Sukses

Lifestyle

4 Cara Streching Sederhana dan Efektif untuk Menjaga Kesehatan dan Produktivitas di Kantor

Fimela.com, Jakarta Stretching adalah aktivitas fisik yang mengharuskanmu untuk memanjangkan otot dan meningkatkan kelenturannya. Stretching adalah kegiatan yang penting untuk karyawan kantoran, karena dapat menjaga kondisi tubuh dan kelenturan otot. Dengan melakukan stretching secara rutin, karyawan dapat menghindari cedera otot dan sendi, mengatasi ketegangan otot yang disebabkan oleh duduk terlalu lama di depan komputer, dan memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Stretching memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki fleksibilitas otot dan sendi, menurunkan kemungkinan terluka otot, memperbaiki sirkulasi darah ke otot, dan menghilangkan ketegangan otot. Stretching juga bisa membantu mengatasi rasa sakit setelah olahraga dan memperkuat keseimbangan tubuh.

Ada beberapa gerakan stretching yang sesuai untuk karyawan kantoran, seperti stretching otot lengan, stretching otot bahu dan leher, stretching otot punggung, dan stretching otot kaki dan pinggul. Ini dia beberapa cara streching di kantor dan manfaatnya:

1. Static Stretching

Static stretching adalah jenis peregangan yang paling umum dan paling aman untuk mengelastiskan otot-otot tubuh. Static stretching bermanfaat untuk memanjangkan, menguatkan, dan melenturkan otot. Static stretching juga sangat baik untuk dilakukan sebagai penutup setelah berolahraga.

Static stretching dilakukan dengan mengulurkan kelompok otot yang dituju sampai kamu merasakan ketegangan pada otot tersebut. Tahan posisi itu selama 15–60 detik.

2. Dynamic Stretching

Dynamic stretching Tidak seperti static stretching, dynamic stretching dilakukan dengan cara melakukan beberapa gerakan tertentu secara terus-menerus sebanyak 10 hingga 12 kali, dan setiap kali kamu memperluas jangkauan gerakan.

Gerakan ini dapat disesuaikan dengan olahraga yang akan kamu lakukan. Salah satu contoh dynamic stretching adalah gerakan memutar bahu dan tangan yang sering dilakukan oleh para perenang.

 

3. Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF)

Proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF) PNF adalah jenis peregangan otot yang dapat meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tubuh secara optimal. Peregangan jenis ini biasanya dimulai dengan mengulurkan otot seperti biasa. Kemudian, kamu menegangkan otot yang sedang diulurkan tanpa menggerakkan tubuh, dan menahannya selama 6–10 detik, lalu melepaskannya. Kamu dapat mengulangi peregangan ini dengan jarak uluran yang semakin lebar setiap kali.

4. Balistic Stretching

Balistic stretching adalah jenis peregangan yang biasanya dipraktikkan oleh para atlet atau olahragawan. Jenis peregangan ini dapat membantu mereka meningkatkan performa seperti melompat atau menendang. Peregangan ini menggunakan gerakan memantul dan menyentak untuk mendorong otot melampaui batas gerak normalnya. Biasanya pesepakbola melakukan peregangan ini sebagai pemanasan sebelum latihan.

Manfaat Streching di Kantor

  • Menjaga Kelenturan Tubuh: Tubuh akan semakin kurang lentur atau fleksibel seiring dengan bertambahnya usia, apalagi jika kamu jarang bergerak atau berolahraga. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.
  • Memperlancar Peredaran Darah: Sering duduk atau menatap komputer terlalu lama dapat menghambat peredaran darah di dalam tubuh, misalnya pada kaki, leher, dan bahu. Hal ini dapat membuat area tubuh tersebut mudah kaku, pegal, atau nyeri.
  • Meningkatkan Postur Tubuh: Ketika menggunakan ponsel, tubuh biasanya akan membungkuk dengan posisi kepala menunduk. Postur tubuh yang tidak baik ini dapat melemahkan otot leher Anda dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan sendi dan otot di leher, misalnya nyeri leher.
  • Meredakan Nyeri Punggung: Salah satu penyebab nyeri punggung adalah ketegangan atau kekakuan pada otot punggung. Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya postur tubuh yang tidak baik dan jarang olahraga.
  • Mengurangi Stres: Stretching tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Jika dilakukan secara rutin, gerakan ini dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang sehingga stres dapat dikendalikan dan pikiran pun lebih tenang.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu harus melakukan stretching secara rutin. Stretching secara rutin dapat menjaga kelenturan otot dan menghindari kaku otot. Dengan melakukan gerakan stretching yang tepat, tubuh akan terasa lebih santai dan siap untuk melakukan aktivitas fisik atau kegiatan sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading