Sukses

Lifestyle

6 Jenis Buah yang Bisa Menstimulasi Pertumbuhan Otak

Fimela.com, Jakarta Selain rasanya yang lezat, buah merupakan sumber nutrisi yang kaya dan beragam. Buah dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan, mengurangi risiko penyakit, sumber nutrisi, hingga menjaga kesehatan otak. Kesehatan otak berperan penting dalam mendukung fungsi kognitif, kejelasan pikiran, dan daya ingat.

Hal tersebut berkaitan dengan manfaat buah untuk stimulasi pertumbuhan otak seseorang. Buah merupakan sumber yang sangat baik dari beberapa vitamin dan mineral penting, serta tinggi serat. Berbagai buah-buahan mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang melimpah dalam buah-buahan memberikan dukungan penting untuk mengoptimalkan fungsi kerja otak. Kandungan serat pada buah juga memainkan peran dalam menjaga kesehatan sistem kardiovakular, yang secara tidak langsung terkait dengan kesehatan otak. Dilansir dari moshlife.com, berikut beberapa jenis buah yang dapat membantu stimulasi pertumbuhan otak.

Apel

Apel mengandung banyak quercetin, kelompok pigmen tumbuhan yang disebut flavonoid. Quercetin ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh sebab memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk membantu melindungi sel-sel pembuluh darah di otak dari stres oksidatif.

Alpukat

Alpukat diketahui kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Setiap porsi alpukat mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral penting, termasuk folat, magnesium, potasium, vitamin C, dan beberapa vitamin B berbeda. Selain itu alpukat termasuk sumber lemak baik yang berpotensi menurunkan risiko gangguan kognitif di kemudian hari.

Pisang

Pisang kaya akan konsentrasi triptofan, asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan berbagai protein penting, di antaranya melatonin dan serotonin. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan memori dan menstimulasi perkembangan otak.

Blueberry

Blueberry adalah buah yang telah dikenal memiliki banyak manfaat untuk otak. Blueberry mengandung antioksidan dan fitoflavinoid yang luar biasa. Kedua zat tersebut mampu mencegah sel-sel otak mengalami stres oksidatif, sehingga mengoptimal fungsi otak.

Jambu

Jambu biji mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B3 (niasin), dan vitamin B6 (piridoksin) yang sangat tinggi. Selain itu, jambu biji memiliki banyak karotenoid dan polifenol. Karotenoid dikenal sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi yang mendukung sistem saraf otak. Polifenol memiliki sifat neuroprotektif yang dapat membantu mencegah kerusakan neurotoksin.

Jeruk

Jeruk diketahui sangat kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga membantu mengatur dopamin di otak, yang memengaruhi memori, perhatian, motivasi, dan suasana hati.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesJanuari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading