Sukses

Lifestyle

5 Alasan Pentingnya Merencanakan Keuangan sejak Muda

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, perencanaan menjadi salah satu tahapan paling penting dalam mengelola keuangan, khususnya bagi generasi muda. Apabila keuangan tidak direncanakan dengan baik, generasi muda, khususnya Generasi Z, akan semakin sulit untuk mencapai tujuan keuangannya. 

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan Gen Z sebesar 44 persen dengan jumlah penduduk Gen Z di tahun 2019 sebesar 72,9 juta jiwa, yang merupakan 27 persen dari total populasi Indonesia. Data ini menjelaskan bahwa saat ini tingkat literasi keuangan generasi muda masih rendah, karena di bawah 60 persen. Selain itu, OJK juga mengungkapkan bahwa 60 persen pinjaman dari fintech disalurkan kepada nasabah usia 19-34 tahun, atau didominasi oleh Gen Z dan Milenial. 

Banyaknya informasi yang tersedia terkadang menjadi penghalang bagi Gen Z untuk mulai merencanakan keuangannya. Akan tetapi, hal tersebut semata-mata bukan menjadi alasan untuk tidak memulai merencanakan keuangan. Sebagai layanan penyedia keuangan dengan pengalaman lebih dari 38 tahun, Manulife Indonesia membagikan keuntungan dari perencanaan keuangan yang perlu diketahui generasi muda. Apa saja keuntungannya? Simak informasi detailnya berikut, yuk!

1. Menciptakan kebiasaan yang baik sekaligus mengembangkan keterampilan pengelolaan uang

Mengembangkan kebiasaan perencanaan keuangan yang bijak akan membuatmu semakin disiplin dalam mengatur uang. Kedisiplinan ini sangat penting untuk membuat keputusan keuangan yang baik, menahan diri dari pengeluaran impulsif, dan tetap berkomitmen pada tujuan keuangan jangka panjang.

Selain itu, dengan pola pengelolaan keuangan yang baik ini, Sahabat Fimela juga akan lebih adaptif terhadap situasi dan kondisi yang dinamis dan terus berubah. Dengan ini, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengendalikan masa depan finansialmu.

2. Mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga

Terkadang, kita terburu-buru ingin “nyaman” secara finansial dengan memiliki dana pensiun yang terjamin, liburan, punya kendaraan baru, dan lain-lain. Padahal, sebelum “nyaman”, kita perlu “aman” terlebih dahulu dengan memiliki pondasi keuangan yang sehat dan kesiapan untuk menghadapi berbagai hal-hal tidak terduga dalam hidup, seperti keluarga atau diri sendiri yang jatuh sakit, perbaikan kendaraan, hingga kehilangan pekerjaan. Bila dikelola secara bijak, hal ini akan sangat membantumy agar tidak perlu berutang ketika hal-hal tidak terduga terjadi. 

Asuransi memainkan peran penting dalam perencanaan keuangan dengan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko dan ketidakpastian. Salah satunya dengan asuransi kesehatan yang dapat membantu kita dalam mengantisipasi risiko keuangan akibat tingginya biaya pengobatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu. MiUltimate HealthCare oleh Manulife Indonesia merupakan solusi yang tepat sebagai asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan fitur pembayaran manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan, sesuai plan yang dipilih.

Jangan lupa, dalam memilih asuransi Sahabat Fimela perlu menilai potensi risiko yang mungkin terjadi agar dapat mengidentifikasi perlindungan yang tepat, baik asuransi kesehatan, jiwa, properti, dan lain-lain.

3. Menambah pemasukan untuk capai aspirasi finansial

Setelah memastikan kita memiliki arus keuangan yang sehat dan kesiapan untuk menghadapi berbagai tantangan hidup, kita dapat mulai berfokus untuk menambah pemasukan dari sumber-sumber lain, salah satunya investasi. Dengan berinvestasi, kita dapat menyikapi berbagai tantangan keuangan, seperti inflasi, mendiversifikasi portofolio, hingga pada akhirnya mencapai kenyamanan finansial.

Perlu diingat, jangan sembarangan memilih instrumen investasi, ya! Pastikan produk investasi yang kamu pilih sesuai dengan pemasukanmu, tujuan keuangan, profil risiko, kebutuhan kamu hingga jangka waktu yang kamu targetkan. Manulufe Indonesia menyediakan layanan untuk berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan diri. Melalui MiSmart Insurance Solution (MiSSION), Manulife Indonesia memberikan perlindungan jiwa, investasi optimal, serta Manfaat Akhir Pertanggungan untuk melengkapi kenyamanan hidup.

4. Membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang

Nah, setelah mendapatkan pemasukan dari pekerjaan ataupun ivestasi, Sahabat Fimela akan selangkah lebih dekat dengan tujuan keuangan jangka panjangmu. Apakah Sahabat Fimela memiliki rencana untuk membeli rumah, mobil, memiliki sekolah impian untuk anak, atau mempersiapkan diri menuju masa pensiun? Pengelolaan keuangan yang baik akan membantumu menetapkan dan mencapai tujuan tersebut. Selain itu, tujuan keuangan yang jelas akan memotivasi dan memandumu untuk membuat keputusan finansial yang lebih cerdas. 

Dalam menetapkan tujuan keuangan, Sahabat Fimela bisa menggunakan prinsip SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound atau spesifik, terukur, realistis dan dapat dicapai, relevan dengan situasi yang ada, serta memiliki jangka waktu yang jelas. Untuk membantu memenuhi indikator tersebut, Manulife Indonesia menghadirkan Manulife Saving Protector (MSP), sebuah asuransi yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan untuk mempersiapkan dana hari tua dan pendidikan anak.

5. Mengatur aset menjadi peninggalan yang berharga bagi generasi selanjutnya

Pada akhirnya, seluruh upayamu dalam membuat rencana dan mengelola keuangan akan membantumu melestarikan dan menumbuhkan aset seiring berjalannya waktu. Dengan menerapkan strategi seperti investasi, asuransi, perencanaan, dan optimalisasi pajak, Sahabat Fimela dapat melindungi aset dan memastikan peninggalan finansial yang langgeng nan berharga. Perencanaan yang matang dapat membantu menghindari perselisihan keluarga dan memastikan transisi finansial yang optimal.

Kini, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir akan pengelolaan dan pembagian asetmu di hari tua. Dengan MiProsper Assurance for Pension (MiPASSION) oleh Manulife Indonesia, Sahabat Fimela akan mendapatkan perlindungan penuh selama masa produktifmu dan memberi manfaat kesehatan di masa pasca-pensiun.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui betapa pentingnya perencanaan yang bijak demi masa depan yang lebih terjamin. Yuk, mulai kelola dan atur keuanganmu!

 

Penulis: Denisa Aulia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading