Sukses

Lifestyle

Trik Menciptakan Interior Vintage di Rumah, Terapkan 5 Elemen Ini Yuk!

Fimela.com, Jakarta Menciptakan suasana rumah yang nyaman bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya interior tertentu yang bisa menjadi ciri khas sekaligus menggambarkan kepribadian pemiliknya. Selain itu, jika mengusung konsep tertentu, rumah juga terlihat makin cantik dan Instagramable.

Ada banyak gaya interior yang bisa diadopsi untuk membuat kesan rumah yang nyaman dan indah. Salah satunya adalah gaya vintage yang mengajak untuk bernostalgia ke era tahun 1900an. Tertarik untuk menjadikan rumah seolah menjadi mesin lorong waktu yang membawamu ke era 100 tahun lalu? Terapkan 5 elemen ini di dalam rumah untuk menciptakan kesan vintage tapi tetap terlihat modern!

Sentuhan Elemen Kayu di Lantai, Dinding, atau Plafon

Rumah dengan nuansa vintage identik dengan sentuhan elemen kayu di beberapa bagiannya. Misalnya saja penggunaan lantai atau papan kayu unfinished yang dilapisi karpet. Selain itu, elemen kayu juga ditemukan di area dinding dengan ciri khas penggunaan papan kayu unfinished yang disusun secara horizontal atau vertical. Sementara itu di area plafon, biasanya dibuat menjadi area cukup tinggi. Konsepnya sendiri bisa berupa plafon datar, runcing, atau terbuka yang memperlihatkan struktur bangunan.

Nggak harus menggunakan material kayu sungguhan, beberapa konsep vintage modern yang belakangan ini banyak diterapkan adalah penggunaan motif kayu yang melengkapi interior rumah. Misalnya saja keramik dengan motif kayu yang bisa memberikan sentuhan alami yang hangat sehingga ruangan pun tampak lebih elegan.

Dekorasi yang Mempercantik Ruangan

Ide lain untuk menciptakan kesan vintage di dalam rumah adalah dengan memanfaatkan furnitur yang mewakili konsep gaya tersebut. Ciri khas dari interior vintage sendiri adalah penggunaan furnitur yang kebanyakan terbuat dari kayu unfinished. Namun, material lain seperti metal juga banyak digunakan.

Kesan vintage juga bisa dihadirkan dari ornamen yang memiliki ukiran berbentuk lengkung atau hiasan floral yang menjadi daya tarik tersendiri. Ide lain yang bisa digunakan adalah produk crafts atau hasil kerajinan seperti kursi anyaman atau meja tanah liat.

Perhatikan Pencahayaan

Ciri lain dari konsep vintage adalah pencahayaan yang cenderung redup dan terkesan warm. Selain itu, bentuk lampu yang unik juga bisa memperkuat kesan vintage pada ruangan di dalam rumah, lho.

Misalnya saja lampu gantung atau lampu meja unik yang bisa menjadi elemen dekoratif mewujudkan rumah bergaya vintage impian. Kamu bisa memilih lampu gantung dengan bingkai logam yang memiliki kesan gaya Victorian. Nantinya, deretan lampu ini bisa menjadi statement style ruangan vintage yang kuat.

Gunakan Warna Pastel

Warna juga menjadi sentuhan penting dalam menciptakan konsep gaya vintage di dalam rumah. Nah, kamu bisa memilih warna vintage yang identik dengan sentuhan pastel yang mewakili sisi vintage yang modern. Misalnya saja mint, merah muda, atau lavender untuk memberikan kesan lembut yang manis.

Selain cat dinding, warna pastel ini bisa dihadirkan lewat penggunaan wallpaper, furnitur, atau keramik yang menghiasi dinding. Pilihan warna ini bisa memberikan kesan ceria di setiap sudut ruangan.

Seimbangkan dengan Furnitur Modern

Jika ingin konsep vintage terlihat lebih modern, kamu bisa memadukan dengan furnitur minimalis dan modern untuk kesan kontras yang menarik. Misalnya memadukan meja kayu vintage dengan hiasan dinding modern untuk memberikan kesan keseimbangan di dalam ruangan.

Ternyata, menarik banget kan ide menghias ruangan di dalam rumah dengan konsep vintage? Tergoda untuk menerapkannya di rumah? Yuk, lengkapi dulu daftar furnitur dan ornamen vintage yang bisa memperkuat interior di dalam rumah. Belanja langsung di toko furnitur atau e-commerce terpercaya untuk mendapatkan kualitas barang yang sesuai kebutuhan ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading