Sukses

Lifestyle

Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci Front Loading Agar Bersih Maksimal dan Tetap Awet

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci memang jadi salah satu peralatan elektronik penting yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga jadi lebih mudah. Seiring dengan teknologinya yang makin canggih, mesin cuci bukaan depan atau front load banyak jadi pilihan masyarakat. 

Model yang satu ini memang dinilai lebih praktis karena hanya menggunakan 1 tabung, sehingga nggak perlu lagi memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya. Tapi, sudahkah kamu menerapkan cara mencuci baju yang tepat agar bersih maksimal dan tetap awet saat menggunakan mesin cuci front load? Intip dulu step by step-nya yuk!

Pastikan Baca Panduan Penggunaan Mesin Cuci dengan Tepat

Jika ingin hasil mencuci maksimal saat menggunakan mesin cuci front load, pastikan pahami dulu cara penggunaan yang tepat. Beda merek mesin cuci biasanya ada sedikit perbedaan sentuhan ketika mengoperasikan alat tersebut. Jadi, penting nih untuk memahami terlebih dulu cara mesin cuci bekerja berdasarkan buku panduannya. 

Biasanya mesin cuci front load memiliki teknologi terkini, sehingga penting untuk memahami setiap fitur dan mode apa saja yang bisa digunakan. Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana mode mencuci yang paling tepat untuk merawat pakaian agar lebih awet dan tahan lama. 

Sortir Pakaian, Perhatikan Kapasitasnya

Sebelum memulai proses mencuci, ada baiknya lakukan sortir terlebih dulu terhadap pakaian yang akan dicuci. Kelompokkan baju-baju berdasarkan warna dan jenis. Hal ini penting untuk mengurangi risiko rusak atau luntur yang mengotori pakaian warna lain. Misalnya saja pakaian warna putih yang sebaiknya nggak dicampur dengan pakaian berwarna lain karena bisa berisiko kelunturan. Selain itu, bisa juga dengan memfilter jenis kainnya. 

Selama menggunakan mesin cuci front load, perhatikan juga kapasitas pencuciannya. Pada dasarnya, prinsip menggunakan mesin cuci front load bukan seberapa berat kapasitasnya. Namun, seberapa banyak ruang yang ada untuk mencuci pakaian di dalam tabung. Semakin sempit tabung karena pakaian yang menumpuk, risiko pakaian kurang bersih, mudah melar, hingga mesin cuci jadi cepat rusak. 

Gunakan Laundry Net

Saat mencuci pakaian yang kecil seperti bra dan pakaian dalam lainnya, jangan lupa gunakan laundry net. Tas yang satu ini umumnya berbentuk jaring yang bisa digunakan untuk memisahkan bahan yang mudah melar, sehingga meminimalisir peregangan serat yang bisa terjadi ketika baju-baju dicuci dalam tabung mesin cuci. 

Selain pakaian dalam, kamu juga bisa memanfaatkan laundry net untuk mencuci pakaian dari bahan khusus seperti satin atau sutera yang lembut hingga pakaian lain yang terbuat dari bahan yang mudah melar. Dengan begitu, pakaian kesayangan bisa lebih awet.

Gunakan Deterjen Khusus untuk Merawat Pakaian Tetap Awet

Penggunaan deterjen juga jadi hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju dengan mesin cuci front load. Pasalnya, jenis mesin cuci ini memerlukan deterjen berjenis Low Sud (rendah busa) untuk menjaga sensor mesin cuci lebih awet. Selain itu, busa yang terlalu banyak juga bisa mengganggu sistem elektronik pada mesin cuci sehingga perlengkapan elektronik ini bisa mengalami kerusakan. 

Jadi, penting nih untuk selalu memperhatikan pemakaian deterjen saat mencuci dengan mesin cuci front load. Nggak hanya seberapa banyak deterjen yang dipakai, tapi pastikan pilih juga deterjen khusus untuk mesin cuci bukaan depan. SoKlin Biomatic +Softerner Liquid dan Powder jadi salah satu rekomendasinya nih!

Produk yang satu ini terdiri dari SoKlin Biomatic +Softener Liquid, deterjen cair konsentrat yang bisa digunakan pada mesin cuci top load dan front load. Dengan formula Nano Clean Tech yang menghadirkan berbagai keunggulan seperti 2x lebih efektif mengangkat noda dan kotoran, membersihkan hingga serat kain terdalam, dan merawat pakaian agar tidak rusak. 

Nggak hanya itu saja, deterjen cair ini juga dibekali dengan formula Freshness Lock yang mengunci kesegaran pada pakaian, Extra Softener yang menjaga pakaian tetap lembut, formulanya juga low sud dan mudah terurai sehingga tidak meninggalkan residu pada pakaian dan pastinya aman untuk mesin cuci. 

Selain itu, ada juga SoKlin Biomatic +Softerner Powder, deterjen bubuk konsentrat yang punya varian khusus untuk mesin cuci top load dan front load.  Formulanya bekerja membunuh kuman dan bakteri 99,99% lebih efektif dibandingkan deterjen lain. Nggak hanya itu saja, produk ini juga 3x lebih efektif dalam mengangkat noda dan kotoran yang menempel pada pakaian. 

Keunggulan lainnya adalah deterjen ini mampu membuat pakaian lebih bersih hingga ke serat paling dalam dan menjaga pakaian tetap awet. Ada juga kandungan formula Freshness Lock yang menjaga kesegaran pakaian sepanjang hari, Antibacterial yang menjaga pakaian dari bau apek dan bakteri, serta bubuknya mudah terurai karena memiliki formula low sud dan tidak mengendap yang membuat mesin cuci nggak cepat rusak. 

Baik SoKlin Biomatic +Softener Liquid dan Powder, keduanya punya kandungan surfaktan yang tinggi. Formula ini sangat penting untuk mengurai kotoran yang menempel pada pakaian sehingga cucian jadi lebih bersih. Jadi, semakin tinggi kadar surfaktan di dalam sebuah produk deterjen, semakin baik juga daya bersihnya untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Produk SoKlin yang satu ini punya kadar surfaktan sebesar 20%, lebih tinggi jika dibandingkan produk deterjen serupa. 

Dengan SoKlin Biomatic +Softener Liquid dan Powder, jadi mudah merawat pakaian keluarga dan menjaganya tetap awet serta bersih maksimal kan! Yuk, saatnya pilih sendiri varian yang paling sesuai kebutuhanmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading