Sukses

Lifestyle

6 Cara Perempuan Cerdas dan Independen Mengatasi Rasa Insecure

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasa insecure, bahkan banyak orang seringkali tidak menyadari bahwa dirinya sedang insecure. Diperlukan kesadaran dari dalam diri untuk melihat apakah sedang insecure atau tidak. Bahkan orang yang tampak sangat percaya diri, ceria, optimis, cerdas dan mandiri pun pernah merasa insecure, namun yang membedakan mereka dengan orang lain kebanyakan adalah cara mengatasi rasa insecure tersebut sehingga tidak berlarut-larut dan menimbulkan gangguan ke dalam rutinitas hidup. Seperti apa cara perempuan cerdas dan independen mengatasi rasa insecure? Cek sekian poin ini.

1. Coba hal-hal baru

Satu alasan yang sering membuat banyak perempuan merasa insecure adalah menjalani rutinitas yang sama setiap harinya sehingga timbul pikiran "hidup gini-gini aja". Cara pertama yang dilakukan perempuan mandiri dan cerdas untuk mengatasi rasa insecure-nya adalah berani mencoba hal-hal baru dan menantang. Keluar dari zona nyaman sebenarnya tidak seburuk itu, selama dijalani dengan perlahan. Kamu tak harus mengambil langkah sangat besar untuk merasakan perubahan dalam hidup, tapi setiap hari milikilah keinginan untuk mencoba atau belajar hal baru.

2. Buat tujuan hidup yang realistis

Terkadang orang terjebak dengan ekspektasinya sendiri sehingga lupa bahwa ada kalanya hidup berjalan dengan campur tangan Tuhan, ada kuasa yang tidak bisa dikendalikan arahnya. Karena itu, penting menetapkan tujuan hidup yang realistis. Perempuan cerdas akan menuliskan dalam kertas apa saja yang akan ia lakukan, kerjakan dan selesaikan hari itu, kemudian mencentang setiap poin yang ditulis sebagai pencapaian harian. Dengan begitu ia akan melihat adanya perkembangan dalam hidup, bahwa hidupnya pun sibuk dan aktif.

3. Terima diri apa adanya lebih dulu

Perempuan cerdas dan independen meyakini bahwa dirinya lengkap tak kurang suatu apa pun sehingga tak perlu merasa minder atau kurang dari orang lain. Mampu menerima diri sendir secara apa adanya mungkin saran yang klise, tapi sebenarnya sangat tepat diterapkan dalam hidup. Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, itu sangat wajar. Jadi mengapa harus menjadi orang lain hanya agar disukai orang lain? Ada hal-hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan ketimbang merasa punya banyak kelemahan.

4. Hadapi pikiran negatifmu

Setiap kali muncul pikiran negatif, perempuan cerdas akan secara alami menghadapinya. Ia akan menantang pikiran tersebut, benarkah ia seperti pikiran negatifnya. Daripada fokus pada hal-hal negatif, ia lebih suka fokus pada hal-hal positif dan kelebihan yang dimiliki. Ia akan membuat definisi kesuksesan dan kebahagian menurut dirinya sendiri sehingga tak perlu merendahkan apa yang dimiliki dan didapat selama ini. Ia merasa belajar berpikiran positif dan optimis itu penting setiap harinya.

5. Berteman dengan orang-orang positif

Orang yang mengelilingi dirinya dengan orang-orang berpikiran positif dan optimis akan secara alami tertular pemikiran orang-orang di sekitarnya. Karena itu, pilihkan lingkup pertemanan yang baik untukmu, jika memang ada orang-orang yang memberi pengaruh buruk atau hanya berusaha mengacaukan keseimbangan hidupmu yang tenang, sebaiknya kurang-kurangi bertemu dan berteman dengan mereka. Sejak awal perempuan cerdas dan independen tahu nilai dirinya dan batasan yang jelas menganai red flags apa yang perlu ia waspadai.

6. Berhenti membandingkan diri

Garis hidup setiap orang pasti berbeda, apa yang ditakdirkan untuknya dan untukmu pasti tak sama. Apalagi ketika melihat orang lain menjalani hidup yang dinamis, mengalami banyak perkembangan atau perubahan positif, rasa insecure akan mudah timbul. Tapi perempuan cerdas tidak akan terjatuh dalam pikiran negatif tersebut karena ia tahu bahwa membandingkan diri dengan cara yang buruk hanya akan membuatnya lupa bersyukur dan tidak menikmati apa yang sudah dimiliki saat ini.

Itu dia beberapa cara perempuan cerdas dan independen mengatasi rasa insecure-nya. Poin mana saja yang sudah kamu jalani selama ini, Sahabat Fimela?

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading