Sukses

Lifestyle

10 Buah-Buahan Pembawa Hoki yang Wajib Ada saat Imlek

Fimela.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek seringkali menjadi momen kumpul keluarga yang meriah dan penuh kebahagiaan. Salah satu hal yang wajib ada saat menikmati hari raya sekaligus kumpul keluarga pasti adalah makanan. Imlek juga khas dengan beragam menu makanan bertema oriental dengan segala filosofi positifnya. Salah satu makanan yang tak bisa ditinggalkan mungkin buah-buahan.

Jika kamu tipe orang yang suka memberikan hampers atau buah tangan untuk kerabat atau orang-orang terdekat, membawa buah-buahan pembawa hoki atau keberuntungan pasti jadi hal yang sangat dihargai. Ada banyak sekali buah-buahan khas Imlek yang ternyata memiliki makna baik dan pembawa hoki. Cek mana yang menjadi favoritmu!

1. Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu yang paling penting dan wajib ada di meja setiap keluarga yang merayakan Imlek karena jeruk megingatkan pada emas dan merupakan simbol keberuntungan, kebahagiaan dan kekayaan karena warna kuning pekatnya yang cerah. Jeruk juag punya banyak jenis tapi biasanya yang disajikan adalah yang warnanya orange atau kuning cerah.

2. Apel

Buah apel melambangkan harmoni dan kedamaian karena pelafalan buah apel dalam Bahasa Kanton mirip dengan kedamaian. Apel juga merupakan simbol keberuntungan, kelimpahan dan kemakmuran. Umumnya apel yang disajikan adalah apel merah karena warna merah menandakan keberuntungan dan kegembiraan.

3. Buah Naga

Buah naga merah seringkali dijadikan buah paling membawa keberuntungan dalam perayaan Imlek. Selain itu juga memiliki nama 'naga' yang menjadi hewan mitologi Tiongkok yang dipercaya sebagai elemen Yang yang mengingatkan akan kekuatan, keberuntungan dan kesehatan.

4. Nanas

Buah nanas juga menjadi buah pembawa hoki saat Imlek karena kata China untuk buah ini adalah "ong-lai" yang berarti "contong keberuntungan". Buah nanas juga menjadi makna simbolis untuk "Datanglah kekayaan", sehingga jika memakan buah ini diharapkan dapat mendatangkan banyak kemakmuran dan kelimpahan.

5. Kumquat

Buah Kumquat mirip dengan jeruk tapi biasanya langsung dimakan dengan kulitnya karena tidak ada daging buah yang besar seperti jeruk. Buah ini memberi makna kemakmuran, persatuan keluarga, kebersamaan, emas dan kebahagiaan. Jadi pastikan makan paling tidak satu saat Imlek.

6. Anggur

Buah anggur merupakan simbol kebersamaan, keberuntungan, kesuburan dan kelimpahan harta karena bentuk anggur yang serumpun atau bergerombol. Buah anggur zaman dahulu juga dianggap sebagai buah mahal dan mewah, hanya orang kaya yang bisa menyantapnya, karena itu memberi makna kekayaan dan rezeki.

7. Kesemek

Buah kesemek mungkin sudah sangat jarang dijual saat ini, tapi jika sedang musim pasti jadi buah yang wajib ada saat Imlek karena simbolisasi dari emas, keberuntungan besar, kemakmuran dan panjang umur. Kesemek juga melambangkan kegembiraan dan biasanya diberikan sebagai hadiah untuk menyebar kebahagiaan.

8. Semangka

Buah semangka yang berbentuk bulat dianggap sebagai keberuntungan dalam feng shui dan warna merah buahnya melambangkan keberuntungan. Banyaknya biji pada semangka menjadi simbol kelimpahan. Biasanya semangka juga tak bisa dimakan sendiri, melainkan bersama banyak orang atau keluarga sehingga diartikan sebagai kebersamaan dan kesatuan.

9. Delima

Buah delima adalah simbol kesuburan dan kelimpahan rezeki dan kekayaan. Pada pengantin baru sebaiknya diberi hadiah buah ini saat Imlek agar segera memiliki keturunan sekaligus sebagai simbol keberuntungan dan kebahagiaan dalam keluarga.

10. Pisang

Karena buah pisang memiliki bentuk rumpun atau bergugus, yang mana satu tandan ada banyak buah maka dilambangkan sebagai kesatuan, kebersamaan, dan harmoni. Sedangkan warnanya yang kuning melambangkan kebahagiaan dan kekayaan.

Jadi jika tertarik makan buah-buahan sata Imlek bersama keluarga, pastikan menyajikan sekian buah pembawa keberuntungan ini ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading