Sukses

Lifestyle

Menikmati Cita Rasa Unik Racikan Kopi dan Buah di Second Floor Coffee Bali, Pengalaman yang Unik

Fimela.com, Jakarta Sebuah coffee shop yang hadir pertama kali di Bali, Second Floor Coffee, tepatnya di Padang Galak, Sanur menawarkan keunikan menikmati kopi yang berbeda dari kedai kopi manapun di Indonesia bahkan di luar negeri.

Dari Bali, Second Floor yang semula telah menawan hati para pekerja Jakarta yang Working From Anywhere pada masa pandemi dan meminta mereka ekspansi ke Jakarta, pada akhirnya ekspansi itu terwujud.

Sesuatu yang berbeda akan Anda temui di Second Floor Coffee, yakni keunikan cita rasanya. Adi Suhendra selaku founder, mengaku menghabiskan hingga lima tahun untuk melakukan riset dan pengembangan untuk mendapatkan racikan kopi terbaik sesuai dengan standar kemauannya.

Dari pengembangannya, Adi membuahkan hasil Signature Coffee dan cold brew. Dia meracik kopi dengan berbagai buah-buahan yang menciptakan cita rasa berbeda yang tak ditemukan di kedai kopi manapun di dunia.

"Selama lima tahun saya melakukan riset dan pengembangan produk hingga hasilnya membuahkan varian Signature Coffee dan cold brew. Dan pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut," ujar Adi di Bali, Jumat (15/12/2023).

Specially Coffee

Berbicara specialty coffee olahan Second Floor Coffee bisa diibaratkan sebagai perpaduan sempurna antara seni melukis dan kopi yang mampu menciptakan pengalaman unik. Keistimewaan untuk terjun ke dunia seni, mengapresiasi keindahan lukisan, sambil menikmati cita rasa kopi spesial yang nikmat.

Bagaikan sapuan kreativitas di atas kanvas melengkapi bentuk dan warna specialty coffee yang kaya dan bernuansa minuman yang dikurasi dengan cermat. Specialty Coffee merupakan kopi yang mempunyai kualitas bagus dengan rentetan proses khusus mulai dari pemetikan kopi (disebut cherry), dipetik sesuai musim atau waktu petik tertentu (bukan pemetikan masal), proses penyucian hingga di-roasting menjadi biji kopi.

"Kami berdedikasi untuk memberikan pengalaman minum kopi yang autentik & menyenangkan. Apakah Anda lebih suka kopi hitam atau klasik (espresso, cappuccino, latte, piccolo), hingga signature dan cold brew, kami yakin pengalaman ini bersifat pribadi. Kopi khas kami adalah ekspresi yang dibuat dengan cermat dan tujuannya adalah untuk menyajikan kopi yang nikmat untuk para penggemar berat kopi atau mereka yang baru saja memulai perjalanan mereka menikmati kopi," papar Adi Suhendra.

Ada enam signature coffee bercita rasa buah yang bisa dinikmati di Second Floor, Signature Coffee bercita rasa buah, manis dengan rasa buah plus rumput laut disajikan tanpa susu sapi.

1.BLACK GUAVA, kopi dengan rasa jambu merah, di dalamnya diperkaya dengan aroma coklat.2.YUZIUTTO, kopi dengan transisi rasa lemon dan jeruk limau yang diperkuat dengan buliran jeruk.3.MANKAY, kopi yang beraroma saling sambung menyambung cita rasa tajam buah mangga yang berbaur dengan rasa manisnya.4.KIWI, kopi dengan rasa kiwi, di dalamnya terdapat rasa manis dan asam yang tersembunyi5.SEAWEED, kopi beraroma nikmat rumput laut yang sarat kandungan antioxidant dengan cita rasa tersembunyi dari teh hijau.6.FRESAMENTADO, kopi dingin krimi dari single origin coffee dari Kintamani yang dipadukan dengan buah strawberry, susu oat coklat disajikan dalam tumbler yang berguna untuk menjaga suhu minuman tetap terjaga.

Indonesia in a Bottle

Selain signature coffee, Second Floor Coffee juga menyediakan cold brew coffee yang diberi nama Indonesia in a Bottle dengan bahan dasar biji kopi arabika dari Kintamani speciality grade dari seluruh Indonesia. Cold Brew sendiri merupakan teknik 'menyeduh' bubuk kopi dengan air dingin (atau air suhu ruangan) selama 24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Second Floor Coffee melakukan proses cold brew kopinya dengan menambahkan buah-buahan dan teh bercita rasa bunga: mawar merah, osmanthius, strawberry, cranberry dan nanas. Jika seal botol masih ditutup, bisa bertahan selama dua minggu dari tanggal produksi. Tapi jika sudah dibuka maka hanya bertahan 3-5 hari.

Varian cold brew yang dapat dinikmati pun diberi label nama yang unik, antara lain: 1. ADAM, proses pembuatan Cold Brew yang dicampur dengan teh bunga mawar menghadirkan rasa yang lengkap dengan kandungan antioxidant dan sensasi rasa manis yang kuat setelah meneguk kopi ini.2. DVILL WOOD, Cold Brew kopi yang diracik dengan bunga Osmanthus, bunga yang termasuk dalam keluarga Oleaceae yang berasal dari Asia timur.3. BOLSA, dibuat dari biji kopi asli Indonesia terbaik yang dipadukan dengan manisnya buat strawberry, kopi ini menjadi kaya akan rasa buah dan rasa manis yang dihasilkan dari buah tersebut.4. KARONDA, dibuat dari biji kopi pilihan yang dipadukan dengan buah cranberry dan rasa asam segar dari buah tersebut. Pilihan yang tepat untuk penggemar buah berry.5. TUPI, kopi rasa tropis ini sangat tepat disandingkan dengan nanas, meninggalkan rasa pahit, asam dan manis setelah meneguknya.6. KINTAMANI, kopi dingin dengan cita rasa jeruk sangat pas diteguk di pagi hari untuk membangkitkan semangat saat memulai hari.7.REJA, kopi yang melalui proses brewing bersama jahe menjadikan kopi ini punya cita rasa khusus penggemar rasa jahe dan pedas.

Adi menambahkan, semua racikan kopi di Second Floor Coffee tidak menggunakan gula atau sirop gula sebagai pemberi cita rasa manis, termasuk signature dan cold brew coffee yang memunculkan cita rasa manis dari buah-buahan. Tidak hanya unik racikannya, cara menyajikan, menuangkan hingga meneguknya dibuat dengan prosedur khusus yang semuanya dipaparkan dengan jelas proses dan cerita di balik itu oleh semua oleh para staf.

Sehingga definisi pengalaman menikmati kopi yang berbeda tidak hanya sekedar tagline. Dari penyajian, segala unsur yang terlibat dalam penyajian mulai dari gelas, bentuk es batu yang dipilih yaitu bentuk bulat agar tidak mudah meleleh dan merusak cita rasa kopi telah dipersiapkan dengan sangat baik berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya.

Hadir pertama kali di Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan di Desember tahun 2022, lalu merambah ke Jakarta di Menteng Jalan Cikajang, menyusul di Dharmawangsa pada 27 November 2023 dan segera di Bintaro, Tangerang Selatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading