Sukses

Lifestyle

6 Kebiasaan yang Dimiliki Perempuan dengan Kecerdasan Tingkat Tinggi

Fimela.com, Jakarta Cerdas atau tidaknya seseorang seringkali tidak selalu terikat pada skor IQ, karena kecerdasan sendiri memiliki jangkauan yang luas. Seringkali kita bisa menebak siapa saja perempuan yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi dari caranya bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Para perempuan ini melihat dunia secara berbeda dari kebanyakan orang, dan banyak hal yang membuat mereka menonjol. Jika dilihat dari kebiasaan sehari-hari, ini sekian hal yang dimiliki para perempuan dengan kecerdasan tingkat tinggi.

1. Berpikir sebelum bicara

Perempuan cerdas selalu penuh pertimbangan, termasuk ketika ingin bicara. Ia tidak asal bicara hanya karena sesuatu terbersit di kepalanya. Ia merancang secara konstruktif apa yang ingin ia katakan, seberapa penting informasi tersebut, hingga mempertimbangkan seberapa tepat dengan situasi yang dihadapi sebelum keluar dari mulutnya. Sebisa mungkin ia menggunakan kata-kata secara efisien, arif dan bijaksana. Bukan karena ia ingin terlihat cerdas, tapi agar dipahami dengan baik oleh orang lain. Berpikir sebelum bicara inilah yang membuat perempuan cerdas tampak berbeda.

2. Memerhatikan hal-hal kecil

Kecerdasan otak seseorang juga trlihat dari caranya memerhatikan detail-detail kecil yang sering diabaikan orang lain. Perempuan cerdas cenderung tidak mengabaikan hal-hal yang pernah ia dengar dan lihat karena ia pengamat yang tajam dan analitis dalam berbagai keadaan. Ia mungkin akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak dilakukan orang lain, dan biasanya pertanyaan itu cenderung membuat orang lain sadar "ah iya, mengapa ga kepikiran hal itu ya". Mereka tidak pernah membiarkan segala sesuatunya luput dari perhatian dan selalu mengingat hal-hal lebih banyak.

3. Mengenali emosinya dengan baik

Perempuan terlihat cerdas ketika ia mampu mengenali emosinya dengan baik. Ia sadar seperti apa emosinya, kemudian belajar mengendalikan dengan cara yang sehat. Ia bisa saja marah, memaki dan berteriak karena frustasi, tapi kemudian menyadari efek jangka panjang setelah itu. Ia akan mencari cara lain untuk melepaskan emosi tapi dengan cara-cara yang tidak merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Karena mampu menyadari emosinya sendiri, maka ia pun belajar lebih sabar dan tenang serta bijak dalam membaca pikiran dan perasaan orang lain.

4. Tahu kapan harus keluar dari pengaruh negatif

Kamu adalah perempuan cerdas jika tahu kapan haus keluar dari lingkungan yang negatif. Kamu mandiri dan tahu apa yang lebih penting untuk kesehatan tubuh dan mentalmu. Perempuan cerdas berani menolak dan berkata 'tidak' jika ia merasa itu justru merugikan untuk dirinya. Perempuan cerdas fokus pada aspek positif dan pertimbangan praktis, jika situasi tidak sebanding dengan waktu dan usaha yang telah ia korbankan, maka ia akan segera keluar dari situasi buruk tersebut. Ia melakukan itu demi kebaikannya sendiri.

5. Tidak mudah tersinggung dan sakit hati

Perempuan cerdas cenderung dewasa dalam menyikapi masalah dan konflik hidup, termasuk ketika menerima sikap atau kata-kata yang menyakiti. Ia tahu setiap orang bisa melakukan kesalahan, disengaja maupun tidak. Hidup juga tidak selalu berjalan sesuai keinginannya karena segala hal di dunia ini adalah kemungkinan yang tak terbatas. Karena itulah ia memiliki pemikiran terbuka sehingga tidak gampang tersinggung dan sakit hati ketika ekspektasinya tidak terpenuhi. Pentingnya punya pemikiran santai adalah itu, kamu tak mudah terganggu dengan hal-hal yang tak kamu sukai.

6. Lebih banyak mendengar ketimbang bicara

Perempuan cerdas selalau tahu bahwa banyak bicara tidak selalu baik dilakukan. Ia lebih suka melihat, mendengar, membaca dan merasakan sehingga pengalaman menyerap informasi untuk otaknya lebih beragam dan kaya. Ketika terlalu banyak bicara, sebenarnya kita memangkas waktu untuk belajar hal-hal baru. Ia juga tahu kapan berhenti bicara dan membiarkan orang lain bicara. Ia pendengar yang baik, tajam dan memerhatikan dengan seksama, karena itulah ia seringkali tahu lebih banyak dibanding orang lain.

Itu dia skeian kebiasaan yang dimiliki para perempuan dengan kecerdasan tingkat tinggi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading