Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Produktif yang Bisa Bikin Kamu Jadi High-Achiever

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin berpikir seseorang yang berprestasi tinggi dipengaruhi oleh genetik dan keberuntungan. Namun mengutip Neel Raman ada perbedaan yang jelas antara orang berprestasi normal maupun orang yang berprestasi tinggi.

Perbedaan utamanya terletak pada kebiasaan produktivitasnya. Orang dengan prestasi tinggi biasanya memiliki kebiasaan untuk menggunakan semaksimal mungkin sumber daya yang tersedia. Kebiasaan produktif yang dilakukan oleh orang-orang berprestasi tinggi ini mungkin bisa kamu terapkan.

Penasaran kebiasaan produktif apa saja yang dilakukan orang-orang berprestasi tinggi?

1. Punya tema mingguan

Kebiasaan ini berhasil dilakukan oleh Jack Dorsey yang merupakan CEO Square Inc. dan pendiri Twitter Inc. untuk menjalankan strategi perusahaannya. Misalnya, Senin mungkin didedikasikan untuk manajemen dan operasi, Selasa mungkin didedikasikan untuk pengembangan dan pengiriman produk, Rabu mungkin didedikasikan untuk penjualan dan pemasaran, dan seterusnya.

Memiliki tema mingguan membantu mempersempit fokus bisnis pada hari itu dan meminimalkan aktivitas yang tidak diperlukan sepanjang hari, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas.

 

2. Fokus pada beberapa hal saja

Mendiang Steve Jobs, salah satu pendiri Apple Inc, sangat sukses karena dia hanya fokus pada beberapa produk. Multitasking terbukti menurunkan produktivitas dan mengurangi fokus. Ada ungkapan umum yang menyatakan, “Multitasking lebih buruk daripada kebohongan.” Penelitian juga menyatakan otak kita tidak dapat mengatasinya dengan baik ketika harus fokus atau menangani banyak aktivitas sekaligus. Mempersempit fokus bisa menjadi salah satu hal terbaik yang Anda lakukan untuk menjadi lebih produktif.

3. Hilangkan penggunaan kertas

Pengenalan teknologi baru selama dekade terakhir, seperti ponsel pintar, tablet, dan aplikasi seluler, telah mempermudah pengurangan ketergantungan penggunaan kertas dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Memiliki sistem tanpa kertas memudahkan penyimpanan dokumen atau file, menyederhanakan proses, dan mengurangi jumlah kekacauan atau ruang penyimpanan yang diperlukan.

 

4. Tidur siang

Semakin banyak penelitian yang menyampaikan manfaat tidur siang singkat setiap hari. Tidur siang singkat selama 20-30 menit adalah cara mudah untuk memulihkan tenaga, menyegarkan, dan memfokuskan kembali. Ini akan membantu meningkatkan produktivitas, dan beberapa penelitian terbaru membuktikan bahwa power nap juga membantu mencegah serangan jantung.

5. Olahraga teratur

Ini bukanlah sesuatu yang baru atau inovatif. Mempertahankan gaya hidup fisik yang sehat membawa manfaat yang sangat besar. Mempertahankan gaya hidup fisik dan sehat akan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi, meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan fokus, serta dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia dan lebih pintar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading