Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu Menghadapi Orang yang Iri dan Dengki Padamu

Fimela.com, Jakarta Seberapa sering kamu bertemu dan menghadapi orang-orang yang iri dan dengki kepadamu? Atau bisa jadi kamu tak menyadarinya selama ini? Beberapa orang memiliki kecenderungan merasa cemburu, iri dan dengki dengan pencapaian atau keberhasilan orang lain. Mereka rentan membandingkan diri dan mencari sisi buruk orang lain hanya karena mereka tak ingin 'kalah' saing. Kebiasaan ini tentu buruk, tapi kita tak bisa mengatur isi hati orang lain. Semisal kamu bertemu dan harus menghadapi orang-prang seperti ini, coba lihat tanda-tandanya sehingga kamu tak perlu sakit hati dengan mereka. Ini sekian tanda kamu sedang menghadapi orang yang iri dan dengki.

1. Mengabaikan pencapaianmu dan menekankan pencapaiannya

Kamu bisa saja bertemu dengan orang yang iri dengki tapi berpura-pura baik padamu, misalnya mereka akan memuji secara palsu tapi sebenarnya menghujat di dalam hati. Atau kamu bisa saja bertemu dengan tipe yang suka meremehkan pencapaianmu dan menekankan pencapaiannya sendiri. Ia akan mengabaikan apa yang telah sukses kamu lakukan dan sebagai gantinya menyombongkan apa saja yang sudah dia lakukan di depan banyak orang. Mereka tak suka membahas keberhasilanmu.

2. Memberi arahan yang menyesatkan

Orang yang merasa iri dan dengki kepadamu akan berusaha bersikap baik tapi sebenarnya menjerumuskan. Ketika kamu butuh bantuan atau saran darinya, secara meyakinkan ia akan mengatakan A, padahal itu justru buruk untukmu. Jika kamu tipe orang yang polos dan naif sehingga mudah percaya orang lain, hati-hati dengan sikap sok baik ini. Rekomendasi darinya mungkin tampak berguna tapi jika kamu pikir lebih jeli, ia sebenarnya ingin kamu salah pilih jalan dan gagal.

3. Memberimu banyak pertanyaan tak menyenangkan

Akan selalu ada orang-orang yang mendatangimu dan bertanya tentang hal-hal tak menyenangkan. Misalnya, "berhasil karena bantuan orang dalam ya?", atau "iya sih sukses, kira-kira backingannya siapa ya?, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin bisa menyinggung perasaanmu atau membuat orang lain ikut mempertanyakan dan meragukan keberhasilanmu. Ia akan suka sekali jika ternyata kelemahanmu terkuak dan orang lain ikut mencari-cari kesalahanmu.

4. Bahagia di atas penderitaanmu

Orang yang cemburu dengan pencapaianmu akan bahagia di atas penderitaanmu. Itu adalah kegembiraan yang tak terkira. Dari sini saja kita sudah tahu kalau dia bukan orang yang baik. Ia mungkin akan bersimpati di awal, tapi sebenarnya hatinya merayakan dengan lompat-lompat ceria. Jika kamu bisa mengabaikan mereka dan tetap tangguh, itu akan lebih baik. Jangan sampai kamu terlihat kalah, pesimis dan menyerah karena justru itulah yang diharapkan orang yang iri dan dengki padamu.

5. Gampang mengkritik pencapaianmu

Kritikan akan selalu datang seberapa besar pencapaianmu, beberapa orang mengatakan untuk kemajuanmu, beberapa orang mengatakan untuk menjatuhkanmu. Harus pandai-pandai menilai manakah kritikan yang membangun dan mana yang hanya ingin melemahkan mentalmu. Orang iri dan dengki akan sangat kompetitif terhadapmu, ia akan berusaha menunjukkan bahwa apa yang ia lakukan jauh lebih baik darimu, karena itulah ia semakin hari semakin sering mengkritikmu.

6. Menyela atau memotongmu saat berbicara

Orang-orang yang iri dan dengki dengan kehidupanmu akan berusaha memperlihatkan bahwa ia tidak menghargaimu. Itu terlihat dari caranya memotong pembicaraanmu di depan umum atau menyelamu saat berbicara untuk menarik perhatian orang lain pada urusan hidupnya. Dia sengaja membuatmu kesal atau merasa kecil, ia suka jika kamu marah dan kehilangan kesabaran menghadapi orang sepertinya. Ketika kamu marah, saat itulah kemenangan baginya.

Itu dia sekian tanda jika seseorang merasa iri dan dengki terhadapmu. Jangan sampai kamu kalah dengan kenegatifan darinya ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading