Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengkritik Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Orang-orang sukses menetapkan harapan yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan kemudian merencanakan kehidupan mereka sehingga mereka dapat memenuhi harapan tersebut. Orang yang kritis terhadap diri sendiri juga mempunyai ekspektasi yang tinggi, namun apa yang mereka tuntut dari diri mereka sendiri sering kali berada di luar jangkauan mereka. Akibatnya, mereka terlalu memikirkan apa yang “seharusnya” mereka lakukan dan bukannya merayakan apa yang sebenarnya mereka lakukan.

Kesadaran diri adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan ketika kamu terlalu suka mengkritik diri. Dan Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kamu terlalu kritis terhadap diri sendiri.

1. Selalu Merasa Tidak Pernah Cukup Baik

Jika kamu selalu merasa seperti apa pun yang kamu lakukan tidak pernah cukup baik, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Kamu mungkin memiliki standar yang sangat tinggi dan sulit untuk merasa puas dengan pencapaianmu.

2. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Menghabiskan terlalu banyak waktu membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Kamu mungkin merasa tidak sebanding dengan orang lain dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari mereka.

3. Merasa Gagal Ketika Membuat Kesalahan Kecil

Jika kamu merasa gagal atau terlalu keras pada dirimu sendiri setiap kali membuat kesalahan kecil, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Sebagai manusia, kita semua melakukan kesalahan dan penting untuk belajar darinya daripada menyalahkan diri sendiri.

4. Mengabaikan Prestasi dan Kualitas Positif

Jika kamu cenderung mengabaikan prestasi dan kualitas positifmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu fokus pada hal-hal negatif dan terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Penting untuk mengakui dan merayakan pencapaian dan kualitas positifmu.

5. Sulit Menerima Pujian atau Pengakuan

Jika kamu merasa tidak nyaman atau bahkan menolak pujian atau pengakuan dari orang lain, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Kamu mungkin merasa seperti kamu tidak pantas mendapatkannya atau bahwa kamu tidak melakukan cukup untuk memperolehnya.

6. Perfeksionis yang Berlebihan

Jika kamu memiliki standar yang tidak realistis dan sulit untuk menerima apa pun yang kurang dari sempurna, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna, dan penting untuk merayakan kemajuan daripada mengejar kesempurnaan yang tidak mungkin.

7. Menyimpulkan Diri Sendiri dari Kegagalan

Jika kamu cenderung menilai nilai diri berdasarkan kegagalan atau kesalahan yang kamu buat, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian alami dari proses belajar dan tumbuh, dan itu tidak mendefinisikan siapa dirimu.

Itulah Sahabat Fimela, beberapa tanda bahwa kamu mungkin terlalu kritis terhadap dirimu sendiri. Penting untuk mengenali dan mengatasi sikap ini agar kita dapat hidup dengan lebih bahagia dan sehat secara mental. Ingatlah untuk selalu memberi dirimu kasih sayang dan penghargaan yang kamu berikan kepada orang lain!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading