Sukses

Lifestyle

6 Tanda Berikut Tunjukan Seseorang Memiliki Kecerdasan Interpersonal yang Baik!

Fimela.com, Jakarta Orang dengan kepintaran yang tinggi jugalah memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi. Kecerdasan ini ia gunakan untuk membangun relasi yang sehat, positif, dan efektif. Dengan kecerdasan interpersonal juga, ia akan menggunakan metode diplomasi hingga sangat bijak dalam bertuturkata dan berbahasa serta dapat mengurangi suasana tegang dalam situasi maupun konflik yang menekan. 

Tentunya seseorang dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi juga memiliki kapasitas untuk memahami apa yang orang lain rasakan serta tahu bagaimana cara untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan, apa yang mereka pikirkan hingga apa yang mereka inginkan melalui rangkaian cara yang tentunya tidak membuat orang lain merasa ofensif. 

Biasanya, orang dengan kecerdasan interpersonal ini akan melakukan beberapa hal yang tentunya dikarenakan atas perasaan mendasar akan rasa empati serta menyayangi orang lain dan memanusiakan sesama manusia. Terkadang juga, orang dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi ini juga tertarik sehingga merasa penasaran untuk menilik motivasi dibalik seseorang melakukan suatu hal. 

Kamu jua akan mampu mengerti apa yang orang lain takutkan serta tahu apa saja kebahagiaan yang orang lain dambakan. Adakah tanda-tanda berikut yang kamu miliki? Berikut informasi dari Learning Mind tentang 6 tanda seseorang dengan kecerdasan interpersonal yang baik untukmu. 

 

 

6 Tanda seseorang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik

1. Intuisimu akan seseorang tidak pernah salah

Ketika kita bertemu dengan seseorang, kita bisa merasakan emosi melalui energi yang dipancarkannya. Kita bisa menyadari bahwa kita suka atau tidak suka dan waspada dengannya. Namun ada kalanya kita salah dalam menilai seseorang. Namun jika kecurigaanmu ini terbukti benar adanya, berarti ini tanda dari kemampuan untuk mengetahui 'sisi lain' dari seseorang.

2. Dapat mengerti emosi yang orang lain rasakan hanya dengan melihatnya

Sahabat FIMELA tidak salah membaca kalimat di atas. Betul sekali, jika kamu memiliki interpersonal yang baik kamu bisa mengerti emosi yang dirasakan oleh orang lain. Hal ini disebabkan karena 80% dari kita berkomunikasi dengan mimik ekspresi wajah dan isyarat nonverbal. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan ini lho. Kamu punya kemampuan yang satu ini? Berarti kecerdasan interpersonal yang kamu miliki termasuk tinggi.

3. Seakan menjadi cenayang, kamu bisa memprediksi suatu hal

Bukan berarti kamu punya kemampuan bagaikan cenayang atau dukun namun karena kemampuanmu dalam mengamati situasi dari berbagai sisi, kamu bisa memprediksi kelanjutan dari sebuah cerita hingga peristiwa. Kemampuan ini memberimu kesempatan baik dalam melindungi diri atau mempersiapkan diri akan hal-hal yang tidak menyenangkan atau menyadari suatu kualitas dari sebuah kesempatan yang kamu tunggu. 

 

4. Mampu tahu seseorang berbohong

 

Tanda lain seseorang dengan interpersonal yang tinggi adalah mampu membaca bahasa tubuh atau body language. Kamu akan menyadari perubahan pada bahasa tubuh serta ekspresi seseorang. Semisal, jika ada seseorang yang berbohong, kamu akan menyadari jika orang tersebut berbohong. 

5. Dapat memberikan saran yang baik

Ketika seseorang curhat akan masalah personal padamu, kamu tidak memberikan solusi atau saran yang klise dan biasa saja. Kamu memilih untuk memahami situasi yang mereka hadapi secara mendalam dan memberikan solusi terbaik yang bahkan cocok dengan gaya mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. 

6. Orang-orang nyaman berada di dekatmu 

Kamu punya cara yang berbeda untuk mendekatkan diri pada orang-orang terutama orang dengan interpersonal yang baik. Karena kamu memiliki aura positif yang nyaman, selalu mendukung teman-teman dalam hal yang positif hingga memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. dari sanalah kamu bisa dekat dengan banyak orang. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading