Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kecerdasan Otak di Atas Rata-Rata yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Otak cerdas seringkali ditunjukkan dengan banyak hal, tidak hanya dilihat dari skor IQ, apalagi banyak ahli merasa skor IQ tidak bisa begitu saja mewakili kecerdasan otak yang sebenarnya. Karena otak begitu rumit dan kompleks, ada banyak hal yang bisa dikaitkan dengan kecerdasan otak tingkat tinggi, bahkan dari kebiasaan sederhana sehari-hari. Ini beberapa tanda kecerdasan otak di atas rata-rata yang sering tidak disadari orang-orang.

1. Sikap santun dan pekerja keras

Orang cenderung percaya bahwa kecerdasan hanya tentang kemampuan mengingat dan mempelajari sesuatu, tapi jarang menyadari bahwa sesungguhnya kecerdasan seseorang justru terletak pada kecerdasan EQ yang kuat, dan itu bisa dilihat dari sikapnya yang sopan, santun, dan pekerja keras. Pada dasarnya, kedua karakteristik kecerdasan emosional tersebut membantu orang tumbuh, tidak mudah menyerah, bertahan di bawah tekanan maupun melalui kegagalan.

2. Dipercaya oleh banyak orang

Orang yang sekadar pintar secara logika akan kalah dengan orang yang dipercaya banyak orang. Bagaimana pun, orang yang dipercaya dan diandalkan banyak orang telah membuktikan bahwa dirinya memiliki kualitas khusus yang tak dimiliki orang lain seperti jujur, berdedikasi, konsisten, berkomitmen kuat dan bisa memegang tanggung jawab maupun menjaga rahasia. Tidak semua orang bisa dipercaya, maka sudah semestinya orang yang dipercaya banyak orang memiliki kecerdasan emosional di atas rata-rata.

3. Kreatif dan imajinatif

Menurut penelitian, semua orang cerdas belum tentu kreatif, tapi orang kreatif pasti cerdas. Kreativitas dan kecerdasan adalah dua hal yang berkaitan erat. Kreativitas dan imajinatif adalah kemampuan otak yang menakjubkan. Dari situlah ide dan gagasan muncul, inovasi dan hal-hal baru terbentuk. Segala bentuk pemikiran kreatif memerlukan setidaknya kemampuan pemecahan masalah, pemikiran luas dan sempit, perhatian terhadap detail, keterampilan dan pengetahuan khusus sehingga lebih kompleks dibanding berpikir normal.

4. Intuisi yang kuat

Memiliki intuisi yang bagus juga merupakan bukti kecerdasan di atas rata-rata. Mereka yang memiliki kapasitas kognitif tinggi cenderung lebih baik dalam menemukan solusi yang tepat dibandingkan mengoreksi atau mempertimbangkan penalaran logis untuk memecahkan masalah. Orang cerdas akan menggunakan akal dan perasaannya untuk menimbang segala sesuatu sehingga keputusan atau pilihannya menjadi lebih seimbang. Intinya, orang yang cerdas memiliki penalaran intuitif yang lebih baik dibanding orang biasa.

5. Kooperatif

Sikap kooperatif ternyata juga menjadi pertanda kecerdasan di atas rata-rata. Kemampuan seseorang dalam beradaptasi, menerima perubahan dengan cepat bahkan menyesuaikan diri di dalam tim untuk mencapai tujuan bersama merupakan kemampuan yang menandakan kecerdasan tingkat tinggi. Dalam Journal of Political Economy menarik kesimpulan bahwa orang yang cerdas cenderung pandai dalam memainkan peran kerja sama dan menahan ego pribadi demi mencapai tujuan atau kepentingan bersama.

Jadi jika kamu menemukan semua pertanda di atas di dalam dirimu, kemungkinan besar kamu cerdas di atas rata-rata juga, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading