Sukses

Lifestyle

6 Karakteristik Orang yang Bisa Dipercaya dan Diandalkan

Fimela.com, Jakarta Meskipun tidak ada manusia yang tidak pernah berbohong di dunia ini, tapi berbeda jika kamu bertemu dengan pembohong atau orang yang tak bisa dipercaya. Beberapa orang menunjukkan sifat atau karakter tertentu sehingga ia bisa dikategorikan sebagai pembohong atau justru orang yang bisa dipercaya. Ini sekian karakteristik orang yang bisa dipercaya.

1. Kata-kata dan tindakannya sejalan

Orang yang bisa dipercaya tidak memiliki kebiasaan membual. Kata-kata dan tindakannya selaras atau sejalan. Ketika ia mengatakan akan melakukan sesuatu, maka itu ditunjukkan dengan tindakan yang sama. Contohnya, ketika menjanjikan sesuatu maka ia tidak akan mengingkarinya. Ia akan menepati janji tersebut sesuai kata-katanya.

2. Bisa menjaga rahasia

Orang yang dapat dipercaya akan menjaga rahasia orang lain bahkan tanpa perlu diminta atau diingatkan. Ia memiliki kesadaran diri tentang hal-hal apakah yang bisa dibagi dengan orang lain dan apa yang tidak. Ia menjaga kepercayaan orang lain karena ia tidak mau jika rahasianya dibagikan orang yang sudah ia percayai.

3. Tidak suka bergosip

Seseorang yang bisa dipercaya biasanya tidak punya hobi bergosip. Ia menggunakan wakunya untuk kegiatan yang lebih berguna seperti melatih keterampilan tertentu dan sibuk menyelesaikan urusan hidupnya. Ia tidak punya minat sama sekali mengompori komentar orang lain atau membumbui cerita yang belum tentu kebenarannya. Kalau pun terpaksa bergabung, ia lebih memilih menjadi pendengar.

4. Bijak menyampaikan cerita

Orang yang bisa dipercaya akan menunjukkan karakter bijaksana terhadap apa yang ia ceritakan atau sampaikan kepada orang lain. Ia memilih kata-kata yang tidak konfrontatif, netral dan objektif terhadap berbagai pihak. Bahkan jika harus menunjukkan keberpihakan, ia akan memberi penjelasan yang bisa diterima banyak orang dan berdasarkan fakta, tanpa perlu menambahi hal-hal yang tak perlu.

5. Stabil secara emosional

Terkadang kita bisa melihat apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak dari caranya menunjukkan emosi. Orang yang cenderung bersikap stabil dan stoik lebih mudah dipercaya dibandingkan yang sangat ceria, terlalu humoris, mudah marah atau tidak sabaran. Orang-orang yang stabil secara emosional mampu mengendalikan dirinya dengan baik secara pemikiran dan emosional, termasuk dalam memegang kepercayaan.

6. Bersikap jujur

Salah satu kelebihan utama seseorang dianggap bisa dipercaya tentu memiliki sikap jujur. Apa yang ia katakan dan lakukan menunjukkan sikap terus terang dan apa adanya. Tidak ada yang disembunyikan maupun kepura-puraan untuk menutupi sesuatu. Ketika ditanya, ia tidak mencoba membuat orang lain terkesan dengan kata-katanya, melainkan percaya dengan apa yang dilakukan dan diucapkannya.

Itu dia sekian karakteristik orang yang bisa dipercaya. Sudahkah kamu memiliki semua kriterianya, Sahabat Fimela? 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading