Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Ini Bikin ‘Wajah Boros’ di Usia Muda, Cari Tahu Yuk!

Fimela.com, Jakarta Terkadang penampilan bisa saja nggak sesuai dengan usia seseorang. Ada yang memiliki penampilan seperti remaja, meski usia sudah nggak lagi muda. Namun, ada pula yang memiliki penampilan lebih tua, padahal usianya terbilang masih muda.

Orang-orang yang punya penampilan lebih tua ini sering banget mendapatkan julukan ‘wajah boros’. Jika ditanya sedih, ya tentu sedih dong. Tapi kamu wajib intropeksi diri dulu dengan baik. Sebab, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa seseorang memiliki wajah boros, selain karena faktor genetik. 

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bikin wajah jadi tampak lebih tua dibanding dengan usia sebenarnya. Apa saja?

1. Begadang

Buat yang hobi begadang, lebih baik kurangi dulu aktivitas nggak baik seperti itu. Selain dapat berdampak pada kesehatan, ternyata begadang juga akan berpengaruh terhadap penampilan diri sendiri. 

Waktu tidur yang kurang dianggap dapat mengganggu proses regenerasi kulit. Akibatnya kulit jadi kehilangan kelembapan alaminya dan sebabkan kekusaman serta penuaan. Jika semakin sering kamu begadang, maka kulit pun jadi akan semakin kusam dan tampak lebih tua. Oleh karena itu, penuhi waktu istirahat di malam hari dengan cukup dan perhatikan pula kualitas tidur yang kamu punya.

2. Hobi Rebahan

Para kaum rebahan, sebaiknya hati-hati mulai dari sekarang. Pasalnya, sering rebahan ternyata dapat memengaruhi kesehatan dan kecantikan pada kulit kamu, lho. Kok bisa? Ketika rebahan, otomatis tubuh akan jadi jarang bergerak dan berolahraga. Padahal, beberapa penelitian menyebutkan bahwa salah satu rahasia tampil awet muda adalah dengan rajin berolahraga.

Tubuh yang jarang olahraga dapat menyebabkan kulit jadi rentan terkena keriput dan bagian tubuh akan jadi bergelambir. Ini bisa terjadi karena tubuh mengalami penurunan fleksibilitas akibat kamu jarang melakukan pergerakan dan hanya menghabiskan sebagian besar waktu untuk rebahan saja. Untuk itulah, sempatkan waktu sesaat untuk olahraga dan kalau bisa minimalisir aktivitas rebahan mulai sekarang.  

3. Jarang Pakai Sunscreen

Kulit yang terpapar sinar UV matahari secara langsung faktanya dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itulah, kamu wajib memberikannya perlindungan agar berbagai dampak buruk dari sinar UV matahari bisa dihindari. Nah, untuk memproteksi kulit sendiri, kamu bisa banget mengandalkan sunscreen atau tabir surya.

Mengaplikasikan sunscreen sendiri bisa meminimalisir efek penuaan akibat paparan sinar matahari. Untuk itu, jangan sampai lupa menggunakan produk ini, di luar maupun dalam ruangan. Selain itu, aplikasikan ulang sunscreen pada kulit setiap 2 jam sekali, ya.

4. Sering Makan Makanan Manis

Makanan yang manis memang bisa menggoda siapapun. Tapi, siapa sangka jika makanan manis ternyata memiliki efek kurang baik terhadap kulit. Terlalu banyak makan makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Akibatnya, hal tersebut dapat memicu terjadinya peradangan dan jerawat pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya bijaklah dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis. 

Untuk menjaga wajah boros di usia muda, penting untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang merugikan kesehatan kulit. Tidur cukup, melindungi diri dari sinar matahari, serta menjaga pola makan seimbang tentunya dapat memberikan kontribusi besar dalam menjaga keindahan kulit. Dengan perubahan gaya hidup yang positif, kamu pun dapat memastikan bahwa kulit tetap segar dan bercahaya di sepanjang perjalanan usia muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading