Sukses

Lifestyle

Tips Renovasi Dapur Rumah Biar Semakin Estetik dan Berbeda, Nggak Butuh Budget Besar

Fimela.com, Jakarta Tips renovasi dapur rumah dapat menjadi salah satu solusi yang ditempuh bagi para penghuni jika menginginkan area penting tersebut semakin rapi dan estetik. Dapur memang merupakan bagian inti rumah yang nggak bisa diabaikan keberadaannya. Sebab, di tempat inilah kegiatan membuat makanan untuk sehari-hari biasanya berlangsung. Maka dari itu, setiap keluarga pasti memiliki minimal satu dapur di dalam hunian mereka.

Sebenarnya tips renovasi dapur rumah memiliki banyak kegunaan jika kamu perhatikan baik-baik. Selain bikin dapur tentunya jadi lebih nyaman dan indah, tips ini nyatanya juga menghindarkan dapur rumahmu dari berbagai ancaman hama yang kurang baik, misalnya saja seperti kecoa dan tikus. Yup, karena kedua binatang ini pada dasarnya memang nggak boleh berada di tempat penting seperti dapur apalagi sampai mengkontaminasi makanan-makanan yang tersimpan di sana. 

Sayangnya, terlepas dari banyak manfaat yang bisa dirasakan, masih ada pula orang yang enggan untuk melakukan renovasi dapur rumah minimalis dan non minimalis yang dipunya. Alasannya nggak lain dan nggak bukan adalah biaya renovasi dapur yang sering dianggap kemahalan. Tapi, tahukah kamu bahwa menyulap dapur jadi lebih bersih, rapi, estetik, dan nyaman kini nggak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam. Mau tahu bagaimana caranya? Simak di sini dulu, yuk!

1. Cat Kembali Kabinet dan Dinding Dapur

Tips renovasi dapur rumah yang pertama yakni mengecat kembali kabinet dan dinding dapur rumahmu. Langkah ini bisa kamu lakukan jika ingin mengubah penampilan dapur rumah menjadi lebih indah, meski dengan budget minim sekalipun. Kamu wajib tahu bahwa dengan strategi renovasi dapur rumah minimalis satu ini, perubahan yang dirasakan akan bisa sangat besar.

Untuk menerapkan langkah renovasi dapur rumah subsidi dan non subsidi ini, kamu bisa mulai dengan memilih warna cat yang sesuai dengan selera pribadi. Jika ingin warna yang lebih calm, sebaiknya pilih warna-warna seperti kuning pastel, ungu muda, orange, hijau daun atau biru muda. Akan tetapi, jika lebih tertarik pada warna-warna yang netral, mungkin kamu bisa mempertimbangkan warna putih, grey, atau bahkan ivory sebagai pelengkap desain dapur rumah keren.

2. Ganti Peralatan Dapur yang Usang dengan yang Baru

Mengganti perkakas dapur yang telah usang bisa kamu terapkan sebagai tips renovasi dapur rumah selanjutnya. Sebetulnya melakukan renovasi dapur rumah minimalis dan non minimalis nggak selalu melulu tentang membongkar semua bagian dapur. Akan tetapi, bisa pula dilakukan dengan mengganti alat-alat masak sehari-sehari seperti kompor, panci, peralatan makan, dan sebagainya. 

Tips ini akan sangat berguna banget, apalagi buat kamu yang memiliki budget pas-pasan tapi mau mengubah vibe dapur jadi lebih berbeda. Nah, untuk mengganti peralatan dapur rumah, tentu nggak bisa dilakukan sembarangan. Kamu wajib memerhatikan kualitas setiap barang yang dibeli. Ini bertujuan agar perkakas dapur yang baru ini bisa bertahan lama dan nggak cepat rusak. Sebagai pilihan, kamu dapat mempertimbangkan peralatan masak dan makan dari stainless steel untuk tampilan yang profesional dan awet dipakai.

Satu lagi, perhatikan juga ragam penawaran menarik dari toko-toko online maupun offline yang kamu kunjungi. Sebab, siapa tahu saja kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dapur dengan lebih terjangkau jika memanfaatkan diskon, voucher gratis ongkir, promo buy 1 get 1, dan sebagainya. Lumayan kan jika bisa menghemat pengeluaran saat melakukan renovasi dapur kitchen set?

3. Pakai Lampu dengan Pencahayaan yang Baik

Jika ingin melakukan renovasi dapur rumah minimalis dan non minimalis, kamu wajib banget untuk memperhatikan pencahayaan di dalamnya. Tips renovasi dapur rumah ini kelihatannya memang sepele, tapi dampak yang bisa diberikan bisa sangat besar, lho. Kamu harus tahu bahwa penerangan yang baik di dalam dapur akan membuat aktivitas apapun jadi lebih nyaman dikerjakan. 

Buat yang masih bingung mau memilih model penerangan seperti apa, maka lampu LED yang hemat listrik bisa dipertimbangkan untuk melengkapi keindahan dapurmu. Biar pencahayaannya menyebar di semua ruangan, kamu bisa pula meletakkan lampu tersebut persis di tengah-tengah dapur. Langkah ini dapat diterapkan dalam proses renovasi dapur sempit maupun luas yang ada di rumahmu. 

4. Perhatikan Ubin Dapur

Tips renovasi dapur rumah berikutnya bisa dilakukan dengan makeover ubin dapur. Untuk membuat dapur menjadi lebih menarik, merombak ubin menjadi hal yang penting banget. Dengan ubin yang estetik dan elok dipandang, pasti mood pada saat memasak akan jadi lebih meningkat, bukan?

Untuk melakukan renovasi dapur kitchen set ini, kamu bisa memilih beberapa jenis ubin untuk menghiasi dapur. Adapun itu berupa ubin keramik, kayu, ataupun parquet. Ketiga jenis ubin ini memiliki biaya yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu merencanakan biaya renovasi dapur dengan tepat. Sehingga, perombakan ubin dan bagian dapur lainnya pun dapat berjalan tanpa hambatan. 

5. Tambahkan Rak Biar Semakin Rapi

Jika ingin area dapur menjadi lebih rapi dan enak dipandang, maka menambahkan rak bisa kamu tempuh sebagai tips renovasi dapur rumah berikutnya. Jika melihat dari fungsinya, rak sendiri dapat dimanfaatkan untuk menyimpan beragam barang dapur sesuai dengan jenis dan ukurannya. Dengan begitu, penampilan dapur bisa lebih rapi dan tertata, serta kamu juga nggak perlu bingung lagi jika ingin mencari peralatan memasak yang akan dipakai.

Renovasi dapur sempit dan luas dengan menambahkan rak nyatanya bisa diwujudkan dengan pemilihan antara rak dapur terbuka atau tertutup. Kedua jenis rak ini sama-sama memiliki sisi baik dan buruk. Misalnya saja, dengan rak terbuka, kamu bisa memamerkan peralatan dapur dan makan yang estetik, sehingga bikin tampilan area tersebut jadi lebih berwarna. 

Rak terbuka juga bisa dipilih karena nggak akan bikin perabotan berjamur dan kamu pun bisa langsung mencari barang-barang yang mau dipakai tanpa harus memeriksa tempat satu-persatu. Minusnya, karena rak terbuka ini akan rawan atau kurang aman untuk perabotan yang terbuat dari kaca. Sebab, menyimpan alat makan di rak terbuka bisa berpotensi untuk membuatnya terjatuh dan pecah.

Sementara itu, rak tertutup dianggap lebih aman untuk menyimpan barang pecah belah. Selain itu, rak tertutup dengan pintu juga sangat cocok buat keluarga yang memiliki anak-anak di rumah. Sehingga, ketika si kecil berada di dapur, mereka akan terhindar dari risiko tertimpa peralatan memasak dan makan. Sayangnya, rak tertutup dianggap lebih mudah kotor, jadi perlu perhatian ekstra dari sang pemilik untuk rutin membersihkannya. Jadi, mana yang ingin kamu pilih untuk dimasukkan ke dalam list renovasi dapur estetik?

6. Perhatikan Lantai Dapur

Tips renovasi dapur rumah berikutnya adalah memerhatikan lantai ruangan. Aspek ini pada dasarnya bukan sesuatu yang wajib. Tapi, jika kamu punya biaya lebih, nggak ada salahnya untuk melakukan renovasi dapur minimalis dan non minimalis ini biar tampilan ruangan bisa semakin istimewa. 

Renovasi dapur sempit dan luas dengan memerhatikan lantai juga dapat memberikan dampak yang cukup besar. Misalnya saja, dalam beberapa desain tertentu, perombakan lantai akan dapat memberikan efek dapur jadi lebih luas dan bersih. Selain itu, renovasi dapur estetik ini pun juga akan bikin kamu betah berlama-lama saat memasak dan menyantap makanan di dapur. 

7. Gunakan Alternatif Material yang Lebih Terjangkau di Beberapa Titik

Renovasi dapur rumah minimalis dan non minimalis jadi terasa lebih terjangkau jika kamu pandai dalam menyiasati ragam alternatif material di beberapa titik. Misalnya saja, memanfaatkan vinyl untuk membuat tampilan lantai kayu alih-alih memasang ulang keramik. 

Selain itu, renovasi dapur estetik ini juga bisa diwujudkan dengan mengganti kayu menjadi HPL, plywood untuk kitchen set, atau bahkan menggunakan stiker motif marmer untuk permukaan konter dapur.

Ide renovasi dapur seperti ini tentunya akan cocok buat kamu yang masih memiliki modal kecil. Selain itu, cara ini pun juga efektif buat yang ingin renovasi dapur rumah subsidi atau rumah minimalis, karena bisa dibongkar pasang sesuka hati.

8. Pertimbangkan Menambahkan Jendela

Ketika melakukan renovasi dapur rumah minimalis dan non minimalis, penambahan jendela biasanya nggak boleh untuk dilupakan. Mungkin yang sering masak akan tahu, bahwa asap dan aroma yang dihasilkan dari proses tersebut bisa menyebar dan mengganggu penciuman atau indera tubuh lainnya. Ambil contohnya ketika kamu membuat sambal atau hidangan lainnya dengan rempah-rempah yang kuat.

Penambahan jendela ini bukan cuma berperan sebagai ventilasi udara untuk menetralisir bau-bau makanan yang dimasak, tetapi juga berguna sebagai penunjang pencahayaan agar dapur lebih elok dan nyaman dipakai. Meski begitu, perhatikan lagi ukuran dan jenis jendela yang ingin ditambahkan agar nggak mengganggu desain dapur rumah keren kamu. Selain itu, pertimbangkan pula biaya renovasi dapur untuk penambahan jendela ini.  

9. Pastikan Sink Berfungsi dengan Baik

Bagi yang memiliki rumah subsidi, ide renovasi dapur ini pasti akan sangat dibutuhkan. Renovasi dapur rumah subsidi pada dasarnya memang diperlukan, terlebih jika ada beberapa bagian yang mengalami permasalahan dan butuh segera diatasi. Nah, salah satu bagian dapur rumah yang dimaksud tersebut adalah sink atau wastafel dapur. 

Pernah nggak sih kamu mengalami sink yang mampet dan membuat aktivitas cuci-mencuci jadi terhambat. Jika nggak segera diatasi, bisa-bisa mood jadi turun dan sebel sendiri pada akhirnya. Inilah mengapa, pada saat memikirkan desain dapur modern, pemakaian sink yang tepat dan terbaik harus selalu dipertimbangkan. Sehingga, hal-hal seperti sink tersumbat dan sebagainya bisa dihindari. 

10. Upayakan Sink dan Kompor Berada di Posisi yang Sama

Buat yang mau melakukan renovasi dapur sempit dan luas dengan biaya lebih terjangkau, sebaiknya upayakan agar posisi sink dan kompor nggak berubah, ya. Diketahui bahwa biaya renovasi dapur untuk memindahkan saluran air dan pembuangan asap bisa sangat mahal dan menguras isi dompetmu. Untuk itulah, tetap pertahankan posisi kedua aspek ini agar memperbaharui desain dapur modern bisa dilakukan secara lebih hemat. 

Itu tadi beberapa ide renovasi dapur yang bisa dilakukan untuk menjadikannya lebih estetik, nyaman, dan bikin betah. Menyulap dapur rumah yang sering dipakai sehari-hari memang bukan pekerjaan yang mudah dan bahkan membutuhkan biaya dalam jumlah tertentu. Akan tetapi, kamu tetap bisa berhemat dan melakukan renovasi dapur dengan lebih terjangkau jika menerapkan ide renovasi dapur seperti di atas. Jangan lupa dicoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading