Sukses

Lifestyle

Atasi Kotoran dan Noda Membandel Dengan Cara Membersihkan Backsplash Dapur Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Memasak menjadi aktivitas yang menyenangkan di dapur. Selain karena kegemaran, kebutuhan karena lapar, dan bereksperimen dengan berbagai resep menarik, kamu dapat memahami seluk beluk dapur dan cara pemakaian dan perawatan mulai dari kompor hingga ke peralatan masaknya. 

Agar sudut dapur terlihat lebih menarik terutama pada area kompor, banyak sekali orang-orang yang memasak backsplash atau sejenis ubin yang menyatu dengan kompor. Tipenya beragam dari yang berbatuan alami hingga kaca porselen sekalipun. Kualitas serta biayanya juga bervariatif tergantung dengan kebutuhan dan ketahanannya. 

Akan tetapi, noda minyak hingga bekas campuran semen atau grout yang menempel pada backlash bisa mengganggu aktivitas di dapur karena kotoran tadi sangatlah bandel dan membuat permukaan backsplash menjadi licin dan mempengaruhi tampilannya. Akibatnya, berbagai bau kurang sedap tercium dan mempengaruhi mood memasakmu.

Agar dapat mengangkat kotoran dengan baik pada area backsplash, kamu dapat mengikuti cara membersihkan backsplash yang dilansir melalui Home Serve Blog berikut ini. Praktis dan tentunya mudah dilakukan! 

Tipe pembersih apa yang cocok untuk backsplash?

Cara pertama untuk membersihkan backsplash pada dapur adalah dengan menentukan tipe pembersih apa yang cocok untuk digunakan ketika membersihkan dapur. Kamu dapat memulainya dengan memeriksa instruksi pada tipe backlash dan periksa apakah ada bagian pembersih yang direkomendasikan. Hal ini akan memudahkanmu untuk membersihkan dan menghindari kerusakan serta perubahan warna pada backsplash. 

Kamu juga dapat membuat pembersih sendiri dengan beberapa bahan yang ada di rumah. Namun tetap saja pembersih yang digunakan harus disesuaikan dengan tipe backsplash yang kamu punya. Berikut adalah jenis backsplash serta bahan yang cocok untuk digunakan ketika saat membersihkan. 

1) Backsplash dengan tipe bahan keramik, kaca, dan porselen 

Untuk tipe backsplash ini kamu bisa membersihkan dengan campuran air dan cuka. Kamu hanya perlu mencampurkan keduanya dengan perbandingan yang seimbang ke dalam botol semprot. Setelah cairan tercampur, kamu bisa menyemprotkan pada bagian yang kotor dan mengelapnya dengan kain kering. 

2) Backsplash dengan tipe bahan bebatuan alami 

Untuk sebagian tipe bebatuan seperti marbel, onyx, dan gamping tidak dapat menggunakan cuka untuk membersihkannya karena dapat membuat tekstur batu menjadi kasar dan mengalami kerusakan. Kamu dapat menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun cuci piring cukup untuk membersihkan backsplash. Kamu juga menggunakan kain halus maupun spons halus untuk mencegah kerusaakan pada batuan tersebut. 

Cara membersihkan bekas minyak pada backsplash

Meskipun campuran antara air dengan cuka maupun air dengan sabun cuci piring dapat menjadi andalan untuk membersihkan backlash, kedua campuran tersebut mungkin tidak mempan untuk mengangkat bekas minyak yang ada pada backsplash milikmu. Salah satu cara untuk mengangkat spot bekas minyak satu ini adalah dengan menggunakan baking soda. 

Caranya campurkan 2 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air hingga membentuk pasta tebal. Hempaskan pasta ke bagian yang kotor dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya gunakan kain bersih untuk mengangkat kotoran tadi dan angkat pasta tadi, jika masih ada sisa spot kotoran minyak, kamu dapat mengulangi step tadi. 

Cara membersihkan backsplash dari sisa-sisa campuran semen atau grout membandel

Mungkin setelah bagian backsplash terlihat bersih, kamu akan melihat bagian grout atau campuran semen yang ada pada pinggiran backsplash mulai meleber kemana-mana. Kamu dapat menggunakan campuran pasta baking soda, caranya 2 sendok teh baking soda dicampur dengan 1 sendok teh air untuk membersihkan grout. Tebarkan pasta pada sekitaran grout dan biarkan selama 10 menit, setelah itu gunakan sikat halus untuk mengangkat bekas grout tersebut.

Dan terakhir jika muncul lumut maupun jamur karena air, kamu bisa menghubungi teknisi untuk mengangkat jamur maupun lumut dengan baik atau menggantinya dengan backsplash yang baru. Memasak akan lebih mudah dan menyenangkan. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading