut. Paling malam sebaiknya tidak lebih dari jam 19.00 malam. 

4. Hindari Minuman Beralkohol atau Minuman Bersoda

Batasi konsumsi minuman beralkohol atau minuman bersoda di malam hari. Aneka minuman ini biisa mengganggu pola tidur dan memiliki kalori yang tinggi. Terbiasa minum keduanya tak hanya meningkatkan berat badan tetapi juga mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

5. Aktivitas Fisik Ringan

Lakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan singkat setelah makan malam. Ini membantu pencernaan dan membantu membakar sedikit kalori. Melakukan aktivitas ini akan membantumu menjaga berat badan ideal setiap harinya. 

6. Relaksasi Sebelum Tidur

Buat memiliki berat badan ideal, penting juga bagimu untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam sebelum tidur. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Ini juga membantu meningkatkan kebahagiaan dalam diri. 

7. Batasi Paparan Layar Gadget

Kurangi paparan layar gadget seperti ponsel atau laptop sebelum tidur. Cahaya biru dari layar dapat mengganggu pola tidur. Secara tidak disadari, ini juga bisa menyebabkan peningkatan berat badan. 

8. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7 sampai 9 jam setiap harinya baik di siang dan malam hari. Tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tidur yang cukup juga akan bantu menstabilkan berat badan di angka ideal atau yang diinginkan.

Penting untuk menjadikan kebiasaan ini sebagai bagian dari rutinitas malam yang konsisten. Kesadaran diri tentang pola makan dan aktivitas di malam hari, tak hanya membantu menjaga berat badan ideal tetapi juga menstabilkan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading