Sukses

Lifestyle

Kreativitas Anak Muda Indonesia untuk Melestarikan Terumbu Karang

Fimela.com, Jakarta Indonesia, dengan 18% terumbu karang dunia, memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa. Sebagai negara maritim tropis, Indonesia memikul tanggung jawab monumental dalam melestarikan terumbu karang, rumah bagi 67% spesies karang dunia.

Terumbu karang bukan hanya tempat tinggal bagi berbagai biota laut, melainkan juga penjaga pantai dari derasnya abrasi. Untuk melestarikan terumbu karang, UIC Creative Showcase 2024 diselenggarakan di Bali oleh UIC College dan Aquanest Experience selama lima hari berturut-turut merupakan perhelatan yang menunjukkan peran penting anak muda dalam menjaga kelestarian alam.

Para siswa UIC College, melalui kampanye "Let's Study and Make Coral Smile", menunjukkan kontribusi nyata mereka. Di kegiatan ini para siswa UIC College membuktikan bahwa kreativitas mereka tidak hanya dapat menginspirasi, tetapi juga membawa perubahan nyata.

"Kreativitas yang dilakukan oleh para siswa bukan hanya ide cemerlang, tetapi juga langkah nyata demi keberlanjutan lingkungan. Perjalanan ini menciptakan momen bersejarah dalam perjuangan pelestarian alam, langkah demi langkah, ide demi ide," ujar Adhirama G Tusin, Presiden Direktur USG Education.

Dirga Adhi Putra Singkarru, CEO dari AquaNest Experience, menyatakan melalui program Coral Foster Parent Experience, masyarakat bisa ikut terlibat dalam upaya pemulihan dan konservasi terumbu karang serta ekosistem laut Indonesia. “Kami sangat bangga melihat generasi muda, khususnya para siswa UIC College, turut berkontribusi dalam program Coral Foster Parent dan menjadi orang tua asuh karang,” katanya.

Puncak acara UIC Creative Showcase 2024 di The Nest Hotel Nusa Dua menyuguhkan persembahan luar biasa, siswa-siswa berbakat dari UIC College dan Uniprep Junior College (UJC) meraih prestasi gemilang dalam 11 (sebelas) kategori, termasuk Best Fashion Design, Best Song, dan Best Creativepreneurship.

Para siswa UIC College berhasil menciptakan persembahan yang tak hanya memukau mata, tetapi juga menyentuh hati. Instalasi seni dan mural terumbu karang yang dikerjakan oleh siswa UIC College tidak hanya memukau mata dengan keindahannya, tetapi juga menyampaikan pesan mendalam tentang kebutuhan pelestarian alam.

Seni visual menjadi alat kuat untuk meningkatkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat. Mural tersebut, kini menjadi bagian tetap di Aquanest Experience, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, dan berhasil menarik perhatian para wisatawan sebagai spot foto yang menarik.

Tak hanya di bidang seni visual, siswa jurusan tata busana juga menciptakan keajaiban dari bahan ramah lingkungan melalui fashion berkelanjutan, yang terinspirasi oleh keindahan terumbu karang dan dibuat dari bahan ramah lingkungan dan bukan hanya sekadar tren fashion. Ini adalah pernyataan bahwa dunia fashion dapat menjadi agen perubahan, mendorong konsumen untuk lebih sadar akan dampak pilihan produk terhadap lingkungan.

Menghadirkan ide bisnis yang kreatif

Siswa bisnis UIC College menghadirkan ide bisnis kreatif melalui platform edukasi online sebagai menjadi sarana interaktif untuk menjangkau dan mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya pelestarian terumbu karang. Inisiatif ini menciptakan akses mudah dan menarik dalam memahami isu lingkungan. Kreativitas siswa UIC College juga menghasilkan ide-ide bisnis yang mendukung pelestarian terumbu karang.

Melalui program wirausaha pelestarian misalnya, wisata edukasi ke kawasan terumbu karang yang dikelola secara bertanggung jawab atau produk-produk kerajinan tangan yang menggunakan material daur ulang dari laut. Namun, daya tarik acara ini tak berhenti di situ.

Para siswa juga membuat membuat strategi promosi dan penjualan yang kreatif yang dapat membantu Aquanest dalam mempromosikan dan menjual paket wisata yang membantu pelestarian karang atau Coral Foster Parents melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu yang menarik adalah saran siswa UIC agar Aquanest berkolaborasi dengan komunitas peselancar di Bali.

Karya seni musik yang dipersembahkan oleh siswa UIC melalui pembuatan lagu bertema pelestarian terumbu karang sangat menarik perhatian terutama atas pesannya yang menyuarakan pentingnya terumbu karang untuk ekosistem laut. Berbagai genre lagu dipresentasikan untuk program Coral Foster Parents dan akan dirilis di platform musik sebagai pengingat bagi khalayak luas akan urgensi pelestarian. 

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif UIC College dalam menggelar UIC Creative Showcase 2024 yang begitu berfokus pada kepentingan pelestarian terumbu karang di ekosistem laut," ujar Perwakilan dari Kemenparekraf, Hanugerah Kristiono Liestiandre, dari Poltekpar Bali.

Para juri, termasuk Vera Damayanti, tenaga ahli bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, memberikan pandangan bahwa karya-karya tersebut bukan hanya indah, tetapi juga sarat akan pesan. “Karya seni dan ide bisnis kreatif yang ditampilkan dalam acara ini adalah kontribusi berharga dari generasi muda untuk melestarikan terumbu karang di Indonesia. Karya-karya para siswa UIC College tersebut tidak hanya indah dan kreatif, melainkan juga sarat akan pesan moral tentang urgensi menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading