Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Cerdas Tapi Tidak Sombong dan Congkak

Fimela.com, Jakarta Ketika bertemu dengan orang cerdas, akan selalu ada kesan tertentu yang mungkin mereka tunjukkan. Entah bijaksana dan dewasa, atau justru sombong dan congkak. Tentu tidak salah jika mereka merasa berbangga diri karena memiliki otak yang encer sehingga mudah menyerap lebih banyak pengetahuan dan wawasan. Tapi sikap sombong dan congkak tak pernah disukai siapa pun. Orang cerdas baru diakui dan dihormati orang lain ketika tidak bersikap sombong atau congkak. Ini sekian tanda orang cerdas tapi tidak sombong dan congkak.

1. Tidak takut terlihat bodoh

Orang cerdas tapi sombong seringkali berusaha tampak selalu pintar di depan semua orang, tapi orang cerdas yang disegani banyak orang tak akan takut terlihat bodoh karena ketidaktahuannya. Ia tidak peduli komentar orang lain yang menertawakan kebodohannya karena ia sadar betul bahwa dirinya tidak selalu tahu semua hal di dunia ini. Itu wajar dan ia tidak merasa perlu sakit hati atau malu jika tak tahu sesuatu karena dari situ ia membuka wawasan baru.

2. Mudah mengakui kesalahan

Mereka yang cerdas tapi sombong cenderung susah mengakui kesalahan, bahkan sering terlihat mengelak dan merasa paling benar karena yakin dirinya pintar. Berbeda dengan orang cerdas yang tidak sombong, dirinya justru banyak belajar dari kesalahan yang ia buat, karena ia sadar bahwa manusia tidak sempurna dan seringkali memiliki keterbatasan jadi ia sadar perlunya belajar terus-menerus sepanjang waktu. Dari kesalahan ia bisa menemukan kebenaran, dan dari kesalahan ia jadi bisa menambah pengetahuan.

3. Berpikir sebelum bicara

Salah satu kebiasaan orang cerdas tapi tidak sombong adalah berpikir dahulu sebelum bicara. Ia tidak akan cepat buka mulut jika merasa tidak tahu banyak tentang suatu hal atau perlu memikirkan lebih lama tentang apa yang ingin dikatakan. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang pandai bicara atau mendominasi percakapan itu cerdas, dan tidak semua orang pendiam dan pasif itu bodoh atau tidak tahu banyak. Mereka seringkali menyembunyikan kecerdasan tinggi di balik sikap diamnya.

4. Punya kendali diri yang bagus

Self-control adalah hal yang secara alami dimiliki orang cerdas tapi tidak sombong. Ia tahu bahwa kesombongan hanya awal dari kehancuran dan rasa malu yang bisa ditanggung selamanya. Karena itulah ia tidak banyak bicara, hanya bicara ketika diperlukan dan berpikir dahulu sebelum bicara agar tak perlu mempermalukan diri sendiri atau menyakiti orang lain. Ia juga bukan tipe orang yang impulsif, melakukan sesuatu karena iseng dan asal suka. Ia cenderung penuh pertimbangan.

5. Tidak memandang rendah orang lain

Orang cerdas tapi tidak sombong akan mudah menghargai perbedaan yang ia miliki dengan orang lain. Ia tidak mudah menghakimi karena memandang seseorang tidak kemudian bisa membuatnya tahu isi kepala dan hati mereka. Orang cerdas yang tidak sombong cenderung memandang semua orang secara setara dan memperlakukan semua orang dengan baik. Ia mungkin bukan yang paling terbuka dan ramah, tapi ia tidak merendahkan siapa pun dengan kata-kata maupun sikapnya.

Itu dia beberapa tanda orang cerdas tapi tidak sombong dan congkak. Semoga kamu tidak menjadi salah satunya ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading