Sukses

Lifestyle

Abdurrahman Wahid dan Steve Jobs Jadi Sosok Pemimpin Disabilitas yang Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Memiliki keterbatasan bukan penghalang bagi para penyandang disabilitas untuk berkarya dan berprestasi. Sudah banyak sosok disabilitas di dunia yang membuktikan bahwa dirinya bisa sukses, termasuk dengan menjadi pemimpin.

Dengan keterbatasan yang dimiliki nyatanya tidak menjadi penghalang bagi sejumlah sosok untuk bisa sukses di bidangnya masing-masing. Mereka tidak hanya sekadar menghasilkan karya melainkan juga menjadi inspirasi bagi penyandang disabilitas lainnya untuk memiliki spirit yang sama. Bahkan beberapa bisa membuat dunia mengakui keberadaan mereka.

Mengutip dari beberapa sumber, ada sederet sosok disabilitas di dunia yang menginspirasi. Beberapa di antaranya bahkan dipercaya menjadi pemimpin sebuah negara maupun perusahaan. Siapa saja mereka?

 

Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur menjadi penyandang disabilitas yang juga menyandang julukan sebagai Bapak Pluralisme. Keterbatasan yang fisik yang dialami tidak menghalanginya untuk memimpin Indonesia pada 1999 hingga 2001.

Gus Dus sendiri mengalami glaukoma yang membuat penglihatannya menjadi kabur. Ia mengalami kebutaan pada mata kiri, sedangkan mata kanannya hanya berfungsi sekitar 20%. Namun hal tersebut tidak menghalangi Gus Dus untuk melakukan perubahan yang menjunjung persatuan bangsa.

Salah satu jasa Gus Dus yang cukup membekas bagi masyarakat Indonesia adalah ketika ia mengakui Khonghucu sebagai sebuah agama di Indonesia. Sekaligus mengizinkan adanya perayaan Imlek bagi masyarakat Indonesia yang merupakan keturunan Tionghoa.

 

Steve Jobs

Tidak banyak yang mengira Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple, merupakan penyandang disabilitas. Steve Jobs menderita disleksia sejak kecil yang membuat dirinya sebenarnya kesulitan dalam membaca. Meski demikian, Steve Jobs tidak berhenti meniti karir di bidang teknologi. Dari kecerdasan yang dimiliki, Steve Jobs sukses meniti Apple Inc sejak 1970an yang merancang dan menghadirkan Iphone, MAC, Apple Computers, dan Apple TV.

Tak hanya menjadi pendiri Apple, Steve Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios. Di 2016, Steve Jobs menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company, tepat setelah Pixar diambil alih oleh Disney. Namanya bahkan tercantum sebagai produser eksekutif di film Toy Story pada 1995.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading