Sukses

Lifestyle

Seru! Inilah Beragam Permainan yang Bantu Melatih Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Bagaimana Sahabat Fimela dapat menjaga otak tetap tajam dan aktif seiring bertambahnya usia? Pertanyaan umum ini dapat dengan mudah dicari melalui internet. Tapi tahukah bahwa jawabannya terletak pada sebuah permainan untuk melatih kecerdasan otak?

Karena tubuh memerlukan aktivitas fisik teratur untuk meningkatkan energi, daya tahan, dan kebugaran agar hidup lebih lama dan lebih bahagia, otak Sahabat Fimela juga memerlukan latihan khusus untuk mempertahankan kinerja seiring bertambahnya usia.

Melansir dari medium.com, sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa senam otak dapat membantu orang dewasa yang lebih tua mempertahankan keterampilan penalaran dan kecepatan kognisi hingga 10 tahun. Selain itu, telah terbukti bahwa otak perlu dilibatkan dengan tantangan pemecahan masalah dan berbagai kuis pemrosesan mental setidaknya 15 jam per minggu.

Latihan teratur dengan permainan kecerdasan otak akan menjaga otak pada tingkat tertinggi dan meningkatkan kecerdasan mental secara maksimal. Jadi, mari jelajahi permainan kecerdasan otak yang wajib dicoba untuk meningkatkan kapasitas mental Sahabat Fimela.

Kubus rubik

Permainan kubus rubik dikenal sebagai teka-teki terlaris dan paling terkenal di dunia. Dengan lebih dari 43 triliun kemungkinan gerakan, game portabel ini sangat cocok untuk menstimulasi otak selama waktu senggang.

Bermain kubus rubik merupakan salah satu cara menjaga otak tetap aktif secara produktif. Ini akan meningkatkan konsentrasi, memungkinkan memproses pikiran lebih cepat, dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata, sekaligus membantu Sahabat Fimela meningkatkan memori jangka pendek.

Dari pada menelusuri media sosial atau menonton televisi saat sedang duduk di ruang tunggu, cobalah berpikir untuk memecahkan kubus rubik tersebut. Tetapi berhati-hatilah, karena permainan ini lebih sulit dari pada yang terlihat.

Sudoku

Ini adalah teka-teki numerik di mana Sahabat Fimela harus mengisi kotak berukuran 9x9 sehingga setiap baris, kolom, dan kotak 3x3 berisi setiap digit dari 1-9 tanpa pengulangan. Permainan ini dapat melatih pemikiran logis, keterampilan penalaran deduktif, membantu meningkatkan memori, dan konsentrasi jangka pendek.

Sahabat Fimela juga dapat memainkan sudoku online di aplikasi pada ponsel, atau di atas kertas. Carilah permainan sudoku di surat kabar dan majalah, belilah buku berisi koleksi teka-teki. Sudoku tersedia dalam berbagai tingkat kesulitan. Saat memulai, mainkan permainan mudah sampai Sahabat Fimela mempelajari aturannya.

Catur

Catur telah lama digunakan sebagai permainan yang dapat membantu memperkuat pemikiran strategis dan kritis di semua kelompok usia, menjaga pikiran tetap cekatan dan gesit bagi pemain yang lebih tua, dan mengasah anak-anak kecil untuk menggunakan keterampilan kritis dengan mudah. Terkait atau tidak, pemain catur cenderung mendapat nilai lebih tinggi dalam tes kecerdasan dibandingkan non-pemain.

Peralatan catur berupa papan catur dan 16 buah catur warna berbeda. Masing-masing pemain punya 16 buah catur putih dan 16 buah catur hitam. Permainannya berjalan dengan bergantian. Bidak putih memulai jalan lebih dulu baru kemudian disusul pemain bidak hitam. Tidak boleh bersamaan. Bidak catur yang sudah dipegang harus dijalankan oleh pemain.

Teka-teki silang

Teka-teki silang adalah latihan peningkatan pikiran yang terdiri dari kotak-kotak kosong di mana Sahabat Fimela harus menulis kata-kata yang bersilangan secara vertikal dan horizontal sesuai petunjuk. Menyelesaikan teka-teki harian adalah aktivitas seru dan menyenangkan yang dapat dilakukan sendiri atau bersama orang yang dicinta.

Ada banyak cara untuk mengerjakan teka-teki silang, baik online maupun offline. Jika menerima surat kabar harian, Sahabat Fimela hampir selalu mendapatkan teka-teki silang di sana. Atau ambillah buku teka-teki silang yang secara khusus sesuai dengan tingkat keahlian dan minat. Selain itu, permainan ini juga dapat ditemukan melalui aplikasi pada ponsel secara gratis atau murah.

Monopoli

Monopoli adalah sejumlah besar masalah dan tantangan kehidupan nyata tanpa tekanan apa pun dalam kehidupan nyata. Lenturkan kreativitas dan strategi Sahabat Fimela dengan membeli, menjual, dan berdagang secara menyeluruh untuk bersaing dengan orang lain.

Sebelum memulai, pastikan telah siapkan perlengkapan termasuk papan permainan, dadu, rumah dan hotel, kartu kepemilikan, dan uang permainan. Strategi yang bijaksana dan interaksi positif dengan para pemain lain dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan hubungan interpersonal.

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading