Sukses

Lifestyle

BRI Tawarkan Kemudahan untuk Diversifikasi Portofolio Investasimu Lewat BRImo, Seperti Apa?

Fimela.com, Jakarta Melakukan personal investment menjadi salah satu jalan dalam mewujudkan kehidupan finansial yang stabil. Meski begitu, ada banyak aspek yang wajib diperhatikan jika kamu terjun ke dunia ini. Salah satunya, kamu wajib tahu cara menjaga aset pribadi agar bisa terhindar dari potensi kerugian. Untuk satu ini, kamu bisa melakukan diversifikasi investasi, yaitu sebuah strategi untuk mengurangi risiko ketika aset atau sektor investasi mengalami penurunan nilai.

Nah, jika kamu ingin memberikan perlindungan dari fluktuasi di pasar untuk portofolio investasimu, maka Surat Berharga Negara bisa menjadi alternatif yang tepat. Berinvestasi pada Surat Berharga Negara di antaranya bisa dengan cara membeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Investasi pada ORI memiliki kelebihan dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti saham, reksa dana, atau properti.

Seri Terbaru Kini Bisa Diperoleh Lewat BRImo dari BRI

Obligasi Ritel atau ORI merupakan salah satu jenis Surat Utang Negara Ritel (SUN Ritel) yang merupakan tabungan investasi. Obligasi Ritel seri ORI025-T3 dan ORI025-T6 adalah seri terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah dan mulai dibuka penawarannya pada 29 Januari – 22 Februari 2024.

Kupon ORI025-T3 sebesar 6,25% per tahun dan Kupon ORI025-T6 sebesar 6,40% per tahun. Kupon ORI025 bersifat fixed rate sampai jatuh tempo. ORI025 mempunyai karakteristik yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding period selesai, yang memungkinkan investor melakukan penjualan sebelum jatuh tempo di pasar sekunder.

Kamu sebagai nasabah, tentunya bisa mendapatkan seri terbaru ini lewat BRImo dari BRI.

Ini Sejumlah Keunggulan dari Seri Terbaru

Investasi di ORI025-T3 dan ORI025-T6 memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya, adanya jaminan kredibilitas tinggi karena pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh Undang-undang. Di samping itu, imbal hasil yang ditawarkan sangat menarik, terutama jika dibandingkan dengan suku bunga deposito. Keunggulan lainnya adalah akses untuk membeli dan menjual ORI025-T3 dan ORI025-T6 sangat mudah karena dapat dilakukan secara online, memberikan fleksibilitas bagi investor. Tak hanya itu, produk ini terjangkau dengan minimal pembelian hanya Rp1 juta. Selain itu, berinvestasi di ORI025 berarti juga ikut berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan nasional. Terakhir, produk ini juga dapat dijaminkan.

Dari sisi risiko, ORI025-T3 dan ORI025-T6 memiliki risiko gagal bayar yang sangat rendah mengingat jaminan yang diberikan oleh pemerintah. Produk ini juga memiliki risiko likuiditas yang rendah karena dapat diperdagangkan di pasar sekunder, memberikan fleksibilitas bagi investor untuk menjual sebelum jatuh tempo. Risiko tingkat bunga juga minim karena nilai pokok dan kupon tetap sampai dengan jatuh tempo.

Apa Saja Penawaran Spesial dari BRI?

BRImo, sebagai superApps dari BRI, memberikan penawaran spesial untuk pembelian seri terbaru. Ada cashback menarik untuk pembelian dalam berbagai rentang nominal dengan detail cashback adalah sebagai berikut:

• Cashback pembelian SBN di BRImo

• Pembelian 1 - 49 juta cashback Rp 100.000,- (kuota 100 transaksi)

• Pembelian 50 - 99 juta cashback Rp 150.000,- (kuota 150 transaksi)

• Pembelian > 100 juta cashback Rp 200.000,- (kuota 100 transaksi)

• 2 user dengan pembelian volume tertinggi (dalam satu CIF) mendapatkan cashback Rp 3.000.000,-

• 1 user BRImo hanya berhak mendapatkan cashback 1x selama periode program

• Cashback dilakukan ke rekening sumber transaksi maksimal 7 hari kerja setelah periode program berakhir.

Fitur Surat Berharga Negara Ritel di BRImo memudahkan nasabah dalam melakukan pendaftaran dan pembelian SBN Ritel. Layanan ini terhubung langsung dengan sistem e-SBN Kementerian Keuangan. Selain itu, BRImo juga menawarkan kemudahan transaksi yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama masa penawaran SBN dari pemerintah.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai investor SBN melalui BRImo, langkah-langkahnya cukup mudah dan praktis. Anda dapat mulai dari login ke BRImo, klik fitur e-SBN, lalu ikuti langkah registrasi Investor SBN dengan mengisi informasi data diri dan data pekerjaan. Pilih rekening penerimaan kupon dan ceklis syarat dan ketentuan. Setelah itu, masukkan PIN BRImo dan lanjutkan proses verifikasi.

Setelah menjadi investor SBN, nasabah dapat membeli SBN dan obligasi melalui BRImo. Tahapan pembelian SBN melalui aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:

1. Nasabah login ke aplikasi BRImo pilih menu investasi, pilih E-SBN, pilih beli SBN

2. Pilih produk SBN yang sedang aktif masa penawarannya

3. Masukkan nominal pembelian SBN

4. Pastikan investor telah melakukan konfirmasi syarat ketentuan pembelian produk SBN

5. Apabila nominal sudah sesuai lanjutkan ke pembayaran

6. Pembayaran pembelian SBN di BRImo mengikuti 2 ketentuan dimana apabila pembelian SBN masih berada dibawah limit pembayaran kartunya maka pembayaran MPN untuk pembelian SBN langsung dapat diselesaikan di aplikasi BRImo. Namun, apabila pembelian SBN di atas limit kartu, maka pembayaran MPN untuk pembelian SBN dilakukan di unit kerja BRI terdekat.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh BRImo dari BRI dalam berinvestasi di SBN Ritel ORI025-T3 dan ORI025-T6 tentu saja jadi hal yang wajib kamu pertimbangkan. Kapan lagi bisa berinvestasi secara digital semudah ini. Untuk itulah, ambil kesempatan langkah tersebut agar kegiatan investasi yang kamu lakukan semakin praktis dan untung. 

Jangan lupa dapatkan informasi lebih lanjut terkait investasi SBN Ritel melalui BRI dengan klik di sini. Unduh pula aplikasi BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga. Jangna lupa pula untuk follow Instagram @bankbri_id.

BRImo lebih mudah dan serba bisa! #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading